Mengenal Gutter Dan Pengaplikasiannya

Gutter adalah jalur aliran air baik itu di selokan, got maupun talang air. Gutter ini berfungsi untuk menampung air lalu mengalihkan atau membuangnya pada aliran air tersebut. 

Sistem pembuangan tersebut akan menyalurkan kelebihan air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

Pembangunan besar atau kecilnya gutter dihitung berdasarkan curah hujan tertinggi, aliran air buangan ataupun air tanah (khususnya di daerah pegunungan), dan air waduk untuk mengalirkan air keperluan irigasi. 

Karena jika gutter yang dibuat ternyata ukurannya terlalu kecil, maka dapat mengakibatkan air dari selokan meluap keluar dari selokan bahkan dapat mengakibatkan banjir. 

Selain ukuran gutter yang harus diperhatikan, perawatannya juga perlu dilakukan agar air dalam gutter dapat berjalan dengan lancar.


Sejumlah Pengaplikasian Gutter Dalam Dunia Konstruksi


Berikut ini adalah pengaplikasian saluran dalam bentuk talang air, box gutter, gutter kolam renang, dan selokan jalan yang berada di tengah atau di sisi jalan:


1. Talang Air Hujan




Talang air hujan (rain gutter) adalah wadah atau tempat untuk menampung air yang mengalir dari atap bangunan baik itu rumah, gudang ataupun pabrik agar air tersebut dapat mengalir secara teratur dan terarah ke suatu tempat yang dituju. 

Bahan material talang air sebaiknya terbuat dari fiberglass sehingga memiliki kualitas yang lebih tahan lama dan tidak mudah mengalami korosi atau bocor. 

Selain berfungsi sebagai saluran pembuangan, talang air hujan ini juga melindungi struktur bangunan dari terpaan air hujan yang terus menerus dimana air limpahan dapat segera menjauh dari struktur.

2. Box Gutter




Box gutter atau talang kotak, selokan paralel, atau palung adalah talang air di atap yang biasanya berbentuk persegi panjang dengan dilapisi logam ataupun aspal.

Agar tidak mengurangi keindahan bangunan, box gutter ini bisa dipasang secara tersembunyi di balik tembok pembatas atau pinggiran atap, atau juga di celah atap. 

Pada dasarnya box gutter ini dipasang di antara permukaan paralel/sejajar, seperti pada bagian lembah antara atap paralel atau berada di persimpangan atap dan dinding tembok pembatas sehingga memudahkan air jatuh pada titik tengah. 




3. Gutter Pada Kolam Renang



Desain kolam renang arus dilengkapi dengan sistem sirkulasi terlebih untuk kolam renang komersil. Sistem sirkulasi pada kolam renang tersebut bekerja agar air tetap bersih sehingga aman untuk digunakan berenang. 

Kolam renang berjenis overflow memiliki gutter yang berguna agar sistem sirkulasi tersebut dapat berjalan lebih lancar.

Gutter kolam renang tepatnya berada di bibir kolam dan dilengkapi dengan penutup berupa beton, alumunium dan sebagainya.

Fungsi dari gutter kolam renang adalah sebagai tempat menampung tumpahan air kolam yang berlebih atau tumpah dikarenakan gerakan perenang. Tumpahan air tersebut kemudian dialirkan ke balancing tank untuk diteruskan ke filter agar keluar dalam keadaan bersih. 

Air hasil saringan tersebut kemudian baru dikembalikan lagi kedalam kolam renang ketika air di dalam kolam mengalami kekurangan. Dengan demikian sisetm sirkulasi di kolam renang dapat berjalan dengan lancar.

4. Selokan Jalan (Street gutter)

Via rideillinois.org


Selokan jalan adalah saluran air yang membentang berdampingan dengan jalanan kota, biasanya dibangun di bahu jalan. Selokan ini berfungsi untuk mengalihkan air hujan dan mencegah air menggenang apabila terjadi hujan besar.

Air yang tergenang dan berkumpul di jalan atau bahu jalan dapat membuat kerusakan jalan lebih cepat. Oleh karenanya sistem drainase permukaan jalan perlu untuk dirawat secara berkala agar tidak merusak jalanan akibat genangan air yang cukup lama.




5. Desain Gutter Modern (U-Gutter)


U-gutter juga dikenal sebagai beton pracetak u-ditch. Pada proyek konstruksi, u-gutter ini berfungsi sebagai saluran irigasi yang dibangun di tepi jalan raya.

Via jualbuisbeton.com



Jika dulu pembuatan saluran skala kecil banyak menggunakan buis beton, dan saluran yang lebar menggunakan material batu kali, berbeda dengan saat ini dimana kebanyakan di perkotaan menggunakan u-gutter sebagai alternatif terbaik untuk pembuatan saluran.

Keunggulan Saluran U-Gutter

Berikut ini adalah kelebihan u-gutter sebagai material konstruksi untuk pekerjaan saluran:
  • Sebagai beton pracetak, pembuatan u-gutter dapat menggunakan cetakan berulang.
  • Lebih awet atau tahan lama karena tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan iklim.
  • Lebih akurat dan presisi untuk pengerjaan konstruksi.
  • Mampu menahan pergeseran tanah.
  • Kualitas produk u-gutter yang lebih baik karena dibuat melalui proses quality control (QC) yang ketat di pabrik.
  • Biaya yang lebih ekonomis karena adanya produksi secara massal dan repetitif.
  • Lebih praktis dan efisien serta perlakuan finishing yang mudah, dimana u-gutter cukup dipasang tiap panelnya sesuai dengan kebutuhan.
Demikianlah penjelasan mengenai apa itu gutter, dan pengaplikasiannya untuk pekerjaan konstruksi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Gutter Dan Pengaplikasiannya"

Post a Comment