Cara Menambal Seng Bocor Pakai Aquaproof: Ini Kelebihannya!

Seng merupakan solusi yang bagus untuk bangunan hunian ataupun pabrik yang ingin menggunakan bahan atap dari metal. Meskipun orang Indonesia umumnya menggunakan atap berbahan genteng tanah liat, namun dalam penerapannya kadang membutuhkan atap seng untuk talang air. Tak jarang atap seng untuk talang air tersebut mengalami kebocoran dan dibutuhkan proses penambalan.

Cara menambal seng bocor juga banyak bahan yang bisa dipakai. Salah satunya adalah dengan menggunakan Aquaproof. Nah, sebelum mengetahui cara menambal seng bocor pakai Aquaproof sebaiknya cari tahu yuk mengapa dan kapan sebaiknya Anda menggunakan atap seng untuk sebuah bangunan.




Alasan Menggunakan Atap Seng

Permintaan atap seng sampai saat ini masih terus ada, dan bahkan terus mengalami peningkatan yang stabil. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Banyak keunggulan yang menjadikan seng sebagai bahan atap untuk sebuah struktur rangka. Nah, berikut ini adalah kebanyakan alasan orang-orang menggunakan atap berbahan seng untuk bangunan rumah atau lainnya:


1. Ramah lingkungan (eco-green)

Sifat seng yang merupakan logam alami membuatnya memiliki tingkat toksisitas sangat rendah, bahkan setelah pembuatan. Pemilik bangunan yang menggunakan atap seng tidak perlu khawatir tentang kandungan racun atau polusi tanah yang berada di sekitar atap seng.


2. Hemat Energi

Atap metal seperti seng ini mampu memantulkan panas matahari sehingga dapat mengurangi biaya pemanasan dan/atau pendinginan.

3. Perawatan yang Mudah

Jika mengalami kebocoran, tidak diperlukan penggantian keseluruhan panel seng. Namun, cukup dengan menambal bagian yang bocor tersebut dengan menggunakan bahan Aquaproof. Jadi, hal tersebut pemilik bangunan lebih hemat biaya dan juga tidak perlu melakukan perawatan secara rutin.

4. Awet

Atap seng telah dikenal dapat bertahan dari 50 hingga 90 tahun tergantung pada kualitas instalasi, sifat bangunan, dan iklim di daerah tersebut. Ketahanan tersebut pasti berlaku jika dan hanya jika atap seng yang digunakan bukan hasil dari campuran bahan lain.


5. Mudah Dibentuk 

Seng merupakan logam yang lunak sehingga mudah sekali untuk dibentuk sesuai dengan keinginan. Biasanya atap seng ini dibentuk menjadi profil pembentukan gulungan, pembentukan talang, dan atau juga ketika diperlukan untuk jahitan.

Baca juga: Apa itu Gutter? Ini Cara Pengaplikasiannya


Kekurangan Atap Seng

Dengan kelebihan yang ada pada material seng, logam metal ini juga masih menyisakan sejumlah kekurangan yang perlu diwaspadai jika ingin menggunakannya sebagai atap, yaitu:


1. Mudah mengalami penyok

Kekurangan paling menonjol dari atap seng adalah efek seperti terlihat penyok-penyok atau berminyak. Dan jika sudah dipenyok maka dengan mudah atap ini mengalami kebocoran ketika air hujan menimpanya. Atap seng yang penyok tidak dapat dilakukan penambalan dengan bahan Aquaproof. Biasanya untuk memperbaiki dibutuhkan penggunaan lakban seng.

Untuk cara menambalnya yaitu potonglah lakban seng sesuai dengan ukuran lubang/penyok dengan melebihkan sedikit. Kemudian, pasanglah lakban seng tadi tepat di atas area atap seng yang berlubang/penyok. Lakukan dengan hati-hati dan teliti.


2. Korosi Bagian Bawah

Jika atap seng tidak dilapisi dengan pelapis anti karat secara benar pada bagian bawah panel, maka korosi dapat terjadi. Hal ini terjadi ketika molekul air terperangkap di bawah antara panel dan insulasi atau lapisan bawah sehingga menyebabkan logam melemah jika tidak dilapisi.

Selain itu, beredarnya atap seng campuran (bukan seng asli) membuat atap seng yang ada di pasaran tersebut mudah sekali mengalami korosi. 



Cara Menambal Seng Bocor Pakai Aquaproof



Musim penghujan yang datang pada bulan-bulan tertentu bisa jadi menjadi masalah bagi sebuah bangunan rumah dengan atap yang bocor. Keadaan tersebut tentu membuat suasana di dalam rumah menjadi tidak nyaman.  Air yang masuk dari lubang atap pasti sangat menjengkelkan dan membutuhkan untuk segara dilakukan perbaikan. 

Ada beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi atap/talang seng yang mengalami kebocoran. Anda dapat menggunakan bahan lem untuk menambal seng yang bocor secara cepat dan instan. Gunakan produk dari Aquaproof SEALBAND yang merupakan perekat multiguna yang berbahan dasar bitumen/asphalt. Bahan tersebut mampu melindungi metal seng, aluminium, dan juga cocok digunakan pada substrat seperti bahan beton, kayu, acrylic dan juga fiberglass.

Sebelum mengetahui cara penggunaannya untuk mengatasi seng bocor, sebaiknya cari tahu dahulu kelebihan atau keunggulan dari produk Aquaproof SEALBAND ini yaitu:

  1. Memiliki daya rekat yang kuat sehingga dapat mengatasi kebocoran dengan ketahanan yang bagus.
  2. Tidak membutuhkan alat khusus untuk pengaplikasiannya.
  3. Tidak memerlukan zat aditif atau bonding agent.
  4. Sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca.
  5. Tahan terhadap korosi dan juga jamur.

Adapun cara menambal seng bocor dengan menggunakan Aquaproof SEALBAND, yaitu:

  1. Lakukan pembersihan pada substrat yang akan ditambal. Pastikan kondisinya kering sempurna.
  2. Selanjutnya, potong Aquaproof SEALBAND sesuai dengan ukuran pada lubang yang mengalami kebocoran pada objek substrat. Lepaskan plastik yang menempel pada Aquaproof yang sudah dipotong tersebut.
  3. Aplikasikan Aquaproof SEALBAND dengan cara ditekan terus-menerus pada bagian atas permukaan atap seng yang bocor. Jika diperlukan, gunakan roll atau kain untuk meratakan sehingga tidak ada udara yang terjebak.

Itulah kelebihan atap seng dan cara mengatasinya ketika atap mengalami kebocoran. Produk Aquaproof SEALBAND ini sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan lem penambal atap bocor pada saat musim hujan tiba.

0 Response to "Cara Menambal Seng Bocor Pakai Aquaproof: Ini Kelebihannya!"

Post a Comment