Ini 15 Manfaat Tanah Bagi Manusia, Makhluk Hidup Lain, dan Alam!

Tanah memiliki peranan yang penting bagi pemenuhan berbagai kebutuhan manusia. Penggunaan dan pemanfaatan tanah semakin lama semakin meningkat sementara itu tanah yang tersedia semakin sempit karena banyak dimanfaatkan untuk rumah tinggal, gedung perkantoran, tempat usaha dan sebagai lahan pertanian. 

Seperti kita ketahui bersama, tanah merupakan menjadi salah satu syarat utama bagi pembangunan suatu wilayah. Seperti misalnya, pemindahan ibu kota negara baru pastilah membutuhkan tanah untuk mengimbangi perkembangan modernisasi yang telah ada sebelumnya. Selian dimanfaatkan sebagai media konstruksi, tanah juga dapat bermanfaat sebagai media berocok tanam, bahan dalam pembuatan kerajinan, atau dapat juga dijadikan sebagai instrumen investasi.





15 Manfaat Tanah Bagai Kehidupan Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya



Tanah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik di masa sekarang maupun  yang akan datang. Tanah  tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat tinggal saja, namun juga memiliki fungsi ekonomi yaitu digunakan sebagai mata pencaharian baik digunakan untuk bidang pertanian maupun persewaan rumah, indekos, kontrakan dan atau bahkan sebagai instrumen investasi.


1. Media Bercocok Tanam

Bagi petani tanah dapat dimanfaatkan sebagai media bercocok tanam. Mereka hidup dengan menggantungkan dari hasil panen baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun dengan menjualnya sebagai komoditas pertanian.

Jadi, dapat dipastikan petani sangat mengandalkan tanah sebagai sumber penghasilannya. Meskipun ada sebagian yang memanfaatkan teknologi hidroponik dalam bercocok tanam, namun tidak dapat menggantikan kebutuhan tanah yang luas dan subur agar hasil panennya melimpah dan berkualitas. 


2. Mengandung Mineral dan Barang Tambang


Selain mengandung nutrisi dan mineral yang penting untuk pertumbuhan tanaman pada lahan pertanian, dalam tanah juga terdapat barang tambang yang berguna bagi manusia. 

Sebagai contoh barang tambang yang banyak dimanfaatkan antara lain emas, perak, tembaga, batubara, minyak, dan gas bumi.

Untuk mendapatkan barang tambang tersebut, perlu dilakukan penambangan dan pengeboran tanah terlebih dahulu. Sejatinya, tanah itu sendiri juga termasuk bahan tambang yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan urugan sehingga dapat menunjang kehidupan manusia sehari-hari. 



3. Penunjang Kesehatan

Bagi manusuia, manfaat tanah dapat digunakan sebagai penunjang kesehatan. Sebagai contoh, pertandingan sepak bola dilaksanakan di lapangan sepak bola, golf dimainkan di lapangan golf dengan hamparan yang luas, dan lain sebagainya. 

Berbagai aktivitas lain yang membutuhkan tanah sebagai penunjang kesehatan adalah lari, sepak bola, bola voli, dan bermain kelereng dilakukan di atas tanah.


4. Bahan Baku Produksi Kerajinan atau Karya Seni

Manfaat tanah berikutnya adalah sebagai bahan baku produksi barang-barang kerajinan.

Dari yang awalnya berupa bongkahan tanah yang tidak ada nilainya menjadi produk kerajinan yang dapat dijual dengan harganya yang mahal. Ini disebabkan karya seni tersebut memiliki nilai estetika atau nilai tambah. 

Beberapa produk kerajinan yang dapat dihasilkan dari media tanah liat seperti pot, patung, guci, ornamen ruangan, dan lain sebagainya.

5. Menyediakan Air Bersih


Manusia sangat membutuhkan air bersih dalam menjalani aktivitas kesehariannya seperti untuk kebutuhan minum, mandi, mencuci, dan memasak. Air bersih tersebut berasal dari dalam tanah. 

 Jadi, tanah memiliki peran dan manfaat sebagai penyedia air bersih bagi makhluk hidup seperti manusia.


6. Filter Air Kotor dan Polutan Lainnya


Selain menyediakan air bersih tanah juga berfungsi sebagai penyaring air kotor yang berasal dari limbah rumah tangga dan industri. Air kotor ini biasanya dibuang melalui got atau tanah hingga akhirnya melalui aliran sungai.

Baca juga: Mengenal Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 

Beberapa zat polutan yang masuk ke dalam tanah melalui air atau secara langsung masuk ke tanah akan disaring dan dinetralkan oleh tanah sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar. 

Tanah mengandung bakteri bakteri atau mikroorganisme yang berfungsi sebagai pengurai senyawa kompleks atau yang berbahaya menjadi lebih sederhana dan tidak merusak lingkungan.

7. Tanggul Alami

Tanah dapat dimanfaatkan sebagai tanggul-tanggul di bantaran sungai agar tidak terjadi luapan sungai. Jika melihat kawasan lumpur lapindo, kita juga bisa menyaksikan tanggul yang dibangun juga menggunakan tanah dan juga campuran beberapa bahan lainnya. 

Pembuatan tanggul dengan tanah sendiri tentu lebih murah dan sangat membantu sekali untuk mengatasi luapan air ataupun limbah seperti di kawasan lumpur lapindo.


