√ 11 Inspirasi Model Pintu Geser Ala Jepang

Rumah adat jepang identik dengan pintu gesernya. Pintu Geser Jepang tersebut dikenal dengan nama Shōji (障子). Shōji terbuat dari rangka atau frame kayu dengan bagian tengahnya dilengkapi dengan PVC laminated shoji paper atau kertas bercampur serat sintetis. Di Jepang dikenal dengan sebutan washi.

Tidak hanya sebagai elemen yang indah untuk rumah, pintu geser ala Jepang ini cukup membantu ruangan yang kecil karena tidak makan tempat. Model pintu ini juga memiliki makna budaya yang kaya, yang langsung menggambarkan khas negeri sakura.


Keunggulan Model Pintu Geser Jepang

Adapun kelebihan model pintu geser Jepang adalah:

  • Menghemat ruang di ukuran rumah yang kecil;
  • Menciptakan ruangan open space; dan
  • Memberikan akses cahaya alami ke ruangan dalam jumlah besar ketika pintu dibuka.


11 Inspirasi Model Pintu Geser Ala Jepang


Pintu geser atau sliding door mampu memberikan tampilan hunian yang cantik. Bahkan, jika dirancang dengan tepat dengan penempatan lokasi pintu yang pas, rumah dengan Pintu Geser Jepang ini akan menjadi tempat yang nyaman untuk kamu dan keluarga. Berikut ini contoh-contohnya.



1. Pintu Geser Bambu ala Jepang




Jika mendengar namanya, mungkin kamu berpikir jika pintu geser bambu ala Jepang ini memiliki model yang klasik. Padahal tidak! Saat ini telah banyak model pintu geser minimalis dari bambu yang dikemas dengan tampilan modern dan indah. 


2. Pintu Geser Aluminium



Awal mula desain Pintu Geser Jepang diciptakan dari bingkai kayu atau bambu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bahan aluminium juga diaplikasikan sebagai kusen pintu geser. Kelebihan dari kusen pintu geser yang terbuat dari aluminium tentunya adalah kuat, anti keropos, dan juga tidak makan rayap.

Di atas adalah gambar desain pintu geser yang diaplikasikan pada restoran khas Jepang. Dengan pintu ini, ruangan nampak minimalis dan modern.


3. Pintu Geser Jepang dengan Frame Lengkung



Di atas adalah contoh foto Pintu Geser Jepang yang memiliki desain melengkung di atasnya. Nampak bagian daun pintunya terlihat modern dengan pilihan warna putih dan abu-abu. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat pintu geser ala Jepang seperti ini pada salah satu ruangan di rumahmu?


4. Pintu Geser Jepang Kaca Buram


Pintu geser ala Jepang ini juga terlihat berbeda dengan yang ada pada umumnya. Pintu geser ini terbuat dari kayu dan pada bagian tengahnya terbuat dari kaca buram. Model pintu ini cukup simple dan cocok untuk diaplikasikan sebagai pemisah ruangan antara ruang keluarga dengan ruang tamu, atau sebagai pintu teras belakang.

Selain itu, dengan kaca buramnya, model pintu geser Jepang ini juga cocok untuk digunakan pada area kamar mandi.


5. Pintu Geser Jepang Kaca Transparan




Berbeda dengan pintu geser sebelumnya, pintu ini menggunakan kaca transparan. Karena yang digunakan adalah kaca, pintu geser ini terbuat dari lis besi. Nah besi ini sebaiknya dicat dengan menggunakan warna-warna netral seperti hitam.


6. Pintu Geser Jepang dengan Motif Gambar Naga



Naga tidak hanya dikenal di negara Tiongkok. Di Jepang juga dikenal mitology naga yang saat ini banyak kita jumpai menjadi hiasan pada benda-benda yang mungkin bisa dihias seperti dinding ataupun pintu seperti desain di atas.


7. Pintu Geser ala Jepang Motif Bunga



Pintu geser alas Jepang berikutnya memiliki motif bunga. Panel kotak-kotak simetris dihiasi dengan gambar-gambar bunga pada 1/3 bagian daun pintu. Dengan material kertas sintetisnya, pintu ini lebih ringan saat didorong. Selain itu, lebih elastis saat terkena guncangan.

8. Model Lingkaran Gaya Tradisional China





Model pintu berbentuk lingkaran banyak kita jumpai di rumah-rumah tradisional khas China. Pintu rumah ini tidak salahnya jika ingin diaplikasikan pada pintu geser khas Jepang. Sebagai adaptasi dari Moongate yang ada sejak ratusan tahun silam di China, pintu ini melambangkan kesempurnaan. 

Pintu berbentuk lingkaran tersebut bisa dibuat dari bermacam-macam bahan, seperti bahan kayu, dinding tembok batu bata, beton, ataupun baja ringan. 


9. Pintu Geser Jepang dengan Double Sliding




Model pintu geser Jepang selanjutnya adalah dua pintu daun geser (double sliding door). Desain pintu ini dibuat dengan konsep sliding arah berlawanan. Jadi, ketika butuh dibuka lebar-lebar, kamu harus menggerakan daun pintunya ke arah yang berlawanan. Namun, ketika tertutup mungkin tidak sedikit yang mengira kalau pintu ini sama dengan pintu-pintu dorong pada umumnya.

10. Pintu Geser Kamar Mandi Ala Jepang




Pintu geser bisa diaplikasikan pada kamar mandi seperti yang ditunjukan pada gambar di atas. Dengan menggunakan pintu geser Jepang dapat memudahkan kamu ketika ingin keluar masuk kamar mandi. 

Model pintu ini sangat cocok digunakan untuk ukuran kamar mandi yang kecil karena desainnya yang tidak makan tempat.

11. Pintu Geser Jepang dengan Pemandangan Danau Buatan




Gunakan pintu geser ini pada ruangan yang terhubung dengan pemandangan luar yang asri. Pilihan pintu geser Jepang ini sangat cocok apabila diaplikasikan pada ruangan samping taman atau danau. Dengan begitu, kamu dan anggota keluarga lainnya bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan taman dan danau. Dijamin kamu akan merasakan kepuasan saat menikmati pemandangan yang indah sambil merasakan semilirnya angin sepoi-sepoi.


Itulah sebelas model pintu geser ala Jepang yang paling umum digunakan pada hunian. Selain memiliki tampilan yang indah, pintu geser ini juga bisa menjadi solusi tepat bagimu yang memiliki hunian yang tidak terlalu luas. Jangan lupa sesuaikan juga model pintu geser ini dengan tipe interior rumahmu.

0 Response to "√ 11 Inspirasi Model Pintu Geser Ala Jepang"

Post a Comment