Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Lapangan Kasti!

Kasti merupakan salah satu permainan bola kecil yang dimainkan di lapangan berukuran 60 m x 30 m dan merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu yang mengutamakan beberapa unsur kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan.

Kasti dimainkan oleh dua tim yang masing-masing menempati separuh lapangan dan berdiri saling berhadap-hadapan. 

Jumlah pemain untuk setiap timnya adalah memiliki anggota minimal dua pemain. Permainan dipimpin oleh satu wasit dan dibantu oleh dua orang penjaga garis base. Lama waktu permainan olahraga kasti dijalankan dengan dua set, satu setnya 15/30 menit.


Ukuran Lapangan Kasti dan Perlengkapannya


Ketika ingin membuat lapangan kasti, maka pihak pemborong harus memperhatikan syarat dan ketentuannya. Selain ukuran lapangan pasti, mungkin kamu juga perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam permainan kasti, yaitu meliputi:

1. Ukuran Lapangan Permaian Kasti






Lapangan permainan kasti berbentuk persegi panjang dengan ketentuan sebagai berikut

  • Lapangan permainan kasti memiliki panjang x lebar = 60 meter x 30 meter.
  • Ukuran ruang penjaga belakang (i), ruang pemukul (ii), dan ruang pelambung (iii)  adalah 5 meter x 5 meter.
  • Ukuran ruang bebas (iv) adalah 15 meter x 5 meter.
  • Tiang pertolongan dan tiang hinggap memiliki tinggi 1,5 meter dan diletakkan pada pusat lingkaran yang berjari-jari 1 meter.
  • Daerah bebas, yaitu area kosong di luar garis (batas) dengan lebar 5 m, sedangkan untuk di luar garis batas sebelah kiri adalah 10 m. 
  • Semua garis batas ditandai dengan kapur, atau tali, atau bilah. Dan juga dapat ditandai dengan cara digali tanahnya dengan kedalaman kurang dari 3 cm. 
  • Tinggi tiang bendera pada lapangan kasti harus seragam, yaitu 1,50 m dari tanah. 
  • Keempat sudut lapangan kasti dan pertengahan garis samping dipasangi bendera. 
Meskipun ukuran lapangan kasti membutuhkan lahan yang luas, namun jika dalam pelaksanannya bertujuan untuk rekreasi atau mencari keringat maka dapat disesuaikan dengan ukuran lapangan yang ada atau dengan situasi keadaan setempat.


2. Perlengkapan

Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah alat pemukul dan bola, berikut ini detail spesifikasi dari perlengkapan pertandingan bola kasti: 

  • Alat Pemukul Kasti

Bahan pembuat alat pemukul kasti adalah kayu. Panjang alat pemukul kasti berkisar antara 50-60 cm. Memiliki penampang yang berbentuk oval atau bulat telur dengan ukuran lebar 5 cm dan tebal 3,5 cm. Pegangan pada alat ini memiliki panjang sekitar 15-20 cm. Alat pemukul kasti juga ada yang terbuat dari papan dengan diameter 5-10 cm dan panjangnya sekitar 50-60 cm.


  • Bola Kasti

Pada bagian luar dari bola kasti dibuat dari bahan karet atau kulit yang lunak. Semetara itu bagian dalamnya diisi ijuk atau sabut kelapa. Ukuran lingkaran bola kasti 21 cm dengan berat antara 70-80 gram.


Itulah ulasan mengenai lapangan kasti dan perlengkapan yang dibutuhkan. Perbasasi (Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia) sebagai induk organisasi olahraga kasti sebaiknya bertanggung jawab dalam perkembangan olahraga kasti ini terutama dalam hal sarana dan prasarana yang sebaiknya langsung diawasi supaya tidak asal-asalan dalam membangun lapangan kasti berikut dengan perlengkapannya yang ada di pasaran.

0 Response to "Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Lapangan Kasti!"

Post a Comment