Ketahui Standar Ukuran Lapangan Bola Voli dan Jumlah Pemainnya!

Bentuk ukuran lapangan bola voli dibuat persegi panjang dengan tujuan mempermudah pemain dalam mengontrol permainan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tim akan mendapatkan poin apabila berhasil menjatuhkan bola di daerah lawan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Pertandingan bola voli dimainkan di atas lapangan dengan ukuran panjang dan lebar tertentu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Di tengah lapangan bola voli tersebut dilengkapi net (jaring) yang berfungsi sebagai pemisah di antara kedua tim yang sedang bermain. 

Lalu sebenarnya berapakah standar ukuran lapangan bola voli dan berapa jumlah pemainnya? Tentunya penjelasan ini akan bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat atau membangun lapangan bola voli, berikut ini ulasannya.


Jumlah Pemain Bola Voli


Olahraga ini dimainkan oleh dua tim. Untuk pertandingan bola voli dewasa masing-masing tim berjumlah 6 pemain dengan 2 orang cadangan, sementara itu bola voli anak-anak masing-masing regu terdiri dari 4 pemain dengan 2 orang cadangan. 


Standar Ukuran Lapangan Bola Voli 

Standar ukuran lapangan bola voli bisa dibagi menjadi dua, yaitu untuk lapangan bola voli mini yang diperuntukkan anak SD dan SMP dan juga lapangan bola voli standar nasional/internasional.

1. Ukuran Lapangan Bola Voli Mini (Untuk Anak SD dan SMP)

Dalam beberapa praktik penjasorkes (pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan) SD dan SMP permainan bola voli menggunakan modifikasi pertandingan bola voli yang sebenarnya yang disebut dengan permainan bola voli mini. 

Disebut pertandingan bola voli mini dikarenakan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau mini. Lapangan bola voli mini ini mempunyai perbedaan ukuran dengan ukuran lapangan bola voli pada umumnya, yaitu seperti yang ada pada gambar di bawah ini:



Ket:

  • Panjang lapangan 12 meter; 
  • Lebar lapangan 6 meter;
  • Tinggi net untuk putra 2,10 meter;
  • Tinggi net untuk putri 2,00 meter; dan
  • Bola dengan nomor 4 yang memiliki berat 230-250 gram.

Permainan bola voli mini ada perbedaan dengan permainan bola voli pada umumnya, karena dalam permainan bola voli mini jumlah pemain yang dibutuhkan dalam satu regu 4 orang pemain dengan 2 orang cadangan. 

Sementara itu aturan permainannya sama halnya dengan pertandingan bola voli nasional/internasional, yaitu dua set kemenangan (two winning set), 2-0 atau 2-1.


2. Ukuran Lapangan Bola Voli Nasional/Internasional

Ukuran lapangan bola voli skala nasional ataupun inernasional berukuran standar dengan panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Di tengah lapangan diberi net yang membagi dua sama besar sehingga masing-masing mempunya luas 9m x 9m. Lebar jaring (net) 90 cm atau 1 meter dan panjangnya 9.50 meter dengan ketinggian 2,4 meter bagi putra dan 2,2 meter bagi pemain putri.



Masing-masing bagian lapangan bola voli tersebut dibagi lagi menjadi dua area (zone), yaitu area serang sebatas 3 meter dari net (jaring), dan selebihnya merupakan area belakang (back zone) atau area pertahanan. Dalam pertandingan, para pemain berputar menurut arah jarum jam setiap permulaan servis.

