Ini Ukuran Atap Aluminium, Kelebihan dan Kekurangan Berikut Harganya

Atap aluminium termasuk jenis atap yang paling sering digunakan di Indonesia, sehingga Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Dengan mengetahui kedua hal ini, Anda bisa lebih mempertimbangkan apakah hendak menggunakannya atau tidak.

Pada dasarnya, sekarang penggunaan jenis atap yang satu ini tidak hanya terbatas sebagai atap rumah atau bangunan saja. Namun, sudah ada beberapa orang juga yang menggunakan jenis atap aluminium ini untuk kebutuhan lainnya. Dalam hal ini, kami akan membahasnya secara lengkap.




Apa itu Atap Aluminium?


Mengawali pembahasan tentang atap berbahan aluminium, di sini kami akan membagikan informasi terkait pengertiannya terlebih dahulu. Masih ada sebagian orang yang bertanya-tanya tentang apa yang dimaksud dengan atap berbahan aluminium.

Pada dasarnya, atap aluminium adalah bahan konstruksi yang berbahan dasar seng sebesar 43% , aluminium sebesar 55%, dan silicon sebesar 1,5%. Bisa dilihat dari penjelasan tersebut bahwa jenis atap yang satu ini memiliki bahan dasar aluminium yang lebih banyak.

Umumnya, atap dengan jenis ini akan digunakan pada bagian atas rumah, gedung, perkantoran, maupun kanopi minimalis. Dengan sifatnya yang minimalis seperti ini, membuat proses pemasangannya dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Jenis-Jenis Kanopi Kaca

Selain itu, atap dengan jenis ini juga sering disebut sebagai atap spandek. Jadi, Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama atap yang satu ini.


Ukuran Atap Aluminium



Melanjutkan pembahasan terkait hal ini, kami juga akan membagikan informasi terkait ukuran panjang lebar dari jenis atap berbahan aluminium itu sendiri. Pada dasarnya, ukuran atap aluminium ini akan berbeda-beda, ada yang berukuran lebar 1 meter namun ada juga yang berukuran lebar 78 cm.

Jika angka di atas merujuk pada bagian lebarnya, untuk ukuran panjang dari atap jenis ini sendiri adalah 3-6 meter. Ukuran ini nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang, sehingga Anda bisa mendapatkan ukuran yang paling pas.

Selain itu, ada juga beberapa kontraktor yang menyediakan pilihan custom ukuran kepada para kliennya, misal ukuran panjang 2,7 meter, 3,4 meter, dan 5,7 meter. Dengan adanya pilihan custom yang seperti ini, Anda bisa lebih mudah dalam menyesuaikannya dengan kebutuhan bangunan Anda.


Kelebihan dan Kekurangan Atap Aluminium


Setiap jenis atap rumah pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, sebelum yakin untuk membeli dan menggunakannya, Anda perlu mengenali kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Sementara untuk kelebihan dan kekurangan atap spandex adalah:

1. Kelebihan

Membahas tentang material aluminium itu sendiri, sebenarnya material jenis ini merupakan salah satu logam yang paling dominan dan populer di seluruh dunia. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat material aluminium itu sendiri memiliki kelebihan yang sangat beragam.

Dalam hal ini, kami akan membagikan informasi tentang kelebihan yang dimiliki atap berbahan aluminium, yaitu:

a. Dapat Didaur Ulang

Penting untuk Anda ketahui bahwa pada dasarnya semua jenis atap metal akan bisa didaur ulang, sehingga tidak mengherankan jika jenis atap yang satu ini juga bisa didaur ulang. Dengan adanya karakteristik yang seperti ini, membuat atap berbahan aluminium bisa lebih awet.

b. Kuat dan Ringan

Meski memiliki karakteristik yang ringan, akan tetapi atap berbahan aluminium seperti ini akan memiliki tingkat kekuatan yang cukup besar. Lembaran logam aluminium tergolong sangat ringan, sehingga hal ini dapat membuatnya lebih mudah ketika dipasang.

Dengan bahannya yang tipis dan ringan seperti ini, tidak membuat atap aluminium mudah rusak. Justru, atap dengan jenis ini memiliki tingkat ketahanan yang lama dan dapat memiliki tingkat kekuatan logam yang jauh lebih tebal.

c. Anti Karat

Fungsi dari atap itu sendiri adalah untuk melindungi rumah Anda dari cuaca panas maupun hujan. Jadi, karakteristik seperti ini memang akan sangat dibutuhkan pada atap di rumah Anda. Atap yang terbuat dari bahan dasar alumunium ini, memiliki keunggulan lain yaitu anti karat.

Bahkan, sudah ada penelitian yang mengatakan bahwa aluminium dapat bekerja dengan baik meski di daerah pesisir pantai. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat material aluminium itu sendiri tidak akan berubah menjadi berkarat meski sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama sekalipun.

d. Harga Terjangkau

Harga atap aluminium memang tergolong cukup terjangkau, sehingga ketika Anda hendak membelinya, Anda tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar. Yang terpenting, Anda membeli jenis atap ini yang paling berkualitas dan di toko bangunan yang terpercaya.

2. Kekurangan

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, tapi atap jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan di dalamnya, sehingga Anda juga perlu untuk mengetahuinya. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki atap berbahan aluminium, yaitu:

  • Rentan penyok ketika ada barang berat yang jatuh ke atasnya, seperti batang pohon, buah-buahan yang jatuh dari pohonnya langsung, dan lain sebagainya.
  • Aluminium akan mengembang dan mengerut sebanyak 2 kali lipat dari jenis atap baja, sehingga hal ini dapat menyebabkan pengalengan oli, peningkatan suara bising, dan lain sebagainya.
  • Dilengkapi dengan efek pengalengan yang dapat membuatnya terlihat penyok maupun berminyak.

Baca juga: Cara Menambal Seng Bocor

Harga Atap Aluminium


Atap Kanopi Buka Tutup, dari Bahan Aluminium


Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan pembelian dan penggunaan jenis atap yang satu ini, berikut kami sampaikan perkiraan harga atap spandex yang berlaku di pasaran saat ini, yaitu:



Spesifikasi Atap

Satuan

Harga per Meter

Aluminium tebal 0,25 mm

Per meter

Rp. 55.000,00

Aluminium tebal 0,30 mm

Per meter

Rp. 65.000,00

Aluminium tebal 0,35 mm

Per meter

Rp. 75.000,00

Aluminium tebal 0,40 mm

Per meter

Rp. 85.000,00

Aluminium tebal 0,45 mm

Per meter

Rp. 95.000,00

Aluminium tebal 0,50 mm

Per meter

Rp. 105.000,00



Ingat, harga yang ada di atas bisa berubah tergantung dari toko material yang Anda pilih atau perubahan kondisi pasar di bidang ini yang sedang berlaku. Jadi, informasi terkait harga tersebut hanya bisa dijadikan sebagai referensi perkiraan harga saja.


Melihat penjelasan di atas, bisa dipastikan bahwa atap aluminium memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Setelah mengetahui kedua hal tersebut dengan baik dan benar, sekarang Anda jadi bisa lebih mudah dalam mempertimbangkan apakah hendak membelinya atau tidak.

0 Response to "Ini Ukuran Atap Aluminium, Kelebihan dan Kekurangan Berikut Harganya"

Post a Comment