16 Ide Desain Partisi Ruang Tamu Dari Berbagai Bahan

Penggunaan partisi pada suatu ruangan membutuhkan perhatian khusus. Karena selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, partisi juga memiliki nilai seninya tersendiri. Model partisi ruang tamu yang menginspirasi di bawah ini dijamin akan membuat Anda tertarik untuk memilikinya.

Material partisi yang digunakan bisa berbagai macam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut adalah beberapa model partisi ruang tamu dengan berbagai spesifikasi, mulai dari desain hingga material yang digunakan.



Model Partisi Ruangan Tamu

Sama halnya seperti dinding tembok, partisi ruang tamu memiliki fungsi utama sebagai pemisah antar ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang TV atau bahkan ruang kerja. Namun, partisi memiliki kelebihannya tersendiri dalam hal estetika. Partisi dinilai lebih fleksibel penggunaannya dibanding menggunakan dinding tembok.

Penggunaan partisi pada ruang tamu akan memberikan kesan yang lebih luas dibandingkan dengan penggunaan dinding tembok. Penggunaan partisi yang sesuai juga akan menambah kesan elegan pada ruangan Anda.

1. Partisi Satu Sisi

Penggunaan partisi satu sisi bisa Anda jadikan pilihan sebagai pemisah ruang tamu Anda. Namun, partisi ruang tamu model satu sisi ini hanya bisa dilihat dari arah depan saja. Biasanya partisi satu sisi ini berupa lemari display, rak buku, dan lain-lain. Berikut contoh modelnya

Partisi Backdrop TV

Partisi Lemari Display


2. Partisi Dua Sisi

Partisi dua sisi merupakan pemisah ruangan yang penggunaan dan visualisasinya dapat dilihat dari 2 sisi, yaitu depan dan belakang. Partisi dua sisi bisa menjadi elemen dekoratif di kedua ruangan yang dibatasi.

Partisi ruang tamu dengan model dua sisi ini biasanya dibuat dari bahan yang transparan atau material yang dirangkai sedemikian rupa sehingga fungsinya dapat dirasakan di kedua sisi. Berikut di bawah ini adalah ide partisi ruang tamu dengan gaya dua sisi:

a. Partisi Berbahan Kaca

Material berupa kaca transparan atau semi transparan bisa Anda jadikan pilihan partisi ruang tamu. Material kaca dapat memberikan kesan luas pada ruangan Anda.

Partisi Kaca Transparan Minimalis


Partisi kaca sliding Via Nusantarastore.com



Partisi Kaca Semi Transparan Minimalis via Casaindonesia.com


b. Partisi Berbahan Kayu

Partisi berbahan kayu akan membuat ruang tamu Anda terkesan lebih natural. Akan cocok untuk ruang tamu dengan nuansa natural atau Japanese interior design. Pemanfaatan kayu sebagai partisi ruangan bisa berupa karya seni ukiran atau rak buku.

Rak Buku Kayu Natural


Partisi kayu minimalis


Partisi Kayu Desain Etnik Untuk Ditaruh Tengah Ruangan

Rak Buku Kayu Minimalis via Dekoruma


Shoji Screen Panel


c. Partisi Berbahan Aluminium

Partisi berbahan aluminium juga bisa dijadikan pilihan penyekat ruang tamu Anda. Material aluminium ini biasanya dikolaborasikan dengan kaca atau cermin. Material aluminium mampu memberikan kesan minimalis dan modern pada ruang tamu.

Via pakdehfurniture.id


d. Partisi Berbahan Gypsum

Penggunaan material gypsum banyak dipilih karena kemudahan dalam pemasangannya. Gypsum juga dinilai lebih murah, efisien, dan waktu pengerjaannya yang tergolong cepat.

Partisi Gypsum Kombinasi Kayu

Partisi Ruang Tamu Gypsum Pada Sudut Ruangan


Partisi Ruang Tamu dan Ruang Kerja dari Gypsum


Teknik dan Estimasi Pemasangan Partisi Ruang Tamu

Untuk beberapa jenis partisi ruangan yang lebih fleksibel, pemasangannya tidak terlalu sulit. Seperti partisi rak buku atau screen panel bisa langsung Anda posisikan pada tempat yang diinginkan. Jenis partisi ini juga cukup ringan, sehingga mudah dipindah-pindah tempat. Berikut ini adalah tahapan dalam proses pembuatan partisi ruang tamu:

1. Pengukuran

Partisi dengan material yang lebih padat dan berat, misalnya kayu, aluminium dan gypsum, tentu membutuhkan keterampilan khusus. Persiapan awal yang biasa dilakukan adalah dengan mengukur ruangan yang akan dipasangi partisi, termasuk ukuran tinggi dan lebarnya.

