Rumah Masa Kini: Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Dapur bersih dan dapur kotor merupakan istilah untuk menyebutkan dua ruangan dapur dengan fungsi yang berbeda. Istilah ini muncul seiring dengan perkembangan desain rumah masa kini.

Sebuah keluarga menengah ke atas biasanya akan memiliki dapur bersih dan dapur kotor ini di dalam rumahnya. Lalu, apa saja sih sebenarnya yang ada di kedua dapur ini? Dan bagaimana kedua dapur ini diperlakukan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini apakah pemisahan itu diperlukan dan/atau mungkin sebenarnya ada makna lain yang melatarbelakangi pemisahan dapur bersih dan dapur kotor ini.

Dapur Bersih

Pemisahan Ruang Dapur Bersih dan Dapur Kotor


Secara sederhana kita dapat mendefinisikan bahwa dapur bersih adalah dapur yang lebih bagus dari dapur kotor. Tata letak dapur bersih secara umum didesain supaya mudah terlihat baik bagi penghuni maupun tamu, sementara itu dapur kotor lebih tersembunyi tempatnya.

Kehadiran kedua dapur ini merupakan bentuk dari pemisahan ruang. Sejatinya ide pemisahan ruang ini sering terjadi dalam arsitektur, tidak hanya untuk bagian dapur saja. Pemisahan ruangan ini bertujuan untuk mencapai sebuah kondisi yang ideal. Apalagi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, kita mempunyai kecenderungan untuk mencapai hal yang ideal dan membentuk sebuah keteraturan.

Penggunaan istilah ini tidak serta merta dilihat dari kadar kebersihannya. Karena beberapa orang menyebut dapur kering dan dapur basah atau juga ada yang menyebutnya sebagai dapur depan dan dapur belakang.

Secara umum, yang dikatakan dapur bersih adalah dapur yang didesain untuk boleh terlihat atau sengaja diperlihatkan kepada orang lain, dalam hal ini tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Sedangkan, dapur kotor adalah dapur yang tidak boleh terlihat oleh tamu.

Gambar di bawah ini merupakan gambaran dapur bersih yang ada di rumah-rumah masa kini. Dapur bersih ini didesain dengan memiliki akses langsung ke ruang makan dan ruang keluarga. Desain yang ditampilkan pada dapur bersih di bawah ini mengusung tema modern natural yang ditandai dengan lantai keramik motif kayu.



Dengan bantuan teknologi dan peralatan yang canggih, misalnya vacuum cleaner, dapur ini akan lebih terjaga kebersihannya. Sebagian orang menyebut dapur bersih dengan sebutan dapur kering karena aktivitas dapur yang ada di sana biasanya tidak memerlukan jumlah volume air yang besar. Kegiatan ini biasanya disebut sebagai aktivitas memasak ringan, misalnya membuat roti, membuat minuman, dan lain sebagainya.

Disini, dapur bersih dapat dikatakan sebagai area depan. Bukan hanya dari peletakannya yang berada di dalam rumah dan terlihat dari berbagai ruangan, tetapi juga dari kecenderungan penggunaan peralatan yang canggih serta dibuat selalu tampak bersih.

Karakteristik dapur bersih ini dibuat senada dengan ruangan yang berada di zona depan, yaitu: terlihat elegan, bagus, rapi, dan bersih. Selain itu, keberadaan dapur bersih ini sering kali disengaja untuk diperlihatkan kepada para tamu. Keberadaan dapur bersih ini biasanya digunakan sebagai salah satu bentuk pembuktian si pemilik rumah akan status sosialnya.

Dapur kotor dapat disebut juga sebagai zona belakang. Dapur ini biasanya diletakkan pada posisi lebih belakang dari dapur bersih. Hal ini untuk menunjukan bahwa jika dapur kotor ini adalah zona belakang. 

Dapur Kotor

Sementara itu untuk kualitas lantai, dinding, dan kitchen set dari dapur kotor tidaklah sebagus dapur bersih. Begitu juga dengan ketersediaan peralatan yang kualitasnya tidak sebagus peralatan di dapur bersih.

Beberapa aktivitas dapur memang sebaiknya dilakukan di area dapur kotor. Sebagai contoh kecil, mengolah masakan Indonesia yang mengandung berbagai macam bahan dapat menghasilkan bau yang mana bau tersebut tidak seharusnya menjadi konsumsi tamu. 

Ditambah lagi, dalam kebudayaan masyarakat kita adanya asisten rumah tangga (ART) merupakan hal yang lumrah.  Mereka, yang dapat dikatakan memiliki tingkat sosial yang lebih rendah dari sang pemilik rumah ditempatkan di sini. Mereka bekerja di belakang. Terkadang mereka disebut orang belakang. Sementara itu dapur bersih banyak diperuntukkan untuk tamu dan kerabat dekat pemilik rumah berkumpul bersama-sama sambil menikmati hidangan yang sudah disiapkan.

0 Response to "Rumah Masa Kini: Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor"

Post a Comment