Apa itu Apartemen Tipe Loft? Ini Tata Letaknya yang Bagus!

Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan tempat tinggal untuk bisa bernaung, menyimpan harta miliknya dan menghabiskan bagian terbaik dari waktu mereka. Sayangnya hidup di wilayah perkotaan tidaklah mudah. Semakin sempitnya lahan membuat harga tanah semakin mahal. Berbagai carapun dilakukan untuk memperoleh ruang yang lebih lapang dan fleksibel. Salah satunya adalah dengan membuat apartemen tipe loft.

Loft dikenal sebagai sebuah apartemen yang memiliki karakter fisik seperti tampilannya yang mirip bangunan industrial, denah ruang yang terbuka, plagon atau ceiling yang tinggi, dan jendela yang besar. Nah, bagaiaman cara mengatur ruang apartemen tipe loft ini? Yuk simak selangkapnya di bawah ini. 




Sejarah Apartemen Loft

Kamu mungkin masih merasa asing dengan istilah loft. Loft sejatinya muncul sebagai fenomena sebuah hunian di Amerika sekitar tahun 1950an dan berkembang menjadi fenomena yang mengglobal. 

Fenomena berdirinya bangunan loft ini awalnya ketika para seniman di New York mencari tempat yang murah untuk hunian tinggal dan bekerjanya. Waktu itu sejumlah industri berpindah ke tempat yang lebih murah sehingga banyak bangunan industri yang mangkrak atau kosong. Oleh karenanya, mereka para seniman menangkap peluang tersebut untuk mengkonversi bangunan industri menjadi hunian tempat tinggal (living space). 

Seiring dengan berjalannya waktu konsep loft ini tidak hanya sebatas pada hunian hasil konversi dari bangunan industri menjadi hunian tempat tinggal, namun kini loft menjadi hunian yang fleksibel yang sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai hunian kota masa kini. 

Fenoma untuk tinggal di loft (living loft) ini memberikan inspirasi bagi banyak orang. Bahkan kemudian membuat para developer mulai menciptakan bangunan-bangunan baru yang memiliki karakteristik seperti loft dalam dunia properti, termasuk membawanya ke sebuah konsep bangunan apartemen.

Beberapa apartemen di Indonesia yang mengusung konsep loft, yaitu seperti Apartemen “The Summit Kelapa Gading” dan “Citylofts Sudirman” Jakarta. Berbeda dengan The Summit Kelapa Gading yang hanya menerapkan pada sebagian unit hunian, apartemen Citylofts Sudirman tak tanggung-tanggung karena menerapkan konsep loft ini pada seluruh unit hunian yang ada.


Tata Letak Ruang Pada Apartemen Loft



Terbatasnya ukuran luas pada sebuah unit apartemen tipe loft menyebabkan tata ruangan pada apartemen ini harus didesain seefisien mungkin. 

Adapun kebutuhan minimal ruang yang harus ada di dalam sebuah unit apartemen tipe loft adalah seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan dan dapur/pantri serta ruang duduk/perpustakaan jika diperlukan.

1. Ruang Keluarga

Ruang keluarga sebagai satu-satunya ruang duduk komunal yang harus disediakan pada sebuah unit apartemen loft. Ruang keluarga pada apartemen ini biasanya diletakkan pada salah satu sudut yang arah pandang keluarnya menghadap ke balkon.

Pertimbangkan posisi tata letak ruang keluarga yang terbaik dalam desainnya. Misalnya, kamu dapat melengkapinya ddengan bukaan pada salah satu dindingnya. Hal ini dilakukan agar memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan, memaksimalkan masuknya udara segar, dan terdapat pandangan ke segala arah sehingga tercipta ruangan yang sehat, segar dan berkesan lapang.

2. Kamar Tidur



Kamar tidur merupakan ruangan yang bersifat paling pribadi. Oleh karenanya, dalam menata kamar tidur pada sebuah unit apartemen loft haruslah memperhatikan daily activity-mu itu sendiri. Misal jika kamu mempunyai kebiasaan bekerja/belajar dan menonton TV sebelum tidur, maka kamu dapat melengkapinya dengan TV yang menghadap ke kasur. 

Agar dapat menikmati pemandangan taman, gedung perkantoran atau pun kolam di luar, kamu dapat melengkapi kamar tidur tersebut dengan teras atau balkon serta bukaan lebar lainnya.

3. Ruang Makan dan pantri

Seperti pada rumah biasa, desain ruang makan dan pantri pada apartemen tipe loft juga ditata menyatu. Dengan tata letak tersebut akan memudahkanmu ketika mondar-mondir saat menyiapkan makan untuk keluarga. 

4. Dapur dan Kamar Mandi

Dengan ukuran yang lebih luas jika dibandingkan tipe apartemen lainnya, apartemen loft memudahkan penghuni saat ingin membagi area santai dan area fungsional seperti dapur, kamar mandi, dan lainnya. 

Ruangan-ruangan dengan jenis kegiatan yang fungsinya saling menunjang dapat diletakan berdampingan dengan menambahkan penyekat. Misalnya, dapur dan kamar mandi.


Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Tipe Loft

Sebagai sebuah hunian tempat tinggal, apartemen tipe loft ini tidak bisa terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Adapaun kelebihan dan kekurangan yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian apartemen tipe loft akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut ini adalah kelebihan apartemen tipe loft jika dibandingkan dengan unit apartemen tipe lainnya:

1. Lebih Fresh dengan Maksimalnya Jumlah Cahaya Alami yang Masuk

Karena langit-langit pada apartemen loft yang tinggi-tinggi dan jendela yang besar membuat ruangan apartemen ini lebih terbebas dari pengap. Nah hal itulah yang membuat apartemen tipe loft lebih fresh atau segar jika dibandingkan dengan apartemen tipe studio.

Baca juga: Harga Plafon PVC dengan Bermacam Motif

Jadi, wajar saja apabila suasana di apartemen tipe loft memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

2. Dapat ditambahkan Lantai Mezzanine

Plafon pada apartemen tipe loft ini sangatlah tinggi-tinggi. Hal ini dapat kamu manfaatkan dengan cara menambah lantai mezzanine sehingga kapasitas ruangan apartemen akan lebih besar.

Pada bagian lantai mezzanine ini dapat kamu manfaatkan sebagai kamar tidur ataupun juga area perpustakaan.

3. Tersedia Tempat Penyimpanan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa apartemen tipe loft memiliki ceiling yang tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk dibuat lantai mezzanine.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan area lain untuk digunakan sebagai area gudang atau tempat penyimpanan.

Keberadaan lantai mezzanine ini tentu sangat berguna sekali, terlebih loft atau ruang vertikal tambahan ini tentu sangat cocok untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memutuskan untuk memilih apartemen sebagai hunian tempat tinggal.

Sementara itu kekurangan dari apartemen tipe loft ini adalah suara bising yang kadang cukup mengganggu penghuninya. Hal ini lebih disebabkan minimnya penyekat sehingga membuat suara bising yang ditimbulkan di sekitar apartemen masuk ke dalam ruanganmu. Namun jangan khawatir, karena jika ruangan apartemen ini didekorasi dengan tepat, maka suara bising tersebut bisa diminimalisir.

0 Response to "Apa itu Apartemen Tipe Loft? Ini Tata Letaknya yang Bagus!"

Post a Comment