Keunggulan Homogenous Tile Dibandingkan Keramik

Material penutup lantai sebuah bangunan ternyata tidak hanya keramik saja, lho! Sangat bervariasi, kamu bisa memilih dan salah satunya adalah homogenous tile yang kini banyak ditemukan pada hunian berlanggam minimalis dan bergaya natural.

Mari kita lebih mengenal material penutup lantai yang satu ini dengan membandingkan homogenous tile dengan ubin keramik. Sehingga nantinya kamu dapat menemukan manakah yang lebih unggul dan layak untuk dipilih.

Penggunaan Ubin Homogenous Tile di Pusat Perbelanjaan
Penggunaan Ubin Homogenous Tile di Pusat Perbelanjaan



Apa itu Homogeneous Tile?



Homogeneous tile atau ubin porselen tanpa glasir adalah ubin penutup lantai dengan material penyusunnya merupakan satu bagian secara keseluruhan. 

Di Indonesia, saat ini ada beberapa merek homogenous tile yang tersedia seperti merek Granito, Niro Granite, Essenza, Venus, Monalisa, Indogress, Impero, dan Palazzo. Produsen-produsen tersebut memiliki pilihan produk homogenous tile yang bervariasi dengan pelayanan yang bagus.

Proses Produksi Homogenous Tile


Jika produksi ubin keramik memiliki dua lapisan—tanah liat dan glasur— berbeda dengan ubin homogeneous tile yang hanya memiliki satu lapisan yang sama, dari mulai bagian atas hingga bawahnya sehingga disebut homogeneous tile.

Homogeneous tile ini terbuat dari bahan utama feldspar dengan kualitasnya yang melebihi tanah liat. Adonan bahan feldspar tersebut ditambahkan dengan ingredient lainnya seperti silica dan zat pewarna. 

Zat pewarna ditambahkan sejak awal proses pembuatan sehingga dapat menghasilkan warna yang serupa pada bagian atas hingga bawah body tile. Berbeda dengan ubin keramik yang warnanya hanya terdapat pada lapisan permukaan di atasnya.

Produksi homogeneous tile sendiri dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu polished dan unpolished. Berikut ini penjelasannya:

  • Polished atau kilap, yaitu produksi ubin homogeneous dengan melalui proses polishing. Proses tersebut menggunakan batu abrasive sehingga dapat menghasilkan kilap yang sempurna. 
  • Produk unpolished, yaitu produksi ubin tanpa melalui proses poles, hanya dilapisi dengan lapisan glazur.
Adanya perbedaan tekstur tersebut membuat produk unpolished seringkali digunakan untuk area luar dikarenakan permukaannya yang tidak licin. 

Keunggulan Homogeneous Tile Dibandingkan Keramik



Selain perbedaan bahan material penyusunnnya, homogeneous tile memiliki kekunggulan dibandingkan dengan keramik. Berikut ini adalah keunggulan ubin homogeneous:

1. Memiliki daya serap air yang sangat kecil dibandingkan keramik, yaitu di bawah 0,5%. Sementara daya serap keramik di atas 10%. Sementara, keramik di atas 10%. Dengan daya serap air yang kecil tersebut membuat noda tidak mudah menempel pada ubin homogen sehingga memudahkan proses perawatannya.

2. Proses pembakaran hingga suhu 1230C. Tak mengherankan jika HT merupakan ubin yang lebih keras dan tahan akan goresan. 

3. Saat pemasangan ubin homogenous tile, tukang tidak perlu merendamnya ke dalam air terlebih dahulu layaknya pada keramik biasa. Sejatinya perendaman dilakukan untuk menghindari keramik terlepas atau popping (terangkatnya keramik). Cara ini tidaklah berlaku jika tukang memasang HT dikarenakan homogenous tile memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga risiko pop-up sangat kecil.

4. Lebih kuat. Bahan penyusunnya yang lebih banyak menggunakan hard material, seperti silica dan feldspar, membuat ubin homogen lebih kuat dibandingkan keramik. Homogenous tile memiliki kuat tekan di atas 450 kg/cm2 , sementara kuat tekan dari ubin keramik hanya 300 kg/cm2.

5. Ubin homogen yang dipoles (polished) membuat permukaannya bersifat reflektif atau bersinar seperti cermin. Sementara itu tahapan finishing keramik hanya diglasir untuk membuatnya mengkilap yang bersifat tidak lebih tidak tahan lama dibandingkan dengan permukaan yang dipoles.

