Cara Loss Listrik PLN atau Sambungan Sementara: Ini Biayanya!

Di setiap rumah pastinya kita menemui yang namaya meter listrik atau kWH meter yang digunakan untuk mengukur besaran daya yang digunakan di rumah tersebut. Alat ini berfungsi untuk mebatasi jumlah daya yang dapat dialirkan melalui meter listrik tersebut. Yaitu mulai dari daya 450 watt, 900 watt, 1300 watt, dan seterusnya. Nah, saat penghuni rumah menggunakan daya melebihi batas maksimumnya tersebut, maka secara otomatis meter listrik akan memutus aliran listrik di rumah tersebut. Dengan begitu, pemilik rumah terpaksa mengurangi penggunaan daya listrik, sehingga listrik akan normal kembali.

Karena ada batasannya tersebut, dan kadang masyarakat memerlukan daya lebih pada waktu-waktu tertentu, misalnya punya acara hajatan, maka PT PLN (Persero) menyediakan layanan Penyambungan Sementara atau biasa dikenal Loss Listrik oleh masyarakat.

Layanan loss listrik ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ketika memiliki kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Layanan Sambungan Sementara ini bisa dimanfaatkan atas permintaan pelanggan dan bersifat tidak permanen atau tidak berkelanjutan. 





Apa itu Loss Listrik PLN? Ilegal atau Legalkah?


Loss listrik atau loss strom/loss watt adalah suatu tindakan tidak permanen dengan tujuan agar batas daya yang ada di meter listrik rumah bisa dibuka dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saat itu. Loss listrik ini biasanya digunakan pada saat ada momen tertentu, misalnya ada hajatan, pertunjukkan seni, pesta, dan keperluan lain yang memerlukan daya listrik yang lebih besar.

Nah, bagaimana caranya? Pelanggan dapat menyampaikan permintaan loss listrik atau sambungan sementara tersebut dengan datang ke kantor PLN setempat maupun melalui aplikasi PLN Mobile.


Karena mendapatkan izin dari PLN tersebut, maka loss listrik merupakan tindakan legal, ya. Selain memudahkan pelanggan, layanan Sambungan Sementara ini juga melindungi pelanggan dari  bahaya kelistrikan seperti kebakaran akibat korsleting yang terjadi karena penggunaan listrik yang tidak sesuai dengan standar atau penggunaan listrik ilegal.


Tahapan Cara Loss Listrik PLN




Setelah mempunyai alasan untuk melakukan loss listrik PLN di rumah, maka selanjutnya Anda dapat mengajukan permohonannya ke pihak PLN, yaitu caranya sebagai berikut:


A. Cara Mengajukan Loss Listrik PLN Secara Offline

Jika pelanggan ingin mengajukan permohonan Loss Watt atau Sambungan Sementara secara offline, maka dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Datang langsung ke kantor pelayanan PLN unit terdekat dengan menyerahkan persyaratan yang diperlukan, seperti:
  • Fotokopi KTP;
  • Kartu Pelanggan;
  • Bukti pembayaran bulan sebelumnya;

2. Menyiapkan biayanya

Untuk cara pembayarannya sendiri, pelanggan dapat membayar melalui ATM terdekat. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa menghubungi call center PLN pada nomor 123.


B. Cara Mengajukan Loss Listrik PLN Secara Online


Nah, jika ingin lebih simple temen-temen bisa menggunakan PLN Mobile untuk mengajukan loss listrik PLN. Berikut ini tahapannya:

  • Pelanggan tinggal memilih fitur Penyambungan Sementara di PLN Mobile;
  • Pilih ID Pelanggan yang akan diperbesar dayanya dan memasukan titik lokasi pelanggan. 
  • Lengkapi data-data yