9 Desain Pembatas Ruangan Triplek: Keunggulan dan Teknik Finishing untuk Tampilan Menarik

Triplek memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya adalah digunakan sebagai bahan material pembatas ruangan. Sekat ruangan dari triplek ini memang dapat menghemat biaya, namun tampilan triplek harus diakui kurang menarik. Oleh karenanya, dibutuhkan finishing untuk mengubah pembatas ruangan dari triplek agar lebih menarik dan aman bagi pengguna.

Kedepan biaya pembuatan rumah atau konstruksi bangunan lainnya akan semakin mahal. Harga semen, kayu solid, batu bata merah, bata ringan, dan lain sebagainya terus bergerak naik. Nah, dunia arsitektur memberikan alternatif material triplek yang dapat digunakan partisi ruangan sebagai pengganti dinding dalam ruangan.

Via dornob.com

Triplek Sebagai Bahan Partisi Ruangan


Partisi dapat diartikan sebagai sekat atau pemisah. Jika berbicara partisi ruangan maka berkaitan tentang bahan material yang dapat dipilih sebagai penyekat ruangan. Nah, partisi dapat dibuat dari beragam material seperti kayu solid, GRC board, kaca, anyaman bambu, gypsum, sampai triplek.

Triplek adalah salah satu jenis kayu olahan yang tersusun dari lembaran tipis kayu yang ditumpuk dan dilem dengan menggunakan teknik cross grain. Teknik ini artinya lembaran kayu tipis direkatkan satu sama lain secara berlawanan arah atau dengan posisi pola serat yang berlawanan.

Keunggulan dan Kekurangan Pembatas Ruangan dari Triplek


Via easternwhitepine.org


Selanjutnya adalah alasan mengapa pembatas ruangan dari triplek ini perlu kampu pertimbangkan. Berikut ini kelebihan triplek ketika dijadikan sebagai material partisi dibandingkan bahan material lainnya, yaitu:

  • Cepat Pengerjaannya dan Mudah Dikreasikan

Triplek ketika dijadikan sebagai bahan furniture ataupun material interior sangat mudah dikreasikan. Selain itu, pengerjaannya juga sangatlah mudah dibentuk, diolah dan dapat diaplikasikan dengan cepat. 

  • Permukaan Rata, Halus, dan Seragam

Karena sifatnya yang halus, rata, dan seragam menjadikan triplek sangat cocok dipakai sebagai  pembatas ruangan. Pekerja atau tukang akan dengan mudah mengkreasikannya karena permukaannya mendatar dan seragam. Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakan pelapis melamin atau resin agar tampilannya semakin menarik dan mengkilap.

  • Jenis Triplek Beragam

Perkembangan desain interior yang semakin maju ditandai dengan semakin banyak munculnya bahan material terbaru, seperti berbagai jenis triplek yang kini telah hadir di pasaran. Variasi jenis triplek ini menjadi keuntungan bagi para pekerja karena semakin banyak kreasi yang bisa dilakukan untuk membuat pembatas ruangan atau pun perabot/furniture.

Salah satu jenis triplek yang banyak dipilih oleh penggunanya adalah jenis triplek yang sudah dilapisi dengan obat anti rayap sehingga pembatas ruangan nantinya tetap awet, tidak mudah retak, lapuk, dan berubah bentuk.


  • Harga Ramah di Kantong

Nah, kelebihan triplek yang satu ini merupakan alasan yang paling utama banyak orang menggunakan triplek sebagai material penyekat ruangan. Harga triplek sangatlah terjangkau jika dibandingkan dengan kayu solid, dinding tembok, atau materal partisi lainnya. Harga triplek sendiri tergantung dari ukuran triplek, ketebalan, material, dan bahan kayu yang digunakan. 

Selain itu, untuk biaya instalasi pembatas ruangan triplek juga relatif murah karena proses pengerjaannya yang mudah dan cepat.

