10 Ide Dapur Industrial Minimalis Modern dan Biaya Renovasinya

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting terutama bagi orang suka memasak. Dapur industrial tentunya bisa menjadi salah satu pilihan desain dapur kekinian yang pastinya akan membuat dapur menjadi lebih menarik dan nyaman.

Seperti apa ide desain dapur dengan gaya industrial ala kafe modern? Berapa besar biaya pembuatan dapur dengan desain seperti itu? Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail tentang mengenai ide desain dan biaya model dapur industrial dengan membaca artikel ini.





Deskripsi tentang Dapur industrial


Apa yang dimaksud dengan desain industrial? Desain industrial merupakan gaya desain yang dapat digunakan untuk menunjukkan kesan modern dan unik. Karakteristik desain industrial terdapat pada penggunaan warna yang cenderung monokrom, warna bumi seperti cokelat kayu.

Gaya desain industrial umumnya digunakan untuk desain bangunan-bangunan café, kantor modern, restoran, dan berbagai bangunan lainnya. Namun, kini sudah banyak orang yang menggunakan desain industrial pada rumah hunian mereka.

Bagian dapur rumah juga bisa dibangun dengan desain industrial. Ya, dapur industrial adalah daerah dapur yang dibangun menggunakan karakteristik gaya desain industrial agar menimbulkan kesan kekinian dan modern.

Dapur dengan gaya industrial cenderung memiliki warna-warna monokrom/gelap. Selain itu, gaya industrial pada dapur juga memiliki karakteristik menggunakan material dan elemen kasar, sehingga dapat menimbulkan kesan unfinished.

Elemen yang dapat digunakan pada desain dapur yang satu ini adalah logam, bata ekspos, beton, dan berbagai peralatan stainless. Layout dapur dapat dibuat dengan desain layout L, U, T, Single Wall, Peninsula, dan lain sebagainya. 

Dapur dengan gaya industrial juga harus tetap memperhatikan perpaduan atau harmonisasi antara nilai estetika (keindahan) dan usability (kemudahan dalam menggunakan barang-barang). 


Ide Desain Dapur Industrial


Apakah Anda sedang mencari inspirasi ide desain untuk membuat dapur dengan konsep gaya industrial? Berikut ini beberapa inspirasi ide desain yang dapat digunakan pada dapur industrial minimalis, yaitu:

1. Desain Dapur Industrial dengan Batu Bata Ekspos



Dinding dapur konsep industrial dapat dibuat menarik dengan menggunakan batu bata ekspos seperti ide desain yang satu ini. Kombinasi warna bata merah pada dinding dapur menciptakan kesan sederhana tetapi tetap modern kekinian.

Anda bisa memadukannya dengan menggunakan meja dapur berwarna putih dan abu-abu. Meja dapur yang dipilih dapat menggunakan bahan berupa meja keramik.

Gambar: 


2. Desain Industrial Dapur Dinding Unfinished



Dapur industrial modern juga dapat didesain dengan bagian dinding unfinished. Selain bagian dinding, bagian plafon juga dapat dirancang menggunakan gaya unfinished. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan harmonisasi atau kesatuan desain.

Anda dapat menambahkan kitchen set menggunakan bahan kayu agar desain dapur ini memiliki kesan atau suasana lebih hangat. Selain itu, furniture dari kayu juga akan membuat tampilan dapur lebih cantik dan menarik.

:


3. Desain Industrial Meja Dapur Cor Unfinished




Dapur dengan desain industrial dapat dibuat dengan menambahkan meja dapur cor berwarna ab-abu. Desain seperti ini dapat menonjolkan kesan unfinished khas dapur ala café kekinian. Anda bisa menghadirkan nuansa elemen kayu untuk memberikan perpaduan yang menarik.

Elemen kayu dapat digunakan pada rak dapur, kabinet, dan bagian-bagian dapur lainnya.


4. Desain Dapur Industrial dengan Tanaman Hias




Dapur dengan konsep gaya industrial juga bisa tampak lebih cantik dengan menambahkan tanaman-tanaman hias di sudut dapur. Tanaman hias seperti ini juga bisa menambah kesan asri dan segar di dapur.

Anda juga bisa menggunakan material dengan permukaan glossy warna hitam untuk meja dapur. Perpaduan dengan ubin tegel motif klasik warna pudar juga bisa menjadi kombinasi yang bagus.


5. Desain Dapur Industrial Berbahan Kayu



Anda dapat menggunakan properti atau furniture meja dan kursi dari kayu untuk bagian dapur. Kerangka furnitur kayu dapat dikombinasikan dengan besi agar menciptakan perpaduan warna hitam dan cokelat kayu yang menarik.

