Apa itu CNC? Ini Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerjanya

CNC adalah sebuah mesin yang sangat serbaguna. Mesin ini pertama kali diciptakan sekitar tahun 1940an atau 1950an. Pada awalnya, mesin CNC hanyalah mesin perkakas biasa yang dimodifikasi dan difungsikan untuk membuat benda kerja yang tergolong rumit.

Mesin CNC mulai berkembang dengan pesat pada tahun 1975. Perkembangan tersebut didukung oleh adanya mikroprosesor yang membuat volume unit pengendalinya bisa disederhanakan dan diperkecil. Sekarang, mesin CNC sudah banyak digunakan di berbagai bidang, seperti di industri dan pendidikan. 

Karyawan Mengoperasikan Mesin CNC


Apa Itu CNC?

CNC merupakan sebuah singkatan dari kata Computer Numerical Control yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama komputer kontrol numerik. CNC adalah suatu mesin yang dirancang untuk mempermudah berbagai pekerjaan dalam industri manufaktur.

Mesin ini mampu menghasilkan berbagai komponen yang nantinya akan berguna bagi dunia keteknikan. Setiap pengerjaan yang membutuhkan mesin CNC harus terlebih dahulu diatur dalam komputer sehingga operator bisa mengendalikan mesin dengan jauh lebih mudah dan secara otomatis.

Dengan bantuan komputer, pengerjaan pun mampu memberikan hasil yang ukurannya jauh lebih presisi. Mesin CNC sangat mempermudah pekerjaan yang tadinya hanya dilakukan secara manual.

Kegunaan CNC

Ada berbagai fungsi atau kegunaan yang dibawa oleh setiap mesin CNC. Setidaknya ada 4 fungsi utama mesin CNC, yaitu:

  • Prototyping

Mesin CNC memiliki putaran mesin yang kecepatannya otonom. Dengan begitu desain prototipe yang sudah dipersiapkan bisa segera direalisasikan hanya dalam waktu singkat. Pembuatan prototype atau prototyping dengan menggunakan CNC bisa memberikan hasil yang jauh lebih berkualitas.

Sayangnya, prototyping dengan mesin CNC lebih mahal daripada prototyping dengan mesin printer 3D biasa. Prototipe yang dihasilkan oleh mesin CNC jauh lebih memenuhi standar yang tinggi karena material yang bisa digunakan sangat bervariasi dan tidak terbatas.

  • Proses produksi

Mesin CNC juga bisa berguna sebagai mesin untuk produksi. Produk yang dibuat menggunakan alat ini mempunyai kualitas yang bagus karena mesin CNC sangat memperhatikan detail dari setiap desain yang sudah dibuat.

Mesin CNC mempunyai berbagai kemampuan untuk memproduksi barang, yaitu dengan mengebor, mengukir, memotong, serta mengamplas. Untuk industri yang besar, mesin CNC bisa sangat efisien baik dalam segi biaya maupun dalam segi waktu.

  • Tooling

Mesin CNC mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai alat bantu dalam proses manufaktur atau produksi tidak langsung. Misalnya saat akan melakukan proses pencetakan injeksi, CNC bisa digunakan untuk menciptakan plat logam atau cetakan dasar.

Plat logam atau cetakan yang dihasilkan dengan bantuan CNC bisa diinjeksi baik dengan bantuan mesin injeksi dan dengan menggunakan material cair.

Jenis CNC

Mesin CNC sendiri terbagi dalam 2 jenis berbeda, yaitu mesin CNC Bubut dan Mesin CNC Frais atau Milling. Penjelasan tentang kedua jenis CNC adalah:

1. Mesin CNC Frais atau Milling




Jenis mesin CNC yang pertama ini mempunyai alat berbentuk silinder yang akan berputar. Alat tersebut Bernama pemotong penggilingan. Yang membuat alat ini berbeda dari berbagai alat pengeboran yang lain adalah kemampuannya dalam memotong berbagai sudut berbeda.