6. Dapat dibentuk bulat (chamfer) dikarenakan seluruh potongan ubin homogeneous terbuat dari bahan yang sama. Sementara itu ubin keramik terbuat dari tanah liat merah dengan lapisan tipis "pewarnaan" di permukaan sehingga ketika dirapikan akan memunculkan warna dasar merah di bawah glasir.

7. Jika tertimpa benda yang jatuh sehingga mengalami kerusakan, ubin homogenous tetap akan menunjukan warna atau bahan yang sama sehingga tiddak menimbulkan garis retak besar. Oleh karenanya, ubin homogen ini lebih cocok untuk pemasangan tujuan jangka panjang.

8. Ubin homogeneous tile memiliki warna dan corak yang natural dengan permukaan yang glossy atau mengkilap.

8. Masing-masing potongan homogeneous tile memiliki sudut permukaan dan sisi berupa siku-siku, berbeda dengan keramik yang kadang-kadang melengkung. Inilah yang membuat ubin homogeneous tile memiliki ukuran yang presisi sehingga menghasilkan tampilan yang rapi, unik, dan mendukung kemewahan sebuah rumah.

9. Untuk lantai proyek bangunan komersial sangat disarankan untuk menggunakan homogeneous. Hal ini dikarenakan ubin keramik tidak akan mampu menahan jenis beban yang dihasilkan oleh lalu lintas manusia yang tinggi.

Pemasangan Ubin Homogen di Stasiun dimana lalu lintas manusia yang tinggi via granito.co.id



Meskipun memiliki banyak keunggulan, sebagai material konstruksi homogeneous tile juga ada saja kekurangannya. Homogeneous tile umumnya memiliki harga jauh lebih tinggi, 30-50% lebih mahal daripada ubin keramik biasa. Apalagi untuk homogeneus tile yang dipoles dengan ukuran yang jauh lebih besar, pasti harganya pun akan jauh lebih mahal.


Contohnya produk HT keluaran Granito memiliki harga berkisar antara Rp 200.000-Rp300.000/ boks (isi 3 lembar). Kendati demikian, dengan kekuatan dan kualitas yang dimiliki oleh homogeneous tile keluaran Granito, membuat harganya menjadi worth it, lebih reasonable dengan tampilan produknya yang lebih ekslusif dan memuaskan.

Selain harga yang jauh lebih mahal, homogeneous tile kurang begitu populer di kalangan tukang khususnya yang berada di pedesaan. Sehingga pemasangannya membutuhkan tukang yang cukup profesional dan berpengalaman. 


Tips Pemasangan dan Perawatan Ubin Homogenous Tile


Seperti penjelasan di atas, dimana masih minim sekali tukang yang mampu memasang ubin homogenous tile ini. Oleh karenanya berikut ini kami berikan tips pemasangan dan perawatannya:

  • Gunakan semen instan dalam pemasangan homogenous tile, dibandingkan memakai adukan semen tradisional. Pemakaian semen instan berguna untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti terangkatnya keramik. Dikarenakan ketika menggunakan adonan pencampuran antara semen, pasir dan air, kita tidah tahu apakah sudah tepat atau tidak. 
  • Atur jarak nat berkisar 2 mm – 3 mm.

Tips dalam merawat ubin homogenous tile adalah cukup dengan dibersihkan rutin seperti keramik biasa. Gunakan air dan cairan pembersih lantai yang berjenis waterbased dengan pH netral.

Homogeneous Tile (HT) ini sangat baik untuk diaplikasikan pada lantai dapur, ruang keluarga, ruang duduk serta kamar mandi untuk mendapatkan ruangan yang bergaya. Cocok untuk hunian mewah yang modern. Pergunakan pada dinding dan lantai hunian mewah atau pun bangunan komersial yang sesuai untuk area yang luas.

Demikianlah penjelasan mengenai keunggulan ubin homogeneous tile dibandingkan dengan keramik. Dari segi kualitas dan kemewahan yang ditawarkan produk homogen tile ini memang jauh lebih baik, namun dari sisi harga dan ketersediaannya di pasaran ubin keramik masih lebih unggul dengan variasi motif yang beragam. Tergantung kamu nih sebagai konsumen bebas memilih, mau pilih yang mana untuk mempercantik bangunan mu.

0 Response to "Keunggulan Homogenous Tile Dibandingkan Keramik"

Post a Comment