8. Bahan Konstruksi

Rumah sebagai hunian sebagian besar dibangun di atas tanah baik di lahan alami maupun lahan hasil dari reklamasi. Manusia juga menggunakan tanah liat sebagai material untuk membuat bata merah. Hingga saat ini bata merah masih menjadi konstruksi dinding yang digunakan untuk membangun bangunan.

Seperti bahan bata merah, tanah liat sangat cocok bagi bahan bangunan seperti batu bata, genteng, dan keramik.

9. Mengatasi Banjir dan Keseimbangan Lingkungan Tetap Terjaga

Tanah sangat berperan penting untuk menyerap air. Banjir umumnya disebabkan oleh air yang tergenang dan tidak terserap oleh tanah, terlebih di kota-kota besar. Jadi, inilah yang disebut tanah sebagai penjaga keseimbangan lingkungan.


10. Tempat Aktivitas Mahluk Hidup


Tanah nyatanya sebagai tempat aktivitas sebagian besar mahluk hidup, termasuk manusia. Tanah berfungsi sebagai tempat dalam menjalankan aktivitasnya bagi berbagai macam organisme. Hampir semua mahluk hidup dari mulai bakteri yang tidak kasat mata sampai beraktivitas di tanah. 


11. Menyediakan Bahan Makanan Bagi Bakteri dan Mikro Organisme


Sejumlah bakteri dan mikroorganisme hidup di dalam tanah dan memakan makanan yang disediakan oleh tanah. 

Dalam hal ini lagi-lagi manfaat tanah sangatlah penting bagi makhluk hidup selain manusia. Bahkan, yang secara kasat mata terkihat adalah cacing yang hidup di dalam tanah, semua kebutuhannya tersedia di dalam tanah.

12. Bahan Produksi Peralatan Rumah Tangga

Sejak zaman dahulu penggunaan tanah sebagai bahan baku pembuatan peralatan rumah tangga sudah dilakukan. Peralatan atau perabot rumah tangga yang terbuat dari tanah misalnya tempat makan atau piring, kendi air minum, cangkir, hingga kompor.

Namun seiring berjalannya waktu, peralatan dan perabotan rumah tangga tersebut mulai tergantikan oleh bahan lain yang lebih awet seperti dari bahan stainless steel, kaca, dan lain sebagainya.

Baca juga: Katalog Produk Pagar dari Bahan Stainless Steel


13. Instrumen Investasi

Setelah melihat manfaat tanah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu saja tanah menjadi suatu aset yang sangat berharga. Jadi, manfaat tanah selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai salah satu instrumen investasi. 

Nilai jual tanah dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan disebabkan permintaan yang semakin banyak dan juga semakin minimnya lahan pemukiman yang tersedia. Nah, tanah dapat menjadi pilihan aset atau portofolio investasi Anda. Jika belum dimanfaatkan, Anda juga dapat menyewakan tanah tersebut kepada orang yang membutuhkan.


14. Pembangunan Infrastruktur Jalan

Untuk membangun infrastruktur jalan dibutuhkan tanah sebagai objeknya. Kondisi tanah yang masih bergelombang perlu dilapisi dengan lapisan beton atau aspal sehingga membuat nyaman bagi pengemudi.


15. Cadangan Air Tanah di Sumur Resapan

Air bersih merupakan kebutuhan primer manusia. Di wilayah perkotaan yang padat penduduk kini semakin sulit untuk mendapatkan air bersih karena tanah/lahan yang semakin sempit. Nah, keberadaan tanah sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan membuat sumur resapan yang berfungsi menampung dan menyerapkan air hujan kedalam tanah sehingga menjadi cadangan air tanah.



Cara Menjaga Kualitas Tanah


Setelah mengetahui sejumlah manfaat tanah bagi kehidupan manusia dan alam sekitarnya, sudah saatnya Anda merawat dan menjaga kualitasnya agar tetap baik. Nah, berikut ini adalah cara menjaga tanah yang dapat Anda lakukan.


1. Cara Vegetatif

Artinya menjaga dan merawat kualitas tanah dengan cara menanami tumbuhan di atasnya. Sebagai contohnya, reboisasi, penanaman berganda, penggunaan mulsa, dan lain sebagainya.

2. Cara Mekanis

Artinya menjaga kualitas tanaha dengan cara mengubah bentuk fisik tanah. Sebagai contoh, teknik terasering yang bertujuan agar tanah yang terbawa aliran air hujan akan lebih sedikit. Berikut beberapa cara mekanis yang dapat dilakukan.

Selain itu, ada pula cara mekanis lain seperti pembuatan saluran pembuangan air sehingga tanah atau lingkungan sekitarnya tidak tercemari oleh air limbah dari rumah tangga atau industri.

3. Cara Kimiawi

Artinya cara menjaga kualitas tanah dengan memberikan bahan kimiawi kepada tanah. Dengan cara ini maka struktur tanah akan semakin padat dan erosi pun dapat terhindari.

Selain untuk memadatkan struktur tanah, biasanya cara kimiawi ini juga dilakukan untuk menyeimbangkan kandungan senyawa organik di dalam tanah.


Itulah ulasan mengenai 13 manfaat tanah bagi kehidupan makhluk hidup dan juga cara untuk merawatnya.

0 Response to "Ini 15 Manfaat Tanah Bagi Manusia, Makhluk Hidup Lain, dan Alam!"

Post a Comment