Syarat dan Merk Cat Kubah Masjid Terbaik: Berikut Ide Pemilihan Warnanya!

Kubah masjid itu ibarat mahkota dari sebuah bangunan masjid. Untuk menghias kubah masjid tersebut agar nampak indah dan mewah dibutuhkan cat yang berkualitas. Selain itu, panitia pembangunan harus juga mampu memilih warna cat kubah masjid yang sesuai dengan konsep bangunan yang akan ditampilkan.

Untuk mendapatkan cat kubah yang awet dan tahan lama, Anda harus pandai memilih merk yang bagus. Karena pemilihan kombinasi cat kubah masjid itu tidak sama dengan cat yang biasa digunakan untuk tembok/dinding. 

Nah, syarat apa saja yang harus dipenuhi agar produk cat tersebut bisa digunakan untuk kubah masjid? Simak penjelasan lengkapnya mengenai syarat cat kubah masjid, cara memilih warna dan juga merk terbaiknya pada artikel di bawah ini.




Syarat Cat Kubah Masjid


Umumnya cat kubah masjid berbahan dasar akrilik. Namun tidak cukup hanya dengan menggunakan cat jenis akrilik, dibutuhkan proses pelapisan minimal dua kali agar warna kubah masjid selalu tampak indah, bersinar dan tidak kusam. Nah, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar cat dapat digunakan untuk mewarnai kubah, yaitu:

1. Cat  harus tahan korosi

Kubah masjid yang posisinya paling tinggi pada sebuah bangunan masjid pastinya tidak lepas dari terpaan hujan dan panas. Bahan kubah yang cukup beragam mulai dari galvalum, enamel, dan beton mengharuskan sebuah kubah haruslah tahan terhadap segala cuaca. 

Nah, salah satu yang berpengaruh adalah pemilihan cat yang akan digunakan. Oleh karenanya, syarat cat kubah masjid yang pertama adalah harus tahan korosi agar tidak berkarat dan nampak kusam.

2. Sistem pelapisan minimal dua kali

Sistem proses pelapisan dalam pengecatan kubah harus dilakukan minimal dua kali. Yakni tahap dasar (primer) dan selanjutnya finishing. Bahkan banyak yang mengaplikasikan sampai 3 tahapan, yaitu primer, tahap cat lapis pertama, dan terakhir finishing cat. Sistem pelapisan ini memiliki tujuan agar cat yang dihasilkan dapat awet dan bertahan lama.


3. Cat Tahan Lama

Agar masjid selalu tampak indah dipandang, ada baiknya jika memilih cat yang warnanya dapat bertahan lama. Cat yang digunakan haruslah cat khusus. Dengan menggunakan cat berkualitas maka warna kubah yang dihasilkan pun akan tampak indah.


4. Menyesuaikan dengan Bahan

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya bahwa kubah dapat dibangun dengan menggunakan bahan yang berbeda-beda. Untuk itu, cat yang biasanya digunakan akan menyesuaikan dengan bahan kubah itu sendiri. Setiap bahan kubah memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga sebuah cat untuk kubah masjid pun harus khusus untuk bahan tertentu saja.


Cara Memilih Warna Cat Kubah Masjid


Warna cat kubah harus ditentukan dengan baik karena bagus tidaknya kubah selalu identik dengan pemilihan warna yang tepat. Selain bahan kubah, warna menjadi salah satu komponen penting untuk membuat kubah masjid terkesan cantik dan mewah. Dengan perpaduan warna yang seimbang, kubah masjid akan terkesan lebih fresh dan menampakkan keagungan.

1. Pilih warna-warna yang terang


Warna cat kubah masjid biasanya menggunakan warna-warna yang cerah dan terang. Dengan pemilihan warna tersebut akan dapat kubah tidak terlihat kusam.

Sebagai contohnya adalah perpaduan warna hijau dan orange pada kubah masjid. Komposisi dua warna cerah ini dapat menjadikan kubah terkesan fresh dan enak dipandang.

2. Lihat kondisi alam sekitar

Kondisi lingkungan sekitar dapat dijadikan rujukan untuk memilih warna kubah. Dengan demikian, kubah masjid akan nampak serasi dengan alam sekitarnya.

Sebagai contoh, apabila masjid tersebut berdiri dengan background berupa pegunungan, maka alangkah indahnya jika warna kubah dominan hijau sesuai kondisi alam. Sedangkan untuk daerah pesisir pantai, pemilihan warna putih akan membuat masjid seperti menyatu dengan alam dan tampak lebih menawan.


3. Konsep atau tema masjid disesuaikan dengan tradisi dan budaya

Panitia pembangunan masjid/mushola juga harus memperhatikan tradisi dan budaya setempat ketika akan memilih warna cat masjid secara keseluruhan, termasuk bagian kubahnya.

Sebagai contoh, jika suatu masjid akan mengusung tema/corak Tionghoa maka memilih warna merah dan kuning adalah solusinya. Sedangkan jika ingin mengusung corak Masjid Nabawi Madinah, maka warna putih dan hijau harus dipilih. 


Merk Cat Kubah Masjid Terbaik


Merk cat untuk kubah masjid memegang peranan yang sangat penting. Hal ini disebabkan cat yang digunakan memang harus cat yang khusus untuk area yang sering terkena paparan panas dan air hujan dengan volume yang tinggi. 

Menggunakan cat yang tidak sesuai dengan merk dan jenisnya hanya akan membuat hasil kubah tidak maksimal. Selain itu cat kubah masjid tersebut mudah mengelupas dan tidak akan awet. Oleh karena itu berikut ini adalah rekomendasi merk cat untuk kubah masjid yang bisa Anda pilih.


1. Metaliqua



Rekomendasi merk cat kubah masjid yang pertama adalah Metaliqua. Merk ini merupakan pelopor cat metalic berbahan dasar air (waterbased) yang ramah lingkungan dan tahan lama. 

Cat Metaliqua ini dapat diaplikasikan untuk ruangan interior maupun eksterior. Biasanya, Metaliqua ini banyak dipilih untuk menghiasi kubah masjid, ukiran pada bangunan vihara, lis plafon, aligrafi, bingkai pigura, dan lain sebagainya.

Pancaran kilau kemewahannya membuat sangat cocok untuk digunakan sebagai cat kubah masjid.

Keunggulan dari cat Metaliqua ini adalah:

  • Warnany yang terang dan tahan lama
  • Tahan cuaca
  • Tahan korosi
  • Tidak cepat pudar



2. Nippon Paint

Bingung memilih merk cat kubah masjid mana yang cocok? Mungkin produk dari Nippon Paint ini akan membuat tampilan kubah semakin tampak megah dengan daya tahan warna yang kuat. 

Produk Nippon Paint ini sangat beragam dan bisa diaplikasikan pada berbagai jenis bahan material kubah. Mulai dari kubah aluminium, beton, hingga enamel. Untuk colour schemes dan sistem pelapisannya masing-masing seperti tampak pada gambar di bawah:


a. Kubah Aluminium






b. Kubah Enamel



c. Kubah Beton




d. Cat Nippon Point Kubah Warna Emas




3. Propan Super Gold



Warna emas banyak dipilih untuk cat kubah masjid karena dianggap sebagai simbol kejayaan, kemewahan, kemenangan, dan kemuliaan. Nah, soluasinya Anda dapat menggunakan cat dari Propan Super Gold. 

Cat ini terbuat dari bahan acrylic emulsion yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada area yang tinggi akan paparan sinar matahari. Dibuat dengan pigmen warna emas pilihan membuat cat Propan ini memiliki kilau emas yang tahan lama dan tidak mudah pudar layaknya emas asli.

Cara pengaplikasannya Anda dapat menggunakan kuas atau roll. Untuk mencapai hasil optimal dengan partikel emas yang rata dan halus, sebaiknya gunakan spray

0 Response to "Syarat dan Merk Cat Kubah Masjid Terbaik: Berikut Ide Pemilihan Warnanya!"

Post a Comment