Pengukuran ini sangat penting jadi pastikan kembali ukuran benar-benar sesuai kondisi aktual ruangan.

2. Persiapan Desain

Setelah pengukuran selesai, selanjutnya pastikan desain partisi sudah siap. Desain harus disesuaikan dengan ukuran riil ruangan Anda. Jangan sampai desain terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Pemotongan

Kemudian, lakukan pemotongan material partisi sesuai dengan desain dan ukuran yang telah ditentukan. Pastikan semua komponen telah benar dan sesuai dengan ukuran.

4. Perakitan

Setelah potongannya sudah terbentuk, lalu langkah selanjutnya yakni perakitan dan pemasangan partisi pada ruangan.

Beberapa material membutuhkan bahan penyambung khusus, untuk gypsum digunakan sekrup gypsum, sedangkan untuk baja ringan digunakan dynabolt (untuk menempelkan ke tembok).

5. Finishing

Pada tahap finishing, Anda bisa mengaplikasikan cat atau bahan pelapis lain. Pemasangan partisi gypsum biasanya dikerjakan oleh tukang yang sudah ahli. Beberapa layanan jasa desain interior menawarkan jasa pemasangan partisi gypsum ini.

Biaya Partisi Ruang Tamu dari Gypsum


Berbeda dengan material lainnya, gypsum memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Maka, alangkah lebih baik jika Anda menyewa jasa tukang atau tenaga ahli. Jika Anda masih awam, berikut adalah gambaran biaya yang diperlukan untuk pembuatan partisi ruang tamu dari bahan gypsum.


1. Gypsum 1 Sisi dengan 1 Rangka

    a. Jenis Gypsum : jayaboard (9 mm) 

        Jenis rangka :

        - Hollow 0,30 mm : Rp 85.000,00

        - Hollow 0,35 mm : Rp 95.000,00

        - Hollow 0,50 mm : Rp 115.000,00


    b. Jenis gypsum : Knauf/Aplus (9 mm)

        Jenis rangka :

        - Hollow 0,30 mm : Rp 80.000,00

        - Hollow 0,35 mm : Rp 90.000,00

        - Hollow 0,50 mm : Rp 110.000,00


2. Gypsum 2 Sisi dengan 1 Rangka

    a. Jenis gypsum : jayaboard (9 mm)

        Jenis rangka :

        - Hollow 0,30 mm : Rp 135.000,00

        - Hollow 0,35 mm : Rp 145.000,00

        - Hollow 0,50 mm : Rp 155.000,00


    b. Jenis gypsum : Knauf/Aplus

        Jenis rangka :

        - Hollow 0,30 mm : Rp 130.000,00

        - Hollow 0,35 mm : Rp 140.000,00

        - Hollow 0,50 mm : Rp 150.000,00


3. Rangka Metal Gypsum

    a. Jenis gypsum : jayaboard (9 mm)

        Jenis rangka

        - Baja ringan     : Rp 170.000,00

        - Metal stud         : Rp 160.000,00


    b. Jenis gypsum : Knauf/Aplus

        Jenis rangka :

        - Baja ringan     : Rp 160.000,00

        - Metal stud         : Rp 150.000,00


4. Gypsum 2 Sisi dengan 2 Rangka


    a. Jenis gypsum : jayaboard (9 mm)

        Jenis rangka :

        - Hollow 0,30 mm : Rp 175.000,00

        - Hollow 0,35 mm : Rp 195.000,00

        - Hollow 0,50 mm : Rp 230.000,00


    b. Jenis gypsum : Knauf/Aplus

        Jenis rangka            :

        - Hollow galvanis 0,30 mm: Rp 160.000,00

        - Hollow galvanis 0,35 mm: Rp 180.000,00

        - Hollow galvanis 0,50 mm: Rp 220.000,00


Saat ini sudah banyak tersedia jasa desain maupun pemasangan partisi ruang tamu yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Desainnya dapat Anda tentukan sendiri maupun menggunakan pilihan yang disediakan.

0 Response to "16 Ide Desain Partisi Ruang Tamu Dari Berbagai Bahan"

Post a Comment