Ukuran Lapangan Sepakbola dan Sarana Prasarananya (Disertai Gambar HD)

Bentuk dan ukuran lapangan standar mutlak diperlukan dalam sebuah kompetisi sepakbola. Untuk penyelenggaraan pertandingan sepabola nasional atau internasional, maka ukuran lapangan sepakbola harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam aturan FIFA.

Berikut ini aturan lengkap mengenai standar ukuran lapangan sepak bola menurut FIFA seperti yang dijelaskan pada pembahasan di bawah!






Ukuran Standar Lapangan Sepakbola dan Sarana Prasarananya

Lapangan sepakbola merupakan daerah berupa tanah lapang yang diberi tanda atau garis batas tertentu untuk keperluan aturan dalam permainan sepak bola. Berikut adalah ukuran lapangan sepakbola untuk orang dewasa (standar nasional dan internasional) yang disertai dengan gambar HD :



1. Luas Lapangan Sepakbola

Ukuran yang standar dari sebuah lapangan yang layak digunakan adalah memiliki rentang ukuran panjang antara 90–120 meter (100-130 yard) dan lebar antara 45–90 meter (50-100 yard). Semua garis yang menghubungkan daerah permainan ditandai dengan lebar garis sebesar 12 centimeter (5 inchi). 





Berikut di bawah untuk lebih detailnya yang disertai dengan garis penanda atau daerah:
  • Daerah penalty dengan lebar garis luar gawang 40,3 m dan panjang garis luar gawang 16,5 m (40,3m x 16,5m)
  • Lebar garis dalam gawang 18,3 m
  • Jarak titik pinalti (penalty spot) ke garis gawang 11 m
  • Jarak garis luar dan dalam 11 m
  • Jarak garis dalam tiang gawang 5,5 m
  • Titik sudut lengkung atau daerah tendangan sudut 1 m
  • Diameter lingkaran tengah 9,15 m
  • Gawang dengan panjang x lebar (t) 7,3 x 2,4
  • Setiap sudut lapangan sepakbola diberi bendera sudut dengan ketinggian minimum 1,5 meter (5 feet). 

Aturannya: setiap awal pertandingan sepakbola akan dimulai dari titik tengah yang membagi lapangan menjadi dua daerah simetris. Yaitu pemain memulainya dari lingkaran tengah yang memiliki diameter 9,15 meter (10 yard) tersebut. 

Jumlah pemain dalam pertandingan sepakbola maksimal adalah 11 orang tiap regunya, salah satunya merupakan penjaga gawang. 

Dalam pelaksanaan pertandingan sepakbola terdapat 3 petugas yang memimpin jalannya pertandingan yaitu 1 wasit dan 2 hakim garis, serta seorang petugas di pinggir lapangan.

Jumlah pemain cadangan sebanyak 5 - 6 orang dengan batas jumlah pergantian pemain adalah 3. Metode pergantiannya yaitu pemain cadangan yang hendak masuk menggantikan berada di luar lapangan sejajar dengan garis tengah dan memberi tahu kepada official pertandingan dengan memberi tanda pergantian.

Sementara itu lama pertandingan normalnya adalah  2 x 45 menit. Dengan lama istirahat setelah pergantian babak adalah selama 10 menit. Dan lama perpanjangan waktu adalah 2 x 15 menit. Apabila hasil masih seimbang setelah 2 x 15 menit maka diadakan tendangan adu pinalti untuk menentukan pemenangnya.


2. Gawang

Selain mengetahui ukuran lapangan sepak bola, kamu juga perlu mengetahui standar ukuran gawang agar sarana permainan sepakbola sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Definisi gawang dalam permainan sepak bola, yaitu berupa dua tiang untuk menentukan gol atau tidaknya bola yang ditendang atau disundul ke arah garis gawang. Di kedua ujung lapangan sepak bola masing-masing terdapat gawang dengan panjang 7,3 m dan lebarnya 5,5 m, dan tinggi 2,4 m.

Seperti nampak pada gambar ukuran lapangan sepak bola di atas, maka dapat dijelaskan daerah gawang ini masuk bagian dari daerah penalty area dengan ukuran 16,5 meter dengan panjang 40,3 meter. Titik putih yang terdapat pada daerah penalty area berjarak 11 meter dari garis gawang yang diukur segaris dari titik pusat garis gawang (titik tengah gawang).

Gawang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya seperti besi bulat dengan panjang jari-jari 6 centimeter. 

Bagian belakang gawang dilengkapi dengan anyaman jaring yang menutupi bagian belakang dan samping gawang. Jaring tersebut berfungsi untuk menahan laju bola yang berhasil menembus gawang dan sebagai penanda apakah bola masuk ke dalam gawang atau tidak, oleh karenanya anyaman dibuat termbus pandang.  

3. Bola
  • Ukuran standar bola yang digunakan untuk pertandingan sepakbola adalah berdiameter 68,71 cm
  • Berat : 398 – 453 gram
  • Lambungan atau jika dipantulkan, maka pantulan pertama setinggi  60 cm.
  • Terbuat dari bahan kulit atau bahan yang tidak berbahaya lainnya.


Itulah ulasan mengenai ukuran lapangan sepak bola dan juga sarana prasarana dalam permainan sepak bola. Agar jalannya pertandingan sepakbola menjadi menarik dan seru, sebaiknya para pemain telah memahami aturan dalam permainan dan juga sudah menguasai keterampilan dasar dalam bersepakbola.

0 Response to "Ukuran Lapangan Sepakbola dan Sarana Prasarananya (Disertai Gambar HD)"

Post a Comment