Tambahkan lampu dapur yang menggantung panjang agar kesan gaya industrial lebih menonjol.


6. Desain Dapur Industrial Minimalis ala Café



Dapur dengan konsep desain industrial dapat dibuat seperti café atau bar. Ciri khasnya terletak pada penggunaan kursi tinggi. Selain itu, desain seperti ini cocok dipadukan dengan lampu gantung. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan dinding bata ekspos warna putih.

7. Desain Dapur Industrial Hitam Pink




Ide desain dapur industrial yang satu ini cukup berbeda karena mengkombinasikan warna hitam dan pink atau merah muda. Namun, hasilnya tetap terlihat menarik karena sentuhan warna pink dapat menambah kesan lucu dan menggemaskan.


8. Desain Dapur Industrial Warna Cokelat Pada Kitchen Set



Desain industrial memang memiliki karakteristik penggunaan warna bumi seperti warna cokelat kayu. Penggunaan material kayu dapat berupa kitchen set maupun meja dan kursi kayu. Furnitur kayu tersebut hanya perlu dilapisi pernis saja dan tidak perlu dicat.

Ketika ruangan dapur luas, Anda bisa meletakkan meja kayu di bagian tengah dapur. Namun, jika dapur tidak terlalu luas, meja kayu dapat diletakkan dengan model layout L.


9. Desain Dapur Industrial Luas



Perpaduan warna desain dapur yang satu ini menimbulkan kesan terang dan hangat. Kombinasi warna putih, abu-abu, dan coklat kayu memang sangat cocok serta serasi. Keramik dinding warna putih juga tampil dengan menarik.

Pemilihan rak piring dan perlatan dapur lainnya disusun berjajar dan jendela kaca yang langsung menampakkan area outdoor memberikan kesan dapur yang luas.


10. Desain Dapur Ala Pabrik dengan Pipa Ekspos



Inspirasi desain yang satu ini juga patut untuk dicoba untuk menciptakan kesan unik dan berbeda. Karakteristik utama dari desain dapur yang satu ini adalah penggunaan ekspos pipa kabel lampu pada bagian plafon dan dinding dapur.

Selain itu, meja island yang berwarna putih pada permukaannya dan hitam pada kaki-kai meja juga menambah kesan industrial pada desain dapur yang satu ini. Penggunaan rak kayu pada dinding juga merupakan desain yang menarik.


Biaya Pembuatan Dapur Industrial


Biaya pembuatan dapur dengan konsep industrial pastinya menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk mengatur anggaran atau budget pembangunan rumah.

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun dapur gaya industrial tergantung beberapa faktor. Misalnya, luas dapur, desain dapur, jasa desain interior, jenis perabotan dapur yang akan digunakan, biaya vendor atau jasa tukang bangunan, dan lain sebagainya.

Rata-rata biaya pengerjaan atau pembuatan dapur dengan konsep industrial modern adalah tujuh jutaan hingga puluhan juta rupiah dengan rincian seperti pada ulasan berikut. Biaya paling besar terdapat pada pembelian kitchen set yang diletakkan pada area dapur.

  • Tukang Bangunan : Rp.150,000/orang x 2 x 7 hari = Rp2.100.000.
  • Kitchen set : Rp2.500.000
  • Cat : Rp500.000.
  • Keramik Dinding : Rp350.000.
  • Kawat : Rp30.000.
  • Pelapis Meja : Rp100.000.
  • Besi 8 : Rp.50.000 x 2 = Rp100.000.
  • Pasir : Rp.300.000.
  • Semen : Rp.60.000/sak x 2 = Rp120.000.
  • Batu Bata : Rp1.500 x 100 = Rp150.000.
  • Bata Tempel : Rp150,000/dus x 2 = Rp.300.000.
  • Nat Khusus Hitam : Rp.30.000.
  • Bak Cuci (Wastafel) : Rp500.000.
  • Pipa kabel: Rp30.000

Biaya minimal yang dibutuhkan untuk membuat dapur industrial adalah Rp7.110.000

Dapur industrial merupakan salah satu pilihan desain dapur modern yang cocok untuk membuat tampilan dapur lebih kekinian ala cafe instagramable. Inspirasi desain dapur dengan gaya industrial pun sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan gaya rumah atau keinginan Anda.

0 Response to "10 Ide Dapur Industrial Minimalis Modern dan Biaya Renovasinya"

Post a Comment