Pilih mana, Sewa Rumah atau Beli Rumah?

Perkara memilih sewa atau beli rumah memang selalu menjadi pilihan yang sulit. Meskipun banyak rumah dijual murah, tetapi masih ada juga orang yang lebih memilih untuk sewa rumah dibanding membelinya. Mereka yang memilih menyewa rumah biasanya mempertimbangkan masalah pembiayaan pembayaran rumah. Membeli rumah dengan sistem tunai memang berat, maka sistem cicilan menjadi alternatif pilihan membeli rumah terbaik. Besaran uang muka dan cicilan per bulan ini yang lantas membuat sebagian orang merasa tidak sanggup untuk membeli rumah dan memilih untuk menyewa rumah.

Sebenarnya, manakah yang lebih menguntungkan? Beli atau sewa rumah?

Rumah Gaya Scandinavia Modern


Keuntungan Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri pastinya memberikan beberapa keuntungan untukmu. Apa saja?

  1. Rumah bisa menjadi instrumen investasi di masa depan. Nilai properti seperti rumah setiap tahunnya pasti bertambah. Jika di masa depan rumah akan dijual, tentu harganya akan menjadi lebih tinggi.
  2. Rumah yang dibeli tentunya menjadi hak milik pribadi yang dibuktikan dengan kepemilikan SHM atau sertifikat hak milik yang sah di mata hukum. Karena milik sendiri, tentu kamu akan lebih leluasa dalam mengatur tampilan, dekorasi, hingga merenovasinya.
  3. Karena sudah menjadi milik pribadi, kamu punya hak sepenuhnya untuk menggunakan peruntukan rumah. Bisa ditinggali atau justru disewakan. Nantinya, rumah juga bisa kamu sewakan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. 
  4. Kamu tidak perlu membayar uang sewa terus menerus. Bila rumah dibeli dengan sistem KPR atau cicilan, maka setelah cicilan selesai rumah 100% menjadi milikmu dan kamu tidak perlu membayar cicilan lagi. Lain halnya dengan sewa yang harus membayar biaya sewa selama kamu menempati rumah tersebut.

Kekurangan Membeli Rumah


Walaupun banyak keuntungan yang didapat bila membeli rumah di Tangerang Selatan, tetapi ada juga sedikit kekurangannya. Kekurangan ini yang wajib kamu pertimbangkan, yaitu :

  1. Perlu perawatan berkala. Rumah tentu harus dirawat dan dijaga dengan baik, jangan diabaikan hingga terbengkalai dan tidak terurus. Tentunya ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan rumah secara rutin. Jika dirawat dengan baik, maka kondisi rumah akan lebih nyaman ditinggali.
  2. Rumah rusak akibat bencana alam. Tidak ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan datangnya bencana alam. Walaupun kamu sudah memilih lokasi yang aman sekalipun, tetap saja harus mengantisipasi hal ini. Kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk asuransi bencana secara berkala untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat bencana alam, seperti banjir atau angin ribut.
  3. Harga jual yang turun. Harga jual properti dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah lokasi. Bila kamu terlanjur memilih lokasi rumah di tempat yang kurang strategis, maka harga jual di masa depannya pasti akan jatuh.


Keuntungan Menyewa Rumah

Sewa Rumah


Sambil menunggu ada rumah dijual murah, kamu masih bisa menyewa rumah. Bagi kamu yang masih mencari-cari rumah yang tepat, mengontrak rumah merupakan salah satu pilihan tepat. Sama seperti membeli rumah, menyewa rumah juga memiliki beberapa keuntungan, seperti :

  1. Lebih menguntungkan untuk kamu yang memiliki pekerjaan berpindah-pindah dalam periode waktu yang cepat.
  2. Dapat memilih lokasi yang strategis tanpa dibebani biaya cicilan yang tinggi.
  3. Tidak terbebani dengan biaya perawatan rumah dan pembayaran pajak.
  4. Uang sewa yang diberikan biasanya lebih rendah dari biaya cicilan rumah, maka dari itu, kamu masih bisa menabung untuk membeli rumah di masa depan.


Kekurangan Menyewa Rumah

Dibalik kemudahan dan keuntungan yang didapatkan, sewa rumah juga memiliki kerugiannya sendiri. Beberapa hal yang mungkin terjadi adalah :

  1. Misalnya, ketika menyewa rumah di Tangerang Selatan, kamu diwajibkan untuk menaati perjanjian sewa yang disyaratkan oleh pemilik rumah. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kebebasanmu saat tinggal di rumah tersebut.
  2. Rumah yang disewa tidak bisa direnovasi atau diubah tampilannya sesuka hati tanpa persetujuan pemilik rumah.
  3. Harga sewa sangat berpengaruh terhadap tingkat inflasi. Biaya sewa bisa saja naik sewaktu-waktu, kadang juga tanpa dipengaruhi oleh inflasi.
  4. Tidak ada jaminan masa sewa yang diperpanjang. Pemilik rumah bisa dengan seenak hati menyuruh kamu untuk pindah dari rumahnya.


Itu dia beberapa pertimbangan dalam menyewa atau membeli rumah. Namun, lebih baik memang mencari rumah dijual murah saja untuk kehidupan yang lebih nyaman di masa depan.

0 Response to " Pilih mana, Sewa Rumah atau Beli Rumah?"

Post a Comment