Apa itu Pipa HDPE? Ini Keunggulan, Jenis, dan Sambungan/Fittingnya

Pipa HDPE adalah pipa berbahan plastik dengan karakteristik fleksibel dan tahan benturan yang umumnya digunakan sebagai saluran induk air bersih untuk distribusi rumah tinggal, gedung pekantoran, dan bangunan- bangunan lainnya.

HDPE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Untuk mengidentifikasinya, konsumen dapat mengetahui melalui ciri khasnya, yaitu berwarna hitam dengan empat strip biru sepanjang badan pipa.

Pengaplikasian pipa HDPE di Indonesia sudah cukup banyak. Satu diantaranya yang paling kentara adalah PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) yang menggunakan pipa jenis ini untuk sistem saluran air bersih. Nah, berikut ini akan dijelaskan keunggulan pipa HDPE, jenis-jenisnya, metode penyambungan, dan sambungan atau fitting produk pipa HDPE itu sendiri.






Keunggulan Pipa HDPE



Dipilih untuk bahan pipa pada jaringan induk air bersih, tak mengherankan karena pipa HDPE memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan pipa logam atau pipa plastik lainya. Keunggulan pipa HDPE adalah:


1. Ringan

Dibandingkan produk pipa besi, pipa HDPE memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan untuk pembangunan saluran air bersih. Bobot pipa HDPE yang ringan ini mempermudah para pekerja dalam proses instalasi dan mobilisasinya.

2. Lentur

Keunggulan lainnya dari pipa HDPE adalah memiliki tingkat kelenturan yang baik sehingga tahan terhadap berbagai benturan. Tak heran karena memiliki kelunturan yang bagus ini membuat produk ini juga ada yang dikemas dalam bentuk roll (gulungan) selain dari bentuk batang.

Tingkat kelenturan pipa HDPE ini dapat dihitung dengan rumus 25 kali diameter luar pipa. Sebagai contohnya, pipa dengan Outside Diameter (OD) 20mm, maka pipa ini dapat ditekuk dengan jarak 25x20mm = 500mm atau 0.5 meter.


3. Awet

Dengan sistem penyambungan yang baik, usia penggunaan pipa HDPE ini bisa hingga mencapai 50 tahun. 


4. Ramah lingkungan

Terbuat dari bahan baku High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas (massa jenis) tinggi,tak mengherankan jika ikatan antar molekul bahan baku ini sangatlah kuat. Selain itu, produk ini juga anti karat sehingga aman, tidak mencemari aliran air. Bahan pipa HDPE juga mudah didaur ulang yang membuat jenis pipa ini lebih ramah lingkungan.



5. Standard food grade

HDPE terkenal sebagai bahan plastik non toxic dan aman digunakan. Karena tidak akan mencemari air bersih, produk pipa HDPE ini sangat aman untuk digunakan sebagai penyaluran air bersih.


6. Tahan berbagai cuaca

Pipa HDPE memiliki ketahanan yang baik, yaitu tahan terhadap suhu hingga 60°C. Tak hanya itu, pipa jenis ini juga tahan terhadap suhu rendah. Dengan karakteristik seperti itu, pipa HDPE cocok digunakan di berbagai wilayah, baik di negara tropis maupun negara dengan kondisi cuaca ekstrim sekalipun.


7. Cocok dipasang di daerah dengan kontour yang beragam


Sambungan pipa HDPE yang tidak mudah terlepas membuat jenis pipa ini sangat aman digunakan di berbagai daerah dengan kontour yang beragam. Pipa HDPE ini cocok digunakan sebagai sistem saluran induk pipa air bersih dari mata air yang terletak di daerah pegunungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam hingga daerah yang rawan gempa, longsor dan tanah yang labil.



Jenis Pipa HDPE




Seperti produk pipa PVC atau pipa jenis lainnya, pipa HDPE juga terdiri dari beragam jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Beragam jenis pipa HDPE adalah sebagai berikut:


A. Berdasarkan penggunaan

Dalam hal penggunaan, produk pipa HDPE tersedia sesuai dengan peruntukkannya, sehingga dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, di antaranya :

1. Pembangunan saluran air bersih

Jenis pipa HDPE yang biasanya digunakan untuk instalasi saluran air bersih memiliki karakter warna dominan hitam. Pipa HDPE ini tersedia mulai dari ukuran ½ inch hingga diatas 24 inch.

2. Selongsong atau pelindung kabel

Tak hanya pipa PVC, pipa pelindung kabel juga bisa memakai pipa HDPE. Alasannya pipa ini memiliki kelenturan yang bagus, kuat dan tahan terhadap benturan. Jenis yang digunakan biasanya yang dalam  bentuk gulungan dengan panjang 100 meter / roll.