Komponen Penting dalam Area Lapangan Bola Voli


1. Lapangan

Beberapa istilah dalam area lapangan bola voli adalah sebagai berikut:
  • Garis tepi (side line), yaitu garis yang menandai sisi-sisi masing-masing area bermain.
  • Garis ujung (back line), yaitu garis yang berada paling belakang pada masing-masing area bermain. Aturannya ketika pemain melakukan servis bola, pemain harus berada di belakang garis ini.
  • Area servis (service area), yaitu area yang terletak di belakang garis ujung dan di antara perpanjangan dua garis tepi tempat bola servis.
  • Garis tengah (centre line), yaitu sebuah garis yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang melintang sejajar dengan arah jaring dan tepat berada di bawah jaring dari mulai garis tepi ke garis tepi. 
  • Garis serang, yaitu sebuah garis yang terletak 3 meter dari jaring dan sejajar dengan jaring pada masing-masing sisi area bermain sehingga membentuk lapangan bagian depan (front zone) dan lapangan bagian belakang (back zone).
  • Lapangan depan (front zone), yaitu area yang terletak di antara garis serang dan jaring.
  • Lapangan belakang (back zone), yaitu area yang terletak di antara garis serang dengan garis ujung. 

2. Jaring (Net)

Jaring (Net) adalah fasilitas pertandingan bola voli yang digunakan sebagai alat pembatas antar kedua regu. Berikut ini spesifikasi jaring yang digunakan dalam pertandingan bola voli:
  • Panjang jaring 9.50 meter; 
  • Lebar jaring 1.00 meter;
  • Petak-petak/ mata jaring 10 x 10 cm;
  • Jaring harus dipasang pada tiang yang terdapat di luar dari masing-masing garis samping (side line);
  • Tinggi jaring untuk pria 2.43 m dan wanita 2.24 m; dan
  • Antenna (80cm)


Petugas Pertandingan Bola Voli


Selain ukuran standar lapangan bola voli dan jumlah pemainnya, kamu juga perlu mengetahui siapa saja petugas pada pertandingan bola voli, yaitu meliputi:

  1. Inspektur Pertandingan, yaitu pertugas yang bertanggung jawab atas pelaksanaan selama pertandingan bola voli.
  2. Wasit 1, yaitu petugas pertandinangan bola voli yang mengatur jalannya pertandingan, biasanya duduk di kursi atas.
  3. Wasit 2, yaitu petugas yang membantu wasit 1 dan duduk atau bertempat di seberang bawah net untuk mengatur jalannya pertandingan bola voli.
  4. Lines Man, yaitu petugas yangmengawasi garis tempat jatuhnya bola masuk/keluar lapangan dan posisinya di luar lapangan.
  5. Skorer, yaitu petugas pertandingan bola voli yang memasang angka pada papan skor bagi kedua regu yang sedang bermain.
  6. Pencatat Nilai, yaitu petugas yang dilengkapi dengan alat tulis guna untuk mencatat perolehan nilai/angka bagi regu yang mendapatkan poin.
  7. Pencatat Waktu (timer), yaitu petugas pencatat waktu selama pertandingan bola voli berlangsung, khususnya pada waktu time out.
  8. Ball Boys/Ball Girls, yaitu petugas yang mengambil atau menyiapkan bola selama pertandingan bola voli berlangsung.
  9. Cleaning Service, yaitu petugas yang membersihkan lapangan pada saat pertandingan bola voli berlangsung.
  10. Official Team atau pimpinan rombongan, yaitu petugas yang bertanggung jawab dalam satu regu.
  11. Pelatih, yaitu pelatih team basket yang membimbing, mengarahkan, baik secara fisik, mental, dan strategi dalam pertandingan di lapangan.
  12. Asisten pelatih, yaitu pembantu pelatih yang bertugas untuk menyiapkan team-nya dalam pertandingan bola voli.

Itulah ulasan mengenai lapangan bola voli, mulai dari ukurannya, komponen-komponen penting di dalamnya dan juga petugas pertandingan bola voli. Selain fasilitas dan ukuran lapangan bola voli yang sesuai standar, setiap pemain harus memiliki keterampilan dasar seperti smash, passing, servis, dan hadang (block) agar jalannya pertandingan menjadi menarik dan seru.

0 Response to "Ketahui Standar Ukuran Lapangan Bola Voli dan Jumlah Pemainnya!"

Post a Comment