11 Jendela Ruang Makan yang Patut Dijadikan Inspirasi

Mungkin ruang makan tanpa jendela tidak perlu inspirasi yang banyak. Namun, jika ruang makan didesain untuk dipasangi jendela maka akan membutuhkan model jendela yang pas agar tampilannya mendukung ketika penghuni atau tamu menggunakan area ruangan tersebut.

Sebagai ruangan "quality time" keluarga, ruang makan memang seharusnya didesain senyaman mungkin. Tak terkecuali, untuk pemilihan model jendelanya. 




11 Ide Inspirasi Jendela Ruang Makan


Dengan penataan serta pemilihan model jendela yang tepat, ruang makan akan terlihat semakin hangat, Nah, jika Anda sedang mendesain interior ruang maka berikut dengan jendelanya, berikut ini adalah ragam inspirasi jendela ruang makan kecil sampai dengan bukaan jendela dengan ukuran yang besar. 


1. Jendela Ruang Makan dengan Memaksimalkan Pencahayaan Alami




Ruang makan perlu didesain semenarik mungkin agar kegiatan makan bersama dengan keluarga terasa sangat menyenangkan. Untuk menciptakan ruang makan yang nyaman, pemilihan furniture berupa kursi, meja makan, dan bagian jendela tidak bisa sembarangan. 

Bukaan jendela yang bisa membuat pencahayaan alami masuk dengan maksimal bisa menjadi pilihan. Seperti yang tampak pada gambar desain ruang makan di atas. Anda juga bisa menggunakan meja dan kursi makan dari kayu dengan desain yang simpel dan memanjang.

Lengkapi penampilan ruang makan tersebut dengan ornamen lampu berwarna keemasan yang dapat digunakan ketika makan malam.

2. Jendela Ruang Makan dengan Meja Marmer





Selanjutnya model jendala ruang makan yang bisa dipilih adalah desain minimalis. Desain jendela ini dapat memberikan ruang makan akan terlihat elegan dan nyaman, namun tidak berlebihan. Anda pun tidak perlu mendekorasi dinding dan lantai ruang amakan dengan berbagai aksesoris dan ornamen yang rumit.

Anda cukup menambahkan meja makan yang terbuat dari marmer untuk menampilkan kesan elegan. Kuncinya, gunakan meja marmer dengan desain sederhana seperti bentuknya bundar. Selain itu, Anda tidak harus mengkombinasikannya dengan kursi marmer, melainkan bisa dengan menggunakan kursi kayu yang dicat berwarna hitam. Warna monokrom hitam putih pada kombinasi furniture ini akan memberikan nuansa yang nyaman saat Anda duduk sambil menyantap makanan.


3. Jendela Ruang Makan Bohemian




Gaya desain Bohemian dapat dijadikan salah satu alternatif pembentuk estetika ruang makan. Pemilihan  aksesoris gorden dan juga lampu dengan desain Boho membuat ruang makan ini seperti dekat dengan alam.

Salah satu untuk mendesain ruang makan dengan konsep Boho adalah dengan memilih meja/kursi makan dari kayu. Kursi makan ini nampak indah dengan kreasi anyaman pada bagian dudukannya.

Tambahkan juga pas bunga di atas meja makan yang satu ini. Kehadirannya memberikan suasana hijau dan kesan alami ke dalam ruang makan. Selain itu, Anda ruang makan akan memiliki suasana yang lebih segar dan lebih sehat dengan hadirnya tanaman hijau di atas meja makan.


4. Jendela Ruang Makan Modern


Ruang makan modern berpadu dengan dua lampu chandelier bermotif dedaunan sangat cocok jika dipadupadankan dengan jendela kaca. Jangan lupa untuk menambahkan cermin berbentuk bulat yang dihiasi dengan frame keemasan.

Lantai ruang makan dengan keramik granit ini semakin membuat Anda merasakan suasana makan di hotel berbintang lima nan mewah dan megah. Tambah mengesankan ketika area ruang makan ini didokrasi dengan patung-patung arsitektur.

5. Jendela Ruang Makan Skandinavia




Jika pandai dalam mengatur pencahayaan dari sebuah ruangan, kesan yang didapatkan akan lebih baik.

Salah satunya, pencahayaan gantung. Cara ini akan membuat ruang makan lebih fokus disamping berfungsi sebagai penerangan. Repetisi aspek pencahayaan akan membentuk irama yang secara visual dapat menjadikan ruang makan lebih menarik.