Sementara itu penggunaan triplek juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah sejumlah kekurangan dan cara mengatasinya ketika Anda menggunakan triplek sebagai bahan partisi ruangan:

  • Triplek sangat rentan diserang hama seperti rayap dan jamur, terutama ketika kondisi ruangan lembab. Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan pengawetan dulu pada partisi triplek tersebut menggunakan obat anti hama, seperti BioCide.
  • Secara estetika kurang menarik. Untuk solusinya, Anda bisa mengaplikasikan finishing setelah treatment pengawetan. Selain memberikan proteksi yang lebih, penerapan finishing ini juga  berguna agar pembatas ruangan dari triplek ini terlihat lebih menarik.
  • Kurang kokoh. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kayu penyangga



Finishing pada Pembatas Ruangan Berbahan Triplek agar Tampilannya Menarik




Aplikasi finishing untuk triplek bisa dilakukan dengan beberapa pilihan, yaitu sebagai berikut:


1. Finishing Tempel

Finishing tempel adalah pekerjaan finishing pada partisi ruangan yang dilakukan dengan menempelkan lembaran dekoratif pada material triplek tersebut. Terdapat tigas jenis finishing tempel, yaitu:

  • Finishing dengan Wallpaper Vinyl, Kain Non Woven, PVC, dan HPL

Finishing tempel pertama adalah finishing tempel dengan wallpaper dinding yang berbahan dasar sintetis sehingga dapat direkatkan dengan mudah pada pembatas ruangan berbahan baku triplek. Bahan sintetis yang dimaksud dapat berupa PVC board, Kain Non Woven, Vinyl, dan HPL.

Ada berbagai pilihan warna dan motif yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Pekerja dapat menggunakan bahan lem yang berbasis ethylene vinyl acetate, seperti Eva Phatehon.

Baca juga: Harga Wallpaper Dinding Per Meter

  • Finishing Tempel dengan Veneer

Selain walpaper vinyl, PVC dan HPL, veneer juga dapat digunakan sebagai material tempel pada triplek. Veneer adalah lembaran tipis dekoratif dari kayu yang banyak digunakan oleh para pekerja sebagai finishing agar permukaannya lebih rata. 

Untuk merekatkannya, dapat digunakan lem PVAc atau Crossbond X4.


  • Finishing Tempel dengan Kain Woven dan Paper Back atau Kertas

Material finishing selanjutnya adalah kain woven dan paper back wallpaper. Harganya sangatlah terjangkau dari mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per meternya. Untuk pengaplikasiannya dapat digunakan lem Ultra Phaethon atau Crossbond X4.


2. Finishing dengan Cat

Karena triplek umumnya masih memiliki pola serat dan warna alami kayu maka tidak ada salahnya jika mengaplikasikan finishing cat.

    • Finishing dengan warna bening alami, yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan warna cat transparan untuk menonjolkan keindahan alami kayu baik pola serat dan warnanya. Pekerja dapat memilih warna cat bening atau transparan dengan aksen natural.
    • Finishing dengan warna solid, yaitu dapat dilakukan dengan memilih warna-warna solid seperti putih, hijau, merah, pink, ungu, dan lain sebagainya.


Pekerja dapat menggunakan teknik finishing khusus, seperti patina, charcoal, atau shabby chic untuk memberikan kesan tua, kesan terbakar, hingga kesan lembut. Dengan teknik ini, akan dihasilkan pembatas ruangan dari triplek yang terlihat lain daripada yang lain.


Ide Desain Pembatas Ruangan Dari Triplek


1. Pembatas Ruang Makan dari Triplek



2. Desain 3D Pembatas Ruang Dapur dari Triplek




3. Desain 3D Pembatas Ruang Loteng dari Triplek




4. Desain Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dari Triplek



5. Desain Pembatas Ruang Makan dan Ruang Keluarga dari Triplek



6. Pembatas/Partisi dari Triplek Menuju Toilet atau Kamar Mandi



7. Pembatas Ruangan dari Triplek antara Lobby Hotel dan Room Service Menu


8. Pembatas Ruang Kantor dari Triplek



9. Pembatas Ruang Makan Resto dan Dapur dari Triplek



Kesimpulan

Pembatas ruangan dari triplek ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mahalnya biaya konstruksi baik dari segi bahan konstruksinya maupun jasa yang ditawarkan. Partisi berbahan baku triplek ini terbilang murah meriah dan dapat dengan mudah dipasang untuk mendekorasi ruangan. 

Dengan finishing yang tepat, akan dapat dihasilkan sekat ruangan yang menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Pastikan memilih material finishing yang tepat sehingga tampilannya harmonis dengan interior ruangan tersebut.

0 Response to "9 Desain Pembatas Ruangan Triplek: Keunggulan dan Teknik Finishing untuk Tampilan Menarik"

Post a Comment