3. Pembangunan saluran gas bertekanan

Selain digunakan untuk saluran air bersih dan pelindung kabel, produk pipa HDPE juga digunakan untuk saluran instalasi gas. Jenis produk HDPE ini biasanya memiliki warna dominan kuning. Sifatnya yang kuat, lentur dengan tingkat keretakan sangat rendah membuat pipa ini mampu mendistribusikan gas baik itu natural gas, LPG maupun biogas.


B. Berdasarkan Kemasan Produk


Berdasarkan kemasan produknya, pipa HDPE dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu batang dan coil atau roll. 

1. Pipa HDPE Batang


Pipa HDPE batang tersedia dalam panjang 6 meter  dan 12 meter tiap batangnya. Selain itu, ukuran tersebut dapat disesuaikan untuk kebutuhan pengiriman dengan kontainer.

Sedangkan ukuran diameter yang tersedia di pasar yaitu mulai dari 1-1/2 inch hingga 24 inch. Beberapa brand pipa HDPE bahkan ada yang menyediakan hingga 30 inch. 

2. Pipa HDPE Roll


Panjang pipa HDPE Roll tersedia dalam ukuran 50 meter hinggaa ratusan meter setiap gulungannya. Karena ukurannya yang sangat panjang tersebut, maka ukuran diameter yang tersedia di bawah 4 inch.

Proses penyambungan pipa HDPE roll biasanya menggunakan fitting khusus dengan metode  compression joint


Jenis-jenis Fitting Pipa HDPE


Untuk membuat sistem jaringan pemipaan saluran air bersih yang terintegrasi dengan baik, pipa HDPE ini dapat dilengkapi dengan beragam aksesoris/fitting yang terdiri bermacam bentuk dan ukuran diameter. 

Jenis-jenis fitting pipa HDPE tersebut dibagi berdasarkan jenis penyambungannya yang dipilih. Nah, seacara umum terdapat tiga jenis fitting yang biasa digunakan, yakni compression jointButt fusion, dan electro fusion joint.


1. Compression Joint 

Compression joint juga dikenal dengan metode penyambungan mechanical joint. Fitting pipa HDPE yang digunakan untuk penyambungannya tanpa perlu tanpa harus menggunakan mesin (welded) HDPE dan bahan perekat lainnya. 

Bagian-bagian fitting pipa HDPE ini terdiri dari union socket, compression colar, dan ring penjepit.  Jenis fitting HDPE ini biasanya digunakan untuk pipa jenis roll dengan panjangnya lebih dari 50 meter. Selain itu, aksesoris ini juga bisa digunakan untuk pipa yang berukuran sama atau pun dibawah 110mm (4 inch).


2. Butt fusion 

Yaitu metode penyambungan pipa HDPE dengan menggunakan welding machine yang dikerjakan dengan cara memanaskan dua sisi pipa atau fitting yang akan disambung secara bersamaan. Setelah penggunaan welding machine ini membuat pipa meleleh, maka kedua bagian pipa bisa langsung disatukan.

Metode butt fusion ini dengan menggunakan fitting HDPE khusus dari bahan yang sama dengan pipanya. Secara umum ada dua jenis fitting HDPE yang biasa digunakan, yaitu:
  • Fitting injection moulding (Cetakan pabrik); dan
  • Segmented (dibuat dari pipa yang dibentuk sesuai kebutuhan).

Untuk menghasilkan sambungan yang sempurna, dibutuhkan perhitungan detail terkait dengan diameter dan ketebalan pipa. Ukuran yang digunakan sebaiknya sama sehingga nantinya akan menghasilkan sambungan antar pipa yang bersenyawa dengan kekuatan yang sama. Dengan begitu, badan pipa tidak akan mudah terlepas meskipun terkena benturan pada sambunganya. 



3. Electro fusion joint

Sesuai dengan namanya, metode penyambungan pipa HDPE ini dilakukan dengan cara cara electronical joint. Jadi, jenis fitting HDPE yang digunakan memiliki panel listrik yang kemudian dikonversi menjadi panas sehingga dapat melehkan bagian dalam fitting itu sendiri.

Pelelehan bagian dalam fitting HDPE dan bagian luar pipa membut proses penyambungan berjalan sempurna. Metode dan jenis fiiting pipa HDPE ini biasanya digunakan untuk saluran gas bertekanan.

Itulah ulasan lengkap mengenai pipa HDPE, keunggulan, jenis, dan sambungan pipa HDPE itu sendiri. Pembuatan saluran air bersih atau lainnya dengan menggunakan pipa HDPE adalah salah satu solusi yang dapat diambil untuk menciptakan saluran air bersih yang aman, kuat dan awet.

0 Response to "Apa itu Pipa HDPE? Ini Keunggulan, Jenis, dan Sambungan/Fittingnya"

Post a Comment