11 Jenis Sambungan Pipa PVC Lengkap dengan Kegunaan dan Harganya

PVC adalah bahan yang kerap kali digunakan untuk sambungan pipa pada saluran air. Demi memudahkan aplikasinya, ada banyak sekali jenis sambungan pipa PVC yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Apabila mengetahui semua jenis sambungan pipa ini, maka proses pemasangan ataupun perbaikan pipa bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan dapat dikerjakan sendiri tanpa membutuhkan bantuan ahli jika struktur salurannya tergolong sederhana.

 

Jenis Sambungan Pipa PVC dan Kegunaannya


Jika sering melakukan perbaikan saluran air secara mandiri pada hunian pribadi, mungkin jenis sambungan pipa PVC yang Anda kenal sebatas 3 atau 4 macam saja. Padahal, ada banyak sekali jenis sambungan yang biasa digunakan oleh mereka yang berkutat dalam bidang perpipaan, di antarnya:

Baca juga: Jenis Pipa PPR dan Keunggulannya


1. Socket




Socket termasuk jenis sambungan pipa PVC yang paling sederhana dan banyak dikenal masyarakat umum. Jenis sambungan ini biasa dimanfaatkan untuk menghubungkan pipa yang panjangnya tidak menjangkau area yang diinginkan.

Socket sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni yang dipasang pada area luar dan khusus yang dipasang pada area bagian dalam pipa. Socket dapat berfungsi dengan baik apabila hanya digunakan untuk menyambungkan dua jenis pipa yang ukurannya sama saja.


2. Elbow




Jenis sambungan pipa PVC yang satu ini juga sangat akrab dan sering digunakan di masyarakat. Nama aslinya adalah elbow, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah knie. Sambungan ini memiliki bentuk menyerupai lengan ataupun huruf L.

Kegunaan elbow ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari bentuknya, yakni menghubungkan saluran pipa yang memiliki bagian siku. Elbow juga dijual dengan beberapa variasi sesuai kebutuhannya, yakni membentuk sudut 45 dan 90 derajat.

Baca juga: Jenis Pipa Elbow dan Fungsinya  


3. Tee Stuck



Sesuai namanya, jenis sambungan pipa PVC ini memiliki bentuk menyerupai huruf “T” sehingga disebut dengan istilah T stuck. Kegunaannya adalah untuk membuat jalur utama air dibagi lagi menjadi dua jalur sambungan yakni di kanan dan kiri.

Tee Stuck ini juga diproduksi dengan dua jenis berbeda, yakni dengan ulir di bagian dalam, serta tanpa bagian ulir untuk sambungan bagian luar. Jenis pipa ini juga berguna untuk menyambung pipa yang ukurannya sama ataupun berbeda.


4. Cross




Adapun kekuatan salurannya berukuran sama sehingga tekanannya dipastikan juga sama. Sambungan ini memiliki 4 bagian ujung yang semuanya polos tanpa ulir.

5. Fauced





Jenis sambungan pipa PVC yang satu ini memiliki ciri khas dari banyaknya bagian ulir yang ada pada bagian dalamnya. Dari kondisi ini dapat diketahui bahwa sambungan Fauced dapat dipakai untuk menghubungkan antar pipa yang sama-sama memiliki ulir.

Dengan begitu, sambungannya akan menjadi lebih rapat. Ada beberapa bentuk Fauced yang biasa digunakan dalam sambungan pipa, yakni berbentuk lurus dan menyerupai L atau jenis knee dengan sudut 90 derajat.

6. Cap



Walaupun fungsi utamanya bukan sebagai penyambung, tapi cap juga termasuk bagian dari saluran pipa PVC yang tidak bisa dipisahkan dari saluran perpipaan. Pipa PVC cap ini berguna untuk menutup jalur pipa yang sudah tidak terpakai agar tidak sampai mengeluarkan air.

Cap dibedakan menjadi dua jenis, yaitu socket dan drat. Untuk jenis socket, bisa dipakai untuk menutup saluran pipa yang sifatnya permanen. Sementara drat, bisa digunakan untuk menutup saluran pipa secara sementara karena bisa dibuka tutup dengan mudah.