6. Jendela Ruang Makan Dan Dapur yang Saling Terhubung




Selain lebih praktis, ruang makan dengan dapur yang saling terhubung ini memberikan ruang semi-service yang membuat kegiatan masak memasak sekaligus makan bisa terjadi secara berkesinambungan. Khususnya, ini sangat bermanfaat ketika sarapan pagi dan hendak buru-buru berangkat kerja atau sekolah. Dengan ruangan yang menjadi satu ini, akan membuat aktivitas mejadi lebih efektif dan efisien.

Jangan lupa untuk menambahkan jendela. Sifatnya wajiba ya, karena ruangan ini cukup sempit sehingga membutuhkan bukaan yang membuat sirkulasi udara lancar dengan pencahayaan alami yang maksimal.

Baca juga: Ide Integrasi Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Tinggal Pilih!


7. Ruang Makan dengan Bukaan Jendela Lebar




Banyaknya cahaya yang masuk dapat membuat kegiatan menyantap makan di ruang makan menjadi lebih nyaman dan lapang. Misalnya dengan menambah bukaan jendela dengan ukuran yang lebar. Jendela ruang makan dengan bentuk seperti gambar di atas membuat Anda bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan luar. Menarik, bukan?


8. Jendela Ruang Makan dengan Tambahan Dinding Wallpaper






Jendela yang dekoratif tidak cukup untuk bisa menampilkan ruang makan yang menarik. Kadang dibutuhkan pemasangan wallpaper pada dinding ruang makan. Penambahan wallpaper ini bisa menjadi focal point yang elegan dan mewah bagi ruang makan. 

Pasanglah wallpaper dengan pola dan warna yang sesuai dengan furniture ruang makan. Jangan lupa, untuk menyesuikannya dengan jendela ruang makan agar tampilan dinding dan jendela telihat harmonis.

Sebagai contoh, wallpaper nuansa biru langit di atas mampu memberikan kesan menenangkan, ceria, lapang dan cerah.

Anda juga dapat menambahkan panel kayu pada bagian plafon. Sama seperti wallpaper dan jendela ruang makan, panel kayu pada plafon ini akan memberikan kesan ruang makan mewah dengan cara sederhana.



9. Jendela Ruang Makan Futuristik




Tidak hanya ruang kerja yang bisa didesain futuristik, namun ruang makan pun juga bisa. Anda dapat menambahkan lampu gantung dengan desain tiga dimensi. Selain itu, Anda juga perlu  menambahkan karpet di bawah meja makan. Penambahan karpet ini akan membuat tampilan ruang makan lebih segar dan kekinian. 

Sementara itu, bagian jendela ruang makan ini bisa menjadi komplemen bagi furniture meja dan kursi makan. Desain jendela dengan bagian atasnya yang melengkung memberikan kesan visual ruang makan futuristik makin bagus.


10. Jendela Ruang Makan dengan Meja Makan dan Tanaman Hias dalam Vas Air




Jendela ruang makan berikutnya adalah model jendela kaca dengan bingkai uPVC. Tambahkan gorden blackout yang cukup efektif untuk menghalangi cahaya matahari yang masuk. Selain itu, gorden yang dipajang ini juga mampu memberikan suasana ruang makan yang intim. 

Untuk memberikan kesan elegan, Anda dapat menambahkan tanaman hias dalam vas air yang diletakkan di atas meja makan. 


11. Ruang Makan dan Ruang Keluarga




Desain ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga juga kerap kali diaplikasikan untuk rumah yang homey. Kesan rumah homey ini diidentikan dengan ruang makan dan ruang keluarga yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk tempat berkumpul dan menyatukan anggota keluarga. 

Dengan konsep ruang makan seperti ini, maka jendela yang sebaiknya dipilih adalah jendela dengan bukaan yang lebar. Baik untuk ruang makan maupun ruang keluarga, sebaiknya dipasangi jendela masing-masaing. 

Nah, itulah beberapa contoh desain jendela ruang makan yang simpel sampai dengan yang mewah. Pilihlah jendela ruang makan yang sesuai dengan keserasian warna ruangan lainnya secara keseluruhan.  Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua ya.

0 Response to "11 Jendela Ruang Makan yang Patut Dijadikan Inspirasi"

Post a Comment