Pengertian AC Split, Kelebihan dan Kekurangan, Komponen, Cara Kerja, dan Harga

Memiliki AC split adalah impian bagi banyak orang. Alasannya yakni AC split dapat memberikan udara yang dingin dan sejuk, sehingga beraktivitas pun menjadi lebih nyaman. 

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC Split. Nah, kita mulai dari pengertian terlebih dahulu, ya.




Apa itu AC Split?


AC split adalah perangkat elektronik yang memiliki fungsi mengatur kondisi suhu atau temperatur di ruangan, supaya suhu atau temperaturnya menjadi lebih rendah atau dingin daripada suhu pada lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, AC split juga menjadi incaran bagi banyak orang karena bentuknya yang praktis dan teknologi yang ditawarkan cocok untuk rumah.

Secara garis besar, AC split dibagi menjadi 2 (dua) bagian utama, yakni unit pembuang panas yang terletak di luar ruangan dan unit pendingin yang terletak di dalam ruangan. Untuk jenisnya, terdapat 3 (tiga) macam AC split, yaitu AC biasa, AC inverter, dan AC low watt.

Sama seperti AC pada umumnya, AC split baru akan bekerja maksimal jika kondisi ruangan dalam keadaan rapat dan tidak ada lubang ventilasi atau jendela yang terbuka. Apabila terdapat jendela atau ventilasinya yang terbuka, maka sistem kerja AC untuk mendinginkan udara tidak akan berfungsi.


Perbedaan AC Central dan AC Split




Umumnya, AC split digunakan pada ruangan yang tidak terlalu luas, seperti rumah atau kantor kecil. Sedangkan, AC central lebih banyak digunakan di kantor besar, hotel, mall, atau gedung yang ukurannya sedang hingga besar. 

Terdapat dua komponen utama pada AC split, yaitu pembuang panas (outdoor) dan pendingin (indoor). Sedangkan pada AC sentral, udara dari dalam ruangan yang akan didinginkan menggunakan cooling plant yang ada di luar ruangan, kemudian udara yang sudah dingin dialirkan kembali ke dalam ruangan. 

Secara tampilan, AC split biasanya dipasang menempel di tembok/dinding, serta terdapat pipa untuk mengeluarkan air atau udara panas. Berbeda dengan AC central dengan tampilan yang lebih minimalis, sebab outlet udara dingin disimpan di dalam plafon.

Baca juga: Inilah Harga Pipa AC Terbaru 2022 Paling Recommended

Kelebihan dan Kekurangan AC Split


Lantas, apa saja ya kira-kira kelebihan dan kekurangan yang dimiliki AC split? Berikut penjabarannya.

A. Kelebihan AC Split


1. Bentuk Simpel

Kelebihan AC split adalah memiliki begitu yang simpel, umumnya berbentuk persegi panjang dan dipasang di bagian atas dinding. 

Tidak seperti AC jenis lain, Anda juga tidak perlu menyisakan sedikit ruang sebagai menjadi tempat meletakkan AC seperti AC jenis lain.


2. Cepat dalam Mendinginkan Temperatur Ruangan

AC split dapat mendinginkan temperatur ruangan dengan sangat cepat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menunggu lama dalam ruangan menjadi dingin.


3. Fleksibel dan dapat dikendalikan jarak jauh

AC split dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memanjat untuk menghidupkan atau mematikan AC. Untuk mengatur suhu AC split juga bisa dilakukan sesuai dengan ruangannya. Itulah mengapa AC split dikatakan fleksibel. 


4. Hemat Listrik

Dibandingkan dengan AC central atau standing AC, AC split ini dinilai yang paling hemat energi. Hal inilah yang membuat AC split sangat diminati dan digemari banyak orang.


B. Kekurangan AC Split

1. Butuh Energi Besar ketika Baru Dihidupkan

2. Jangan Sering Menghidupkan dan Mematikannya

3. Sulit Mempertahankan Suhu


Komponen AC Split



Supat dapat bekerja dan menghasilkan udara dalam ruangan yang sejuk cenderung dingin, AC split mempunyai beberapa komponen penyusun. Komponen-komponen AC split adalah:


1. Evaporator


Evaporator pada AC split dibuat dari pipa berbahan tembaga dengan diameter dan panjang yang disesuaikan. Evaporator mempunyai desain yang berlekuk-lekuk untuk menyerap suhu panas pada ruangan dengan efektif dan menghemat tempat.


2. Filter udara



Setelah melewati evaporator, kemudian udara tersebut disaring oleh filter udara. Tujuan dari adanya filter udara yakni agar udara hasil sirkulasi menjadi bersih, sehingga bebas dari virus berbahaya atau polutan.


3. Motor blower



Salah satu komponen penting pada AC split adalah motor blower. Sebab, motor blower berfungsi untuk sirkulator udara supaya sampai ke evaporator. Motor blower akan mengatur suhu udara agar seperti yang diinginkan. Pengaturan suhu tersebut dilakukan oleh pengguna AC menggunakan remote.


4. Thermistor 




Thermistor adalah sensor suhu untuk mendeteksi perubahan pada suhu ruangan. Apabila suhu ruangan sudah sesuai yang diinginkan, maka sensor thermistor akan mengirimkan sebuah sinyal atau perintah ke modul AC agar mematikan kompresor.


5. Mainboard atau modul AC



Sedangkan, mainboard atau model AC bagaikan ‘otak’ dari seluruh rangkaian program yang mengatur kinerja komponen kelistrikan pada AC unit outdoor dan indoor.


6. Sensor suhu



Sensor suhu atau control panel electric menjadi komponen utama, karena fungsinya mengatur seluruh kinerja komponen lainnya, seperti timer, fan, hingga blower.



7. Kondensor



Kondensor berfungsi melepaskan suhu panas pada udara yang masih tersisa di freon, lalu dilepaskan berupa udara dingin atau sejuk di ruangan.


Cara Kerja AC Split



Lalu, bagaimana ya cara kerja dari AC split ini?  Cara kerja AC split dibagi menjadi 4 (empat) tahap, dengan penjelasan lengkapnya sebagai berikut:


1. Tahap kompresi

Tahap ini berupa penekanan refrigerant supaya berubah menjadi cair dengan temperatur yang tinggi dan dilakukan oleh kompresor.


2. Tahap kondensasi

Tahap kondensasi berupa refrigerant yang mengalami perubahan wujud dari gas ke cair tadi, lalu akan didinginkan di kondensor.

Pada tahap ini, suhu panas akan dikeluarkan dari ruangan, sehingga suhu pada refrigerant menjadi dingin.


3. Tahap ekspansi

Tahap selanjutnya pada pemasangan AC split adalah tahap ekspansi yakni refrigerant tersebut diturunkan oleh katup ekspansi yang terjadi pada pipa kapiler.


4. Tahap evaporasi

Pada tahap terak ini, refrigerant yang berupa cairan akan diubah menjadi gas oleh evaporator. Tahap inilah pendinginan ruangan terjadi, dengan memanfaatkan kipas atau fan pada unit indoor.


Cara Instalasi AC Split




Cara pemasangan atau instalasi AC split sebenarnya tidak jauh berbeda dengan AC window, yaitu perlu melubangi dinding. Namun, AC split memiliki ukuran lebih praktis, sehingga tidak perlu melubangi dinding terlalu besar. 

Berikut cara-caranya:

  1. Tentukan posisi pemasangan AC dengan benar
  2. Pasang bracket indoor AC
  3. Buat lubang pada pipa indoor
  4. Pasang unit indoor
  5. Pasang kabel power pada indoor
  6. Pasang unit outdoor
  7. Pasang sistem pemipaan tembaga
  8. Pasang kabel balikan di unit outdoor
  9. Periksa kebocoran pada AC
  10. Lakukan pemvakuman
  11. Lakukan running test
  12. Bungkus pipa tembaga



Harga AC Split



Harga Sharp 1 PK tipe AH-A9SAY AC split adalah Rp3.525.000,00. Sedangkan, untuk merek GREE REE Deluxe Low Watt tipe 09C3E dibanderol dengan harga Rp3.950.000,00

Masih dengan merek GREE, harga AC Split ¾ PK unit 07MOO3 memiliki harga yang cukup terjangkau, yakni Rp3.300.000,00

Apabila ingin mengetahui merek atau tipe AC split yang lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi atau toko offline. 

Tahap selanjutnya setelah yakin akan membeli AC split adalah mengunjungi toko elektronik terdekat atau e-commerce kesayangan Anda. Intinya, pilih AC split yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

0 Response to "Pengertian AC Split, Kelebihan dan Kekurangan, Komponen, Cara Kerja, dan Harga"

Posting Komentar