7. Water Mur



Jenis sambungan pipa PVC yang satu ini terlihat asing bagi mereka yang biasa mengerjakan saluran air sederhana di rumah. Namun penggunaannya sudah sangat terkenal karena sifatnya yang praktis dengan segala keunggulan lain dari pemasangannya.

Water Mur yang juga dikenal dengan sebutan union socket ini bisa digunakan untuk menghubungkan antar pipa tanpa menggunakan lem. Jadi sifatnya menyerupai mur dengan kekuatan maksimal dan dibuka tutup melalui ulir. Water Mur juga dibedakan lagi menjadi 2 macam, yakni polos dan ulir.

8. Reducer



Reducer memiliki kegunaan yang mirip dengan socket, yaitu untuk menghubungkan dua pipa yang pada awalnya terpisah. Tapi reducer lebih fungsional karena mampu menghubungkan dua pipa yang diameternya berbeda.

Ini tentu berbeda dengan sifat socket yang hanya bisa dipakai menghubungkan dua pipa dengan diameter dan ketebalan sama.

9. Nipple



Jenis sambungan pipa Nipple ini memiliki bentuk lurus dengan masing-masing bagian ujungnya memiliki ulir. Kondisi ini sengaja dibuat untuk membantu menyambungkan pipa khususnya pada bagian ujung kran. Ulir yang ada pada masing-masing sisinya sangat berguna untuk menguatkan pipa agar tidak mudah bocor pada bagian kran.


10 Clamp Saddle



Inovasi sambungan pipa PVC lainnya yang juga terlihat asing adalah jenis Clamp Saddle. Inovasi ini dijadikan solusi bagi mereka yang ingin menyambungkan dua pipa yang ukurannya berbeda secara lebih praktis.

Sambungan ini terdiri dari lubang pipa utama yang ada di bagian tengahnya. Sementara di sisi-sisinya terdapat beberapa sambungan pipa lainnya yang ukurannya lebih kecil.

11 P-Trap PVC






Harga Sambungan Pipa PVC Berdasarkan Jenis dan Merk

Pada umumnya, semua sambungan pipa memiliki kisaran harga yang tidak jauh berbeda. Biasanya faktor yang menyebabkan harganya berbeda adalah ukuran diameter, ketebalan, serta mereknya.

Sebagian referensi sebelum membeli, berikut adalah tabel harga sambungan pipa PVC sesuai jenis dan merk nya yang ada di pasaran.

Jenis Sambungan pipa PVC

Merk / Dimensi

Kisaran Harga

Socket

Rucika dimensi 4 inch

Rp2.210 – Rp2.500

Elbow

Rucika 2 Inch

Rp16.830 – 17.000

CM Taiwan 2 Inch

Rp15.300 – Rp16.000

Tee Stuck

Voscar 2 inc

Rp25.500 – Rp26.000

Rucika 2 Inch

Rp25.500 – Rp26.000

Cross

Aqualon 1 inch

Rp8.000 – Rp8.500

Rucika 1 inch

Rp8.500 – Rp10.000

Fauced

Jaya Ori ¾ inch

Rp2.300 – Rp2500

Watermur

Onda 1 – 4 Inch

Rp40.250 – 40.500

Soligen 1 inch

Rp15.500 – Rp6.000

Reducer

Rucika 4 x 2 Inch

Rp70.000,00 – Rp71.000,00

Nipple

Rucika 1 inch

Rp5.500 – Rp6.000

Clamp Saddle

Rucika 11/2 x ½

Rp37.000 – Rp38.000

P-Trap PVC

Vinilon 2 Inch

Rp19.200 – Rp19.500

Rucika 2 Inch

Rp19.600 – Rp20.000


Dengan mengetahui beberapa jenis sambungan pipa PVC di atas, Anda bisa memanfaatkannya untuk proses pembuatan saluran air dengan pipa. Adapun semua jenis sambungan pipa tersebut bisa didapatkan dengan mudah di toko bangunan ataupun membelinya secara online.

0 Response to "11 Jenis Sambungan Pipa PVC Lengkap dengan Kegunaan dan Harganya"

Post a Comment