Ini Sejumlah Contoh Produk Manufaktur Yang Ada Di Dunia

Sejalan dengan permintaan pasar yang semakin meningkat, produk-produk dari industri manufaktur (manufacture industry) juga berkembang dengan sangat cepat. Cukup banyak sekali jenis dan contoh produk manufaktur yang masing-masing terus bersaing secara kompetitif. Sebagai contoh, produk manufaktur otomotif yang tiap tahun terus meningkatkan kualitas dan mutu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumennya. 

Manufaktur berasal dari bahasa Latin manu factum yang berarti dibuat dengan tangan. Manufaktur adalah proses produksi bahan baku menjadi produk-produk fisik yang lebih bernilai dan bermanfaat. Untuk memahami lebih jelas apa itu produk manufaktur dan kategori produknya yang tersebar di Indonesia, yuk baca artikel di bawah ini sampai selesai. 



Apa itu Produk Manufaktur?


Produk manufaktur adalah hasil dari proses manufakturing yang dikeluarkan oleh perusahaan manufaktur berupa barang jadi yang bernilai tinggi dan layak untuk dijual. Proses ini melibatkan bahan baku, suku cadang, dan komponen barang lainnya yang diproduksi dalam skala besar.

Adanya perusahaan-perusahaan manufaktur yang berkembang di suatu negara bisa disebut sebagai penopang utama ekonomi di sebuah negara tersebut, termasuk Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, industri manufaktur selain menggunakan mesin dalam proses produksinya, juga ada yang masih menggunakan tenaga kerja manual atau kombinasi keduanya. Sebagai contoh, produksi sepatu, minuman dan makanan, dan lain sebagainya. 

Produk atau barang manufaktur biasanya dijual langsung ke konsumen, atau ke produsen lain untuk diproduksi menjadi barang yang lebih kompleks, atau ke pedagang besar yang kemudian didistribusikan ke pedagang ritel.

Contoh Perusahaan atau Industri Manufaktur



Berikut adalah contoh produk manufaktur dari perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia yang merupakan perusahaan manufaktur.


1. Industri Dasar, Kimia, dan Konstruksi





Contoh produk-produk manufaktur di sektor industri dasar, kimia dan konstruksi adalah:

  • Semen
Ada beberapa produk semen yang sudah dikenal oleh masyarakat, seperti Semen Gresik, Semen Tiga Roda, dan Semen Holcim.


  • Keramik

Beberapa produk keramik, porselin dan kaca yang sudah terkenal, seperti merek UNO, Roman, Asia Tile, KIA Ceramic, Platinum TOTO (Washlet, Neorest, Hydrotect), Indogress, dan lain sebagainya.



2. Industri Otomotif


Industri otomotif merupakan salah satu industri manufaktur yang menggerakkan perekonomian dunia. Kebutuhan manusia akan kendaraan bermotor saat ini tidak dapat dielakkan. Dan industri ini telaah banyak menyerap banyak tenaga kerja dan menghasilkan pajak yang besar sebagai pemasukan negara.
 
Jika di dunia dikenal perusahaan otomotif Ford yang berdiri sejak 1903, di Indonesia sendiri ada grup Astra yang merajai industri otomotif sejak tahun 1957.


3. Industri Barang Konsumsi




Makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer masyarakat. Jadi tidak mengherankan jika industri barang konsumsi ini selalu laku di pasaran. 

Sebagai contohnya adalah produk dari Unilever dan Nestle yang menjadi salah satu perusahaan manufaktur dalam industri makanan minuman yang sudah dikenal dunia.

Di Indonesia ada beberapa perusahaan manufaktur besar dalam bidang industri dan makanan, diantaranya seperti Ultra Jaya, Wings Food, Sido Muncul, Siantar Top, produk Indofood, dan lain sebagainya.


4. Produk Kosmetik & Kecantikan




Industri perawatan dan kecantikan saat ini mulai menggeliat dan terus tumbuh seiring dengan perkembangan media sosial yang menuntut orang untuk selalu eksis dan tampil sempurna.

Industri ini telah melahirkan banyak merek dengan jumlah konsumen yang terus bertambah banyak. Tentu ini membutuhkan proses manufaktur yang berkesinambngan dan dibutuhkan ahli khusus seperti dermatologist yang melakukan pengujian secara terukur.

Salah satu merek yang cukup terkenal dari industri perawatan dan kecantikan dalah Body Shop, sedangkan untuk di Indonesia terdapat merek Martha Tilaar yang sudah sejak lama berdiri dan digunakan untuk perawatan kecantikan wanita Indonesia.



5. Elektronik



Sama halnya seperti industri otomotif, industri elektronik yang menghasilkan produk manufaktur ini juga menyumbang pendapatan terbesar di sejumlah negara. Tentu saja hal ini sejalan dengan manfaat dan kemudahan yang dapat dinikmati oleh konsumennya. 

Berkat pengembangan riset dan produk yang telah mereka lakukan, telah hadir berbagai produk elektronik mulai dari yang membidangi komputasi, percetakan, perlengkapan rumah tangga, sampai dengan gambaran digital.

Di dunia kita mengenal industri elektronik seperti produk-produknya Microsoft, Hewlett-Packard, Polytron, Maspion, Toshiba, Panasonic, LG Electronics, dan lain sebagainya.


6. Garmen




Sebagai inudstri padat karya, industri garmen merupakan industri manufaktur yang sangat banyak menyerap tenaga kerja. Produk yang dihasilkan berupa kain dan pakaian jadi. 

Sebagai contoh produk manufaktur pada industri ini adalah Guess, H&M, Calvin Klein, yang merupakan beberapa perusahaan garmen dan pakaian yang sudah mendunia. Sedangkan di Indonesia sendiri industri garmen terbesar dan cukup terkenal adalah Sritex yang berada di Kota Solo.

0 Response to "Ini Sejumlah Contoh Produk Manufaktur Yang Ada Di Dunia"

Post a Comment