7 Tips dan Ide Desain Kamar Tidur Memanjang

Sebuah kamar tidur dengan bentukan denah yang terbilang sempit sering memaksa kita untuk pintar-pintar mencari solusinya. Salah satu hal yang bisa dipilih jika dalam kondisi tersebut adalah dengan menggunakan desain kamar tidur yang memanjang.

Jika kamar kamu termasuk ke dalam denah yang memanjang dan sempit, maka ide desain berikut ini mungkin saja dapat menginspirasimu dalam mendekorasi kamar tidur tersebut. Yuk, simak selengkapnya pada postingan 7 tips dan ide desain kamar tidur memanjang di bawah ini.

Via homedit.com

Tips dan Rekomendasi Desain Kamar Tidur Memanjang


Kamar tidur yang bentuknya memanjang akan memberikan kesan sempit. Namun, jangan khawatir kamu tetap dapat membuatnya terlihat lapang dan luas dengan melakukan cara-cara teknis seperti di bawah ini:


1. Tambahkan Partisi pada Kamar Tidur Memanjang



Tidak hanya antara ruang tamu dan ruang keluarga yang membutuhkan sekat, namun kamar tidur yang denahnya memanjang juga bisa kamu sekat agar dapat berfungsi secara maksimal. 

Bahkan dengan desain tertentu, kamu juga bisa memanfaatkan partisi tersebut untuk digunakan sebagai cermin rias.

Sedangkan bagian dinding sebelahnya tersedia ruang sebagai area gantungan baju, ruang belajar, dan lain sebagainya. Sangat efektif, bukan?


Baca juga: 16 Ide Desain Partisi Ruang Tamu Dari Berbagai Bahan

2. Letakkan Kepala Tempat Tidur Pada Posisi Terjauh dari Pintu Kamar


Via homebnc.com


Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan dalam mendesain kamar tidur memanjang adalah dengan memposisikan bagian kepala tempat tidur (bed) pada posisi dinding terjauh dari pintu. 

Dengan tata letak seperti itu, maka tempat tidur akan menjadi titik fokus, sehingga pengguna maupun tamu akan mengarahkan pandangannya pada bed kamar tidur tersebut.

Selain itu, memposisikan tempat tidur di ujung ruangan juga membuat kamar akan terlihat lebih pendek dari ukuran sebenarnya. 

Sementara itu untuk penempatan furniturenya, kamu dapat meletakannya pada area di depan bed. Pilih furniture yang bentuknya tidak begitu tinggi dan juga tidak terlalu lebar, seperti seperti laci, meja rias, dan rak buku.


3. Desain Ruang Tidur Anak Memanjang dilengkapi dengan Ruang Belajar



Via Pinterest

Secara garis besar, kamar tidur ini didesain dengan menggunakan gaya Skandinavia yang ciri utamanya adalah menggunakan warna-warna pastel yang lembut. Sudah barang tentu desain ini sangat cocok untuk kamar tidur anak perempuan.

Dilengkapi dengan pilihan furniture minimalis, kamar tidur memanjang ini mempunyai dua pembagian ruang, yaitu untuk bed kamar tidur dan juga ruang belajar.

Via homedit.com

Gunakan juga warna dan pola yang menarik perhatian seperti elemen desain plafon bergambarkan langit-langit yang eksentrik, yang tentu saja akan sangat menarik bagi anak-anak.

4. Desain Kamar Tidur Memanjang Dilengkapi Ruang Kerja, Cocok untuk Kamu yang Masih Single


Via apartmenttherapy.info

Untuk kamu yang sering membawa pekerjaan kantor untuk diselesaikan di rumah, atau kamu yang bekerja sebagai freelancer, tentu butuh ruang kerja khusus yang memang didesain di rumah.

Salah satu cara yang bisa kamu aplikasikan adalah mendesain kamar tidur yang dilengkapi dengan ruang kerja. Daripada hanya dijadikan area untuk tidur atau beristirahat, bisa juga kamu gunakan space yang tersedia pada kamar memanjang ini untuk dijadikan area bekerja yang minimalis.


5. Desain Tata Letak Furniture pada Desain Kamar Tidur Memanjang


Via lushome.com

Karena tempat tidur adalah salah satu bagian paling penting di dalam rumah, segala sesuatu harus diatur berdasarkan posisinya, temasuk furniture yang biasanya ada di dalam kamar tidur. 

Dengan bentuk panjang dan terkesan sempit akan membuat kamu merasa seperti berada di sebuah terowongan, itulah sebabnya penempatan furniture yang tidak tepat dapat membuat ruangan tampak lebih panjang dan lebih sempit lagi.

Nah, solusinya adalah kamu dapat membuat tata letak furniture berbentuk L yang menutup di sekitar salah satu dinding panjang dan pendek. Tata letak ini memang agak sulit tapi bisa diimplementasikan dengan pemilihan furniture-furniture yang tidak terlalu besar. 

Sementara itu untuk dinding yang panjang dan masih "kosong", kamu dapat memasang hiasan dinding/lukisan guna memberikan keseimbangan efek visual sehingga terlihat seimbang.


6. Kurangi Barang di Kamar dan juga Berikan Pencahayaan yang Tepat




Sering kita jumpai sebuah kamar yang penuh dengan berbagai perlengkapan seperti lemari pakaian, meja nakas, rak buku, meja rias, dan lain sebagainya. Bahkan ada di antaranya yang difasilitasi alat elektronik seperti TV atau malah lemari es yang khusus diletakkan dalam kamar.

Untuk kamar yang begitu luas, mungkin hal tersebut bukanlah suatu masalah.

Nah jika kamar kamu tergolong sempit dan desain denahnya memanjang, kamu harus pandai untuk memilah mana saja furniture dan juga barang-barang yang harus ditempatkan di kamar tidur dan barang-barang mana yang seharusnya tidak ada di dalamnya.

Selain itu, apabila kamar tidur dengan desain memanjang tidak disinggahi oleh sinar matahari maka akan membuat suasana semakin pengap dan sempit. Oleh karena itu, pencahayaan interior kamar juga menjadi unsur penting dalam mendekorasi kamar tidur tipe ini.

Cahaya yang baik sebenarnya adalah pencahayaan yang natural, kamu dapat membuat jendela pada isi dinding sebagai ventilasi agar supply cahaya matahari cukup untuk menerangi kamar. 


7. Pilih Pintu Geser

Via doordesignlab.com


Pintu geser atau sliding door akan sedikit membantu jika desain dari denah kamar tidur kamu adalah memanjang. Dengan menggunakan pintu geser, maka kamar tidur kamu yang berbentuk memanjang menjadi lebih optimal. Pintu geser ini sangat pas jika diaplikasikan pada kamar tidur yang berukuran sempit karena tidak memakan banyak tempat sehingga nyaman dan cocok digunakan.

Itulah ulasan mengenai tips dan ide mendesain kamar tidur yang berbentuk memanjang. Umumnya kamar tidur berbentuk persegi, namun jika luas dan bentuk dari lahan tidak memungkinkan bisa saja kamar tidur didesain memanjang. Nah, dibutuhkan sedikit kerja keras untuk mendekorasi kamar tidur memanjang. Solusinya seperti yang sudah dijelaskan di atas semoga bisa membantuk untukmu yang sedang mengorganisir furniture atau barang-barang yang ada di dalam kamar tidur memanjang.

0 Response to "7 Tips dan Ide Desain Kamar Tidur Memanjang"

Post a Comment