Ide Integrasi Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Tinggal Pilih!

Rumah tamu dan dapur tanpa sekat saat ini tengah menjadi tren desain interior terbuka untuk mencipatkan ruangan yang tampak modern. Desain ini awalnya muncul pada apartemen yang memang memiliki ruangan yang minim. Kemudian para developer membawanya pada sebuah konsep rumah modern.

Jika ruang tamu dan dapur berada dalam satu ruangan, maka ruangan akan nampak luas, tetapi kamu perlu mengatur seluruh area sehingga salah satu dari dua ruangan tersebut tidak kehilangan identitasnya baik sebagai ruang tamu maupun ruang dapur. Ini dapat dicapai dengan penggunaan kombinasi warna, furnitur, dan aksesori dekoratif lainnya. 

Jika kamu lebih menyukai ruangan yang lebih besar dengan banyak cahaya yang masuk, maka menggabungkan ruang tamu, dapur, dan ruang makan adalah solusi yang sangat tepat. Kami memiliki beberapa tips dan ide tentang cara menggabungkan ruang tamu dan dapur di dalam satu ruangan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.



Ide untuk Mengintegrasikan Dapur ke Ruang Tamu (Tanpa Sekat)


Berikut ini kami tunjukkan sejumlah ide untuk membuat ruang tamu dan dapur menjadi satu. Tentunya dengan desain ini ruangan akan lebih banyak cahaya dan tampilan akan nampak lebih modern.

Ruang tamu dan dapur tanpa sekat, artinya kedua ruangan tersebut sepenuhnya terhubung, namun bukan berarti kamu tidak dapat membaginya jika diperlukan. Berikut ini ide desain ruang tamu dan dapur dalam satu ruang.

1. Ruang Tamu dan Dapur Jadi Satu, dengan Dapur Single Line



Mengintegrasikan dapur ke ruang tamu memang menjadi tren akhir-akhir ini. Nah, pilihan ide dapur pertama yang bisa diaplikasikan  adalah single line layout. Dengan model kitchen set seperti ini memudahkan penghuni untuk berpindah dari ruang tamu ke dapur ataupun juga sebaliknya.

2. Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, dengan Layout Dapur L-Shaped

Model layout dapur ini juga sangat cocok apabila digunakan untuk menghubungkan ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Dengan menggunakan model layout L-shaped pada bagian dapur ini maka ruang tamu akan tampak lebih luas dan lapang.


Tambahkan meja island. Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan meja tersebut sebagai tempat sarapan, membaca koran atau tempat untuk duduk bersantai dan berbicara dengan istri atau anak yang sedang memasak. Selain itu, dengan meja island ini kamu dapat memfungsikannya sebagai ruang untuk penyimpanan.



3. Ruang Tamu dan Dapur Jadi Satu, dengan Layout Dapur U-Shaped




Model layout ruang tamu dengan dapur tipe U ini sangat cocok untuk kamu yang gemar memasak. Ruang tamu yang gabung dengan dapur U-shaped tanpa sekat ini memungkinkanmu untuk memiliki 3 sisi sekaligus sehingga ruang gerak lebih luas. Tempatkan kompor dan area cuci secara berdekatan agar kerja kamu lebih efektif.





Untuk memberikan kesan visual yang berbeda antara ruang tamu dan dapur, kamu dapat memilih dua warna dinding yang berbeda. Gunakan keramik ataupun cat dapur dalam satu warna dan ruang tamu dengan cat warna yang kontras. Misalnya, warna keramik pada dinding dapur berwarna hitam, maka untuk dinding ruang tamu berwarna putih (seperti nampak pada gambar di atas).

4. G-Shaped Dapur dan Ruang Tamu Tanpa Sekat



Dapur dengan layout G-shape yang langsung terkoneksi dengan ruang tamu merupakan pengembangan dari dapur bentuk U. Dengan banyaknya sisi membuat ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini memiliki space yang sangat luas. 

Kelebihan dari layout dapur G-shaped dengan ruang tamu ini adalah banyaknya area penyimpanan, terutama jika kamu menambahkan meja island di tengah-tengah space antara dapur dan ruang tamu. Model ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini sangat cocok digunakan apabila kamu senang berkumpul dengan keluarga/teman untuk makan malam, karena area dapur yang cukup besar.

5. Layout Breakfast Nook Dapur dan Ruang Tamu Tanpa Sekat



Layout dapur jenis ini merupakan layout yang umumnya dipakai untuk apartemen. Karena cukup sederhana dapur dan ruang tamu ini nampak minimalis. Kamu dituntut untuk menggunakan peralatan memasak yang multifungsi mengingat ruang gerak yang terbatas. 

Model dapur breakfast nook yang terkoneksi dengan ruang tamu ini dilengkapi dengan sofa atau kursi yang empuk dan meja kecil untuk menempatkan menu sarapan. Pastikan untuk menggunakan tudung yang berfungsi dengan baik sehingga bau makanan tidak mengganggu di zona ruang tamu.


Keunggulan dan Kelemahan Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat

Perkembangan teknologi arsitektur yang semakin maju telah membawa konsep distribusi ruang saat ini, yaitu dapur bisa dijadikan sebagai bagian sentral dari pengaturan tata ruang rumah. Ya, dapur yang terkoneksi langsung dengan ruang tamu kini memberikan manfaat besar bagi kehidupan sosial keluarga.

Adapaun keuntungan dari desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat adalah sebagai berikut: 

  1. Dalam proses penyiapan makanan kini penghuni dan tamu dapat berpartisipasi penuh, tidak hanya dalam proses plating tetapi juga dalam proses persiapan memasak. Jadi, membuka dapur ke arah ruang tamu akan menambah erat ikatan kekeluargaan/persahabatan antara penghuni dan tamunya.
  2. Terlepas dari manfaat sosial dari tata letak ruang tamu dan dapur tanpa sekat seperti itu, rasa lapang, gerak bebas ketika memasak juga merupakan kelebihan dari desain ini. Dan tentu saja, sisi kepraktisan dari pergerakan bebas di sekitar ruangan tersebut membuat penyajian makanan menjadi tugas yang mudah dan menyenangkan.
  3. Dengan pengaturan desain ruang tamu dan dapur yang cerdas ini, bahkan rumah kecil pun bisa tampak besar dan luas. 

Sedangkan kekurangan dari desain ruang tamu dan dapur jadi satu adalah kamu perlu menambahkan pipa ledeng dan kabel baru jika sebelumnya tidak disediakan dari pihak kontraktor. Oleh karenanya biaya renovasi bisa saja melambung tinggi harganya.

Itulah ulasan mengenai ide desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Saat ini interior open-plan seperti ini sangat trendi karena mampu memberikan kesan luas pada ruang tamu dan menciptakan seluruh zona ruangan untuk berkomunikasi dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman.

0 Response to "Ide Integrasi Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Tinggal Pilih!"

Post a Comment