Percantik Rumah dengan 12 Jenis Kain Gorden: Berikut Ini Harganya!

Memilih jenis kain gorden yang tepat untuk melengkapi interior rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting. Karena fungsinya bukan hanya sekedar menutup jendela saja tetapi juga bisa mempercantik ruangan. Oleh karena ini Anda perlu mengetahui jenis kain gorden dan harganya.

Gorden sendiri biasanya terdapat di beberapa bagian rumah seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga atau ruangan lainnya yang memiliki jendela. Agar terlihat selaras, maka Anda perlu menyesuaikan warna dan jenis gorden dengan furnitur dan interior rumah.



Jenis Kain Gorden dan Harganya di Indonesia


Dibanding vertical blinds yang warnanya terbatas, gorden kain memiliki lebih banyak jenis dan warna. Selain itu, kain gorden juga bisa dikreasikan, dikombinasikan.

Sebelum Anda membeli gorden untuk keperluan rumah, ada baiknya mengenal apa saja jenis kain gorden sehingga bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis kain gorden dan harganya yang bisa dijadikan referensi:

Baca juga: Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Biru



1. Kain Gorden Katun


Harga Rp50.000 – Rp75.000 per meter

Kain katun merupakan salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk keperluan gorden di rumah. Kain katun sendiri sangat cocok untuk rumah dengan gaya modern maupun klasik karena tampilannya yang cukup fleksibel.

Jenis kain ini memiliki karakteristik yang cenderung ringan dan semi transparan. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan lapisan gorden kedua agar sinar matahari tidak masuk ke dalam rumah.


2. Kain Gorden Linen



Harga Rp140.000 per meter

Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya, linen terlihat lebih wavy dan mengembang. Kain ini terbuat dari komposisi serat alami dan memiliki karakteristik bahan yang cenderung ringan sehingga bisa jatuh ke lantai. Jenis kain ini sangat cocok untuk hunian bergaya minimalis.


3. Kain Gorden Satin 


Harga Rp19.500 per meter

Jenis kain ini memiliki karakteristik bahan yang halus dengan tampilan yang mengkilap sehingga mampu memberikan kesan mewah. Motif dan pilihan warnanya pun sangat beragam, dengan begitu maka Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan konsep rumah Anda.


4. Kain Gorden Renda atau Lace




Harga Rp105.000 (L100 cm x T265 cm)

Jenis kain ini terlihat indah dan biasanya digunakan sebagai gorden vitrase pada kamar tidur maupun ruang tamu. Karakter kainnya memang cenderung tipis dan menerawang sehingga sering dimanfaatkan sebagai pelapis gorden dan ditambahkan dengan lapisan kain lainnya.

Kesan romantis dan feminin pada kain ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak digunakan sebagai gorden sekaligus untuk mempercantik interior rumah. Hanya saja, jenis kain ini cukup rentan mengalami sobek sehingga Anda perlu berhati-hati dalam perawatannya.


5. Kain Gorden Blackout


Harga Rp70.500 (L100 cm x T145 cm) – Rp989.000 (L500 cm x T260 cm)

Jenis kain ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Karena karakter kainnya cenderung tebal namun tetap lembut dan halus. Selain itu, jenis kain blackout juga mudah dibersihkan.

Kain blackout bukan hanya efektif menghalangi cahaya matahari yang masuk ke ruangan saja tetapi juga mampu meredam suara bising dari luar. Bahkan kemampuan meredam suaranya mencapai 40% hingga 90%.

Anda bisa membeli kain ini di toko offline maupun online dengan harga yang cukup bervariasi sesuai dengan kualitas dan ukurannya. Untuk warnanya sendiri sangat beragam sehingga bisa dipilih sesuai selera dan interior rumah Anda.  


6. Kain Gorden Semi Blackout




Harga Rp70.000 per meter

Jenis kain ini bisa dijadikan pilihan yang menarik karena mampu menghalangi cahaya matahari yang masuk hingga 80%. Sama seperti kain blackout, jenis kain semi blackout juga tersedia dalam pilihan motif yang beragam. Untuk kesan simpel, Anda bisa memilih yang polos.


7. Kain Gorden Sutra




Harga Rp88.000 per 0,5 meter

Kain sutra memiliki karakteristik yang halus dengan tekstur yang sangat lembut. Jenis kain ini sangat cocok untuk melengkapi interior di kamar tidur utama karena mampu memberikan kesan yang lebih elegan.

Harga jenis kain sutra murni sangat mahal sehingga Anda bisa menggunakan jenis sutra sintetis sebagai alternatif yang tidak kalah menarik. Anda bisa memilih warna yang diinginkan sesuai selera. Meski begitu, warnanya tetap harus disesuaikan dengan interior di rumah Anda.


8. Kain Gorden Dimout




Harga Rp150.000 per meter

Kesan mewah dan elegan begitu terasa ketika Anda menggunakan jenis kain gorden dimout untuk melengkapi interior rumah. Jenis kain ini biasanya digunakan pada gorden roller blinds sehingga bisa digulung ke atas.

Karakter kainnya juga lumayan tebal dan cukup efektif untuk menghalangi cahaya matahari yang masuk. Dengan karakteristik tersebut, kain dimout bisa menjadi alternatif gorden yang tepat selain kain blackout dan semi blackout.


9. Kain Gorden Belacu




Harga Rp38.000 (L60 cm x T200cm)

Jenis kain ini memiliki karakteristik yang cukup unik dan sangat cocok untuk hunian bergaya klasik. Kesan etnik pada kain ini memang sangat menonjol, terutama dengan tekstur bahannya yang tidak mengkilap serta warna putih pucatnya yang terkesan natural.


10. Kain Gorden Chenille




Harga Rp130.000 (L100 cm x T145 cm)

Kain chenille memiliki karakteristik bahan yang padat dengan tekstur cukup kuat dan tidak mudah sobek. Tekstur kainnya juga terasa lembut dan halus sehingga akan membuat interior di rumah Anda semakin cantik dan nyaman.


11. Kain Gorden Brokat




Harga Rp55.000 (L90cm x T150 cm)

Kain brokat memiiki motif yang unik dan artistik sehingga sangat menarik untuk dijadikan gorden pada jendela sekaligus mempercantik ruangan. Karakteristik dari jenis bahan ini cenderung ringan. Namun sayangnya kain brokrat mudah kotor dan sulit untuk dibersihkan.

 


12. Kain Gorden Polyester


Harga Rp21.000 (L100 cm x T50 cm)

Jenis kain polyester banyak dipilih sebagai gorden karena harganya relatif murah. Meski begitu teksturnya lebih tebal dari kain satin, sementara motif yang tersedia juga sangat klasik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain murah, jenis kain ini memiliki karakter yang tidak mudah kusut dan mudah dalam perawatannya. Untuk melengkapi interior rumah, Anda bisa memasang gorden berbahan kain polyester di ruang tamu maupun kamar tidur.

Perlu diingat bahwa jenis kain ini materialnya mudah terbakar sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai gorden di area dapur. 


Dengan mengetahui apa saja jenis kain gorden dan harganya di atas, maka Anda bisa lebih mudah dalam memilih gorden sesuai kebutuhan dan budget. Dari 12 jenis kain gorden di atas, manakah yang Anda pilih untuk melengkapi interior di rumah? Kain blackout yang elegan atau katun yang minimalis?

0 Response to "Percantik Rumah dengan 12 Jenis Kain Gorden: Berikut Ini Harganya!"

Post a Comment