Taman Minimalis di Dalam dan Luar Rumah

Suasana rumah yang itu-itu saja mungkin terkadang membuat Anda bosan dan suntuk. Pernahkah Anda berpikir untuk membangun taman minimalis sebagai tempat refreshing? Ide ini nyatanya sangat bagus untuk direalisasikan agar rumah lebih segar. Tak hanya itu, dengan adanya taman yang asri, pikiran dan badan Anda juga akan menjadi lebih fit.

Ada banyak sekali model atau bentuk taman yang dapat dibuat di rumah. Masing-masing model taman dibuat dan disesuaikan dengan lokasi penempatannya. Ingin tahu model taman minimalis apa saja yang dapat dijadikan sebagai penghias rumah? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Desain Taman Minimalis via Pinterest


Fungsi Taman Minimalis Untuk Kesehatanmu

Sebelum membahas model taman, Anda perlu mengetahui fungsi dari taman terlebih dahulu. Tak dapat dipungkiri lagi, adanya taman pasti menambah nilai estetika atau keindahan dari suatu rumah. Aneka bunga cantik akan menghiasi rumah sehingga menimbulkan kesan rapi dan teratur.

Fungsi utama dari taman adalah untuk menyerap udara kotor dan menghasilkan oksigen. Kehadiran aneka tanaman hijau di rumah Anda dapat menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Dengan begitu, lingkungan rumah Anda akan lebih sejuk dan segar.

Berkurangnya polusi udara juga dapat membuat rumah lebih sehat dan bersih. Selain kesehatan fisik, keberadaan taman juga mampu mempengaruhi psikologis atau mental seseorang. Pasalnya, taman dapat membantu menyegarkan pikiran dari aktivitas yang melelahkan.


Desain Taman Minimalis dalam Rumah


Taman minimalis yang dibangun dalam rumah akan menambah kesan asri dan sejuk bagi para penghuninya. Di era modern ini, ada banyak sekali desain taman dalam rumah yang bagus dan minimalis. Sebagai referensi, Anda dapat melihat contoh desainnya dalam daftar dibawah ini:


1. Taman Kaca

Pertama, ada taman minimalis dalam rumah yang terbuat dari kaca. Desain taman yang satu ini akan memberikan kesan modern dan elegan. Selain itu, Anda hanya membutuhkan sedikit lahan untuk membangun taman model ini.

Di dalam taman kaca, Anda dapat meletakkan aneka tanaman hijau dalam pot yang berukuran kecil hingga sedang. Contoh desain taman kaca minimalis dapat dilihat pada link berikut: 

Taman dalam Rumah dilengkapi dengan Kaca Via Pinterest


2. Taman Kering

Agar bekerja di rumah tidak membosankan, Anda dapat membuat taman kering minimalis di ruang kerja.

Dengan melihat tanaman yang asri, motivasi dan produktivitas kerja akan meningkat dengan baik. Contoh desain taman kering dapat dilihat pada gambar ini: 

Ide Taman Kering di Ruang Kerja


3. Taman dari Ranting Gantung Raksasa

Selanjutnya, ada desain taman dalam rumah berbentuk ranting gantung yang besar. Desain taman ini dapat direalisasikan dengan menggunakan konsep vertikal dari dinding rumah. Fokus utama dari taman ini adalah ranting raksasa yang membuat kesan natural.

Dalam membuat taman ini, kreativitas Anda sangat dibutuhkan. Anda dapat menggantung aneka tanaman hias, pot-pot, tanaman mini, hingga terarium secara artistik.

Meskipun proses pembuatannya cukup sulit, tapi hasil akhirnya akan sangat memuaskan. Sebagai contoh, Anda dapat melihat gambar berikut:

Taman Gantung dari Ranting


4. Taman Pasir

Terakhir, Anda dapat membuat taman pasir. Berbeda dari taman lainnya, taman minimalis yang satu ini menggunakan pasir, bebatuan, kerikil, dan rumput sintetis sebagai media utamanya. Desain taman ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau repot mengurus perawatan taman. 

Baca juga: Ukuran Rumput Sintetis dan Rekomendasi Pemasangannya

Selain itu, taman ini juga dapat dibangun pada lahan yang sempit. Sebagai referensi, Anda dapat melihat contoh gambar pada link berikut ini: 

Taman Pasir di Samping Rumah



Desain Taman untuk Depan, Belakang, dan Samping Rumah


Selain taman dalam rumah, Anda juga dapat membuat taman minimalis di luar rumah. Perlu diketahui, desain taman untuk depan, belakang, dan samping rumah juga berbeda-beda tergantung lokasi penempatannya. Ingin tahu desain taman apa yang cocok di masing-masing lokasi? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Desain Taman Minimalis Depan Rumah

Jika Anda berniat untuk membangun taman di depan rumah, maka Anda harus memikirkan konsep yang menarik. Pasalnya, setiap tamu yang berkunjung ke rumah akan melihat taman Anda. Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan desain di bawah ini:

Taman Minimalis Depan Rumah


a. Taman dengan Jalan Setapak

Desain taman ini didominasi oleh rumput dan bebatuan sebagai jalan setapak dari pintu ke pagar rumah. Contoh gambarnya adalah sebagai berikut:  

Taman Minimalis Depan Rumah Dilengkapi Jalan Setapak


b. Taman Kering Sukulen

Desain taman yang satu ini didominasi oleh tumbuhan sukulen yang mirip kaktus dan bebatuan. Kesan alami tetap terasa pada desain seperti ini. Sebagai referensi, simak contoh gambar ini: 

Taman Minimalis Sukulen di Depan Rumah

2. Desain Taman Minimalis Belakang Rumah

Taman di belakang rumah umumnya dibangun untuk mendapatkan suasana yang lebih privat dan tenang. Ada banyak sekali desain taman belakang yang dapat diaplikasikan. Salah satu tanaman yang paling populer untuk di tanam pada taman belakang rumah adalah tanaman pisang-pisangan.

Pada desain taman ini, pohon pisang kipas menjadi fokus utamanya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kolam ikan minimalis, sehingga ketika Anda membuka pintu belakang rumah akan disambut dengan gemerciknya suara air dan ikan di kolam tersebut. Tambahkan area duduk yang terbuat dari bahan kayu agar taman semakin nyaman untuk bersantai. Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut: 


Taman Minimalis Belakang Rumah Lengkap dengan Kolam Ikan


3. Desain Taman Minimalis Samping Rumah

Selain di depan atau belakang rumah, Anda juga dapat membangun taman minimalis di samping rumah. Salah satu contoh desain taman samping rumah adalah gaya Mediterania. Tambahkan lampu taman sehingga akan menambah sahdunya suasana di malam hari ketika Anda dan keluarga duduk-duduk di samping taman.

Dengan menggunakan konsep ini, Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berada di villa. Pasti seru sekali, terlebih saat berkumpul bersama keluarga besar atau para sahabat. Sebagai contoh, Anda dapat melihat gambar dibawah ini:


Ide Taman Minimalis Samping Rumah


Pada dasarnya, desain taman minimalis dapat dikreasikan dengan bebas sesuai selera Anda. Jika Anda bingung atau kesulitan mencari desain, mungkin salah satu desain di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk project renovasi taman rumah Anda.

0 Response to "Taman Minimalis di Dalam dan Luar Rumah"

Post a Comment