Selain itu, mesin CNC Frais juga bisa bergerak di berbagai sumbu yang tidak sama. Sehingga jenis mesin yang satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam proses pengeboran atau pemotongan material dengan memanfaatkan bantuan dari sistem komputer. Keunggulan mesin CNC ini adalah:

  • Mempunyai ketelitian, ketepatan, serta produktifitas yang sangat tinggi.
  • Bisa digunakan untuk membuat produk dengan bentuk-bentuk yang lebih kompleks.


2. Mesin CNC Bubut



Jenis mesin CNC berikutnya adalah suatu mesin yang bisa digunakan dengan bantuan programming yang sebelumnya sudah disesuaikan. Dengan begitu operator tidak perlu bekerja secara manual dengan menggunakan tangan. Tapi operator tetap harus menentukan bagian material yang diproses.

Kemudian rancangan yang sudah dibuat harus dikodekan sebelum diunggah ke komputer khusus untuk CNC. Mesin CNC bubut ini pun akan secara otomatis memberikan hasil yang bagus di bagian yang tadi sudah direncanakan. Keunggulan mesin CNC bubut antara lain adalah:

  • Proses produksinya lebih cepat sehingga bisa lebih menghemat waktu pengerjaan.
  • Mampu memberikan hasil produk yang seragam dalam segi ukuran dan bentuknya.

Baca juga: Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya

Prinsip dan Cara Kerja CNC

Untuk bisa menggunakan mesin CNC, operator harus terlebih dahulu membuat suatu program yang sesuai dengan produk yang akan diciptakan dengan menggunakan CNC. Cara membuat program tersebut adalah dengan mengetikkannya langsung di HMI mesin atau pada komputer pemrograman.

Program itu disebut dengan nama G-Code dan akan dieksekusi oleh sebuah prosesor yang ada di mesin CNC. Hasilnya berupa pengaturan pada mesin dan motor servo untuk kemudian menggerakkan alat CNC sehingga produk bisa dibuat sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Ada beberapa tahapan dalam mengoperasikan mesin CNC, yaitu:

  • Operator harus melakukan pembuatan model CAD yang kemudian digunakan sebagai patokan pembuatan suatu produk.
  • Berikutnya, operator perlu mengkonversi file dari program CAD ke program mesin CNC dan mempersiapkan mesin CNC untuk melakukan proses produksi.
  • Setelah mesin siap dan program juga sudah dimasukkan ke dalam komputer khusus mesin CNC, operator bisa segera menjalankan mesin untuk membuat produk sesuai dengan rancangan yang dimasukkan.

Cara pengoperasian mesin CNC sendiri adalah dengan mengetikkan perintah numerik dengan menggunakan tombol pada panel yang ada di setiap mesin. Terdapat dua sistem koordinat di setiap proses pemrograman pada mesin CNC. Koordinat ini harus diisi dengan tepat agar tidak meleset.

Keunggulan CNC adalah mampu menciptakan produk di berbagai media, seperti logam, kayu, plastic, busa, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan mesin ini, pastikan Anda memahami peraturan yang ada dan mengikuti semua instruksi yang diberikan dengan teliti agar terhindar dari kecelakaan.

3 Responses to "Apa itu CNC? Ini Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerjanya"

  1. Ijin bertanya kepada penulis yang saya hormati.
    1. Apakah boleh PPK melaksanakan pengadaan langsung mesin CNC (CNC Router untuk Industri Furnitur/Pengolahan Kayu) melalui distributor ??

    2. Jika dibolehkan sesuai regulasi terkait, mengingat mesin CNC tersebut adalah barang impor (sejauh pengetahuan penanya tidak ada mesin CNC skala industri buatan lokal), distributor yang dimaksud memiliki klasifikasi usaha besar/KBLI 46599 (terkait Pasal 65 Perpres 12/2021), apakah hal ini dapat diperbolehkan dan tidak bertentangan dengan Perpres??

    3. Jika diperbolehkan, pembuktian apa yang dapat dilakukan untuk membuktikan bahwa tidak ada perusahaan/penyedia dengan klasifikasi usaha kecil yang mampu menyediakan mesin CNC yang dimaksud ??

    Mohon referensi untuk permasalahan kami di atas. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika memang penyedia nya hanya ada di distributor silakan.
      2. Berarti paket non kecil
      3. Jika memang importir maka sudah bisa dipastikan tidak ada usaha kecil

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete