11 Rekomendasi Model Meja Island yang Menarik yang Bisa Kamu Pilih

Kitchen set merupakan satu set peralatan dapur yang menunjang seseorang untuk menjalankan aktivitas memasaknya. Salah satu elemen penting dari kitchen set adalah meja island. Keberadaan model meja island yang bagus di tengah-tengah dapur tentu saja membuat aktivitas memasak menjadi momen yang menyenangkan bersama keluarga. 

Terdapat banyak pilihan material dan model meja island yang ada di pasaran. Berikut ini akan kami ulas mengenai 11 model meja island yang menarik untuk kamu miliki.

Via homestratosphere.com

11 Rekomendasi Model Meja Island yang Bisa Kamu Pilih


Meja island merupakan salah satu elemen tambahan dapur berupa sebuah meja besar multifungsi yang biasanya diletakkan di bagian tengah ruang dapur. Fungsinya pun bisa digunakan sebagai meja makan, meja penyimpanan, bahkan juga dapat diintegrasikan dengan kompor dan wastafel. Tidak hanya itu, meja island ini juga akan memudahkanmu ketika proses memasak, seperti saat memotong sayur-mayur atau daging, menyiapkan bumbu, dan mencampur bahan makanan menjadi satu.

Konsep meja dapur island ini sebetulnya berasal dari luar negeri yang memang banyak diterapkan pada rumah-rumah dengan ukuran yang luas. Di Indonesia juga demikian, penerapannya masih pada bangunan-bangunan rumah mewah. Jika kamu menginginkan untuk membangun dapur dengan menambahkan meja island di tengah-tengahnya, maka beberapa contoh rekomendasi meja island berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasimu agar semakin gemar memasak di rumah. 


1. Meja Dapur Island Stainless Steel

Via decoist.com



Meskipun meja island berbahan stainless steel tergolong merupakan meja dapur yang mahal harganya, akan tetapi sangat menarik bagi yang ingin merasakan atmosfir memasak layaknya chef di perhotelan ataupun restoran.

Meja island stainless steel ini cocok untuk rumah bergaya kontemporer atau industrial. Adapun kelebihan dari bahan ini adalah mudah dibersihkan, termasuk material yang premium, dan pilihan pas untuk dapur modern. Namun, kekurangannya adalah cukup berisik ketika harus bergesekan dengan peralatan dapur lainnya. 


2. Meja Dapur Island Minimalis




Untuk penyuka dapur bersih dan nyaman, model meja island minimalis ini sangat cocok untukmu. Saat ini banyak yang memilih model meja ini karena gaya hidup sederhana dengan ruang dapur minimalis. Dengan begitu, kegiatan memasak akan menjadi lebih menyenangkan.

Dengan tatanan yang pas, meja island minimalis ini akan tetap tampil cantik dan berkelas.


3. Meja Island Rustic


Model meja island ini memang kian banyak digandrungi di Indonesia belakangan ini. Jika kamu penyuka barang-barang antik, tentu terbayang bagaimana ciamiknya tatanan dapur yang didukung dengan meja island rustic yang satu ini.

Desain meja yang sederhana terbilang mirip dengan meja di kampung, namun tetap mempunyai nilai estetis tinggi. Jangan asal beli, pilihlah model meja island dengan mempertimbangkan desain ruang dapur supaya tetap serasi dengan konsep hunian rumah tinggalmu.

4. Meja Island Granit



Meja island berbahan granit merupakan salah satu pilihan yang dapat membuat ruang dapurmu jadi lebih indah dan menawan. Karena corak dan warna granit yang beragam, membuat meja ini sangat cocok untuk dapur dengan konsep modern.

Selain tampilannya yang indah, meja island berbahan granit ini memiliki desain dan gaya yang timeless atau tak lekang oleh waktu dan zaman.

Keberadaan meja island granit yang mewah ini akan meningkatkan tampilan dapur sehingga membuatnya jadi pusat perhatian banyak orang. Pilih warna dan motif yang dapat menyatu dengan kitchen set atau lemari dapur dan juga dinding dapur.

Bahan granit ini membuat meja island tidak mudah tergores karena tekstur granit sendiri sangatlah keras dan kokoh. Tak hanya itu, granit juga memiliki ketahanan panas yang baik sehingga dapat dipasang untuk meja kompor juga lho. Jadi, ketika kamu harus meniriskan masakan dari panci atau wajan yang panas, jangan khawatir untuk meletakkannya di atas meja island yang satu ini.


5. Meja Island Marmer



Marmer murapakan salah satu jenis batu alam yang tidak hanya dipasang untuk lantai, namun dapat juga digunakan sebagai bahan untuk membuat meja island.

Bahan marmer ini juga membuat meja island terlihat semakin mewah. Adapun keunggulan meja island berbahan marmer ini adalah tahan air, tahan panas, dan tentu saja punya motif yang unik dan abstrak. 

Sedangkan kekurangan meja island berbahan marmer adalah mudah tergores dan sulit untuk diperbaiki. Jadi, butuh perawatan khusus ketika kamu memilih meja island yang satu ini.


6. Meja Island Modern



Rekomendasi meja island selanjutnya adalah meja island yang memiliki tampilan modern yang dilengkapi juga dengan meja bar. Konsep ini sangat cocok untukmu yang memang menggabungkan dapur dan area makan. Dengan tatanan yang pas, meja island modern ini akan tetap tampil cantik dan berkelas.

Pilihlah warna netral seperti hitam, cokelat atau putih untuk membuat meja island terlihat lebih berkelas dan elegan. Warna-warna tersebut tentunya akan membuatmu lebih menjaga kebersihan area meja dan dapur.

7. Meja Island Berbahan Kayu Gaya Industrial




Meja island berbahan kayu bisa jadi pilihan untukmu yang ingin membuat konsep dapur dengan gaya industrial. 

Penggunaan kayu pada komponen meja island akan memunculkan kesan hangat dan homey.  Apalagi jika konsep desain dapur yang dibangun memang bertemakan klasik atau industrial. 

Kamu bisa menambahkan pencahayaan yang redup sehingga kesan hangatnya semakin menguat. Kabar baik lainnya, meja island berbahan kayu dengan gaya industrial ini modelnya tidak akan usang termakan waktu. Jadi, tidak perlu khawatir ketika nanti muncul trend gaya kitchen set terbaru atau perabot dapur terbaru lainnya.

Kelebihan kayu adalah relatif mudah dibersihkan, tahan lama kalau dirawat, cocok untuk desain dapur bergaya industrial. 

Meja island ini biasanya dilengkapi beberapa kursi di sekitarnya. Model kursi yang dipilih kebanyakan kursi bar tanpa senderan punggung. 


8. Meja Island dilengkapi Kompor




Saat memasak tentu saja dibutuhkan peralatan dapur yang berkualitas sekaligus praktis. Masalahnya, seringkali peralatan dan perabot yang kita butuhkan ternyata cukup banyak, mulai dari kompor, piring, wajan, panci, sampai wastafel untuk mencuci piring-piring kotor.

Nah, solusinya adalah kamu dapat memilih meja island yang terintegrasi dengan kompor dan/atau wastafel. Dengan begitu, aktivitas memasakmu akan lebih praktis karena tidak perlu sering-sering untuk berpindah tempat. Kamu bisa mencuci peralatan atau bahan makanan tanpa harus mengalihkan pandangan dari masakanmu sehingga terhindar dari masakan hangus.


9. Meja Island dari Beton

Via willscompany.com



Jika kamu ingin meja island dari bahan material yang berbeda, kamu bisa memilih bahan beton. Penggunaan beton tidak hanya untuk lantai atau dinding, tapi bisa dimanfaatkan untuk membuat meja dapur island dan tentunya bahan ini sangat kuat.

Meja island dengan material beton ini sangat layak dipilih. Kamu dapat mewarnainya sesuai dengan warna kesukaanmu. Tidak hanya itu, model meja island ini tahan panas dan bisa didekorasi. Sayangnya, meja island ini bisa retak setelah cukup lama digunakan. 

10. Meja Island Futuristik

Via homedit.com



Meja island yang memiliki desain bagus tidak harus memiliki ukiran ataupun hiasan, meja island dengan desain futuristik berbahan metal dan kaca pun akan tampil mewah dan elegan.

Buat kamu yang memiliki hunian berkonsep futuristik, maka meja island dengan bentuk yang melengkung dengan konsep geometri ini bisa jadi pilihan. Gunakan pintu dan jendela kaca sehingga saat memasak kamu bisa sambil menikmati suasana dan pemandangan yang ada di luar ruangan. 

11. Meja Island Ikea

Via ikea.co.id



Salah satu perusahaan ritel  dari Swedia yang bergerak di bidang funriture dan perabot, IKEA meluncurkan meja island yang simple dan juga cantik. Dua buah kursi berdesain minimalis dan ringan dari kayu menambah pesona meja island Ikea ini yang kian sempurna. 


Demikianlah 11 rekomendasi model meja island untuk dapur, terkadang meja island dilengkapi dengan tempat mencuci piring, serta lemari dan rak untuk menyimpan perlatan makan dan memasak. Karena sifatnya yang multifungsi tersebut, meja ini bisa digunakan sebagai meja makan dan meja bar. Selain itu, meja island ini bisa juga dimanfaatkan oleh anak-anak sebagai meja untuk belajar sementara kamu sedang memasak untuk mempersiapkan makanan untuk keluarga. Jadi, sangat multifungsi sekali bukan meja island ini?

0 Response to "11 Rekomendasi Model Meja Island yang Menarik yang Bisa Kamu Pilih"

Post a Comment