Apa itu Grease Trap? Ini Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Harga

Dapur merupakan area ruangan yang paling sering digunakan baik itu untuk sebuah rumah, apalagi restauran. Dapur sendiri biasanya dibagi menjadi dua, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Kedua ruang dapur ini menyediakan bak cuci piring atau wastafel untuk keperluan mencuci peralatan memasak, peralatan makan, dan lain sebagainya.

Sayangnya, tak jarang peralatan memasak tersebut mengandung lemak dan minyak yang ketika dibersihkan akan terbawa ke saluran pembuangan dan dapat menyebabkan saluran tersebut macet. Tak hanya itu, bau tak sedap kerap muncul karena adanya endapan minyak dan lemak tersebut.

Nah solusinya, pemilik rumah/restoran dapat menggunakan grease trap. Apa itu grease trap? Apa saja fungsinya? Berikut ini akan dijelaskan jenis, sistem, cara kerja, dan harga grease trap pada postingan di bawah ini. 


Baca juga: Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor




Apa Itu Grease Trap?





Sesuai dengan namanya, grease trap merupakan perangkap lemak. Definisi secara lengkap, grease trap adalah alat perangkap lemak, minyak dan kotoran lainnya yang digunakan untuk memisahkan kotoran tersebut dari air, sehingga kotoran tidak menggumpal pada pipa pembuangan. 

Dengan menggunakan grease trap ini, saluran pipa pembuangan limbah tidak akan mudah tersumbat. Produk grease trap di pasaran umumnya terbuat dari fiber glass atau stainless steel sehingga aman dari korosi.


Fungsi Grease Trap


Dari definisi grease trap di atas, bisa ditarik kesimpulan fungsi grease trap adalah:

  • Untuk menghilangkan atau mengurangi bau tidak sedap pada bak cuci piring.
  • Untuk menyaring lemak dan sampah padat agar tidak mengalir masuk dan menumpuk di saluran pembuangan.
  • Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pipa saluran, pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu masyarat sekitar. 


Jenis Grease Trap




Ada beberapa jenis grease trap, yaitu:

1. Grease trap pasif

Yaitu grease trap yang titik perangkat sederhananya berada di bawah kompartemen bak cuci piring. Alat perangkap lemak dan minyak dapur ini mampu membatasi aliran dan menghapus 85-90% dari lemak dan minyak yang masuk. Sisa-sisa makanan dan lemak yang masuk ke dalam bak cuci piring akan terjebak dan disimpan dalam perangkat ini.


2. Grease Trap In-Ground 

Yaitu grease trap yang dilengkapi dengan tangki in-ground berukuran besar, biasanya 500-2000 galon. Jenis grease trap ini terbuat dari fiberglass atau baja. Dengan ukurannya yang besar, perangkat grease trap ini cocok digunakan untuk restoran dan juga rumah sakit.


3. Grease Trap dengan sistem GRD (Grease Recovery Devices)

Yaitu grease trap yang dilengkapi dengan sistem  yang mampu menghapus lemak / minyak permukaan secara otomatis ketika terjebak.


Cara Kerja Grease Trap



Semua air cucian dari bak cuci piring atau wastafel melalui sink yang akan mengalir masuk ke dalam grease trap melalui pipa inlet berukuran 2".

Tahap awal, sampah cucian (lemak, minyak, dan lain sebagainya) dari bak cuci piring akan disaring oleh saringan sink. Namun, lemak dan minyak bersama air akan tetap mengalir ke dalam grease trap. Nah, lemak dan minyak tersebut akan naik ke permukaan air secara gravitasi karena berat jenis lemak dan minyak lebih ringan dari pada air. Air yang berada di bawah grease akan keluar melalui outlet pipe ke saluran drainase kota. Sedangkan lemak dan minyak akan disaring oleh basket strainer Ø 2mm yang berada di sekatan pertama dan masuk ke dalam ruang sekatan kedua. 


Harga Grease Trap


Selain menggunakan grease trap, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan atau menambahkan bakteri pengurai ke dalam grease trap sehingga akan membantu penguraian serta mengurangi bau. Grease trap  dibanderol dengan kisaran harga Rp 400 ribu hingga Rp 1,8 juta.

Itulah ulasan lengkap mengenai grease trap. Pengelolaan limbah rumah tangga ataupun industri dengan menggunakan grease trap adalah salah satu bagian yang terpenting dari waste water management system (sistem pengelolaan air limbah). Untuk saat ini, grease trap tidak hanya digunakan di perumahan, namun juga di apartemen, perkantoran, ruko, restoran, gedung perkantoran, dan pabrik.

0 Response to "Apa itu Grease Trap? Ini Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Harga"

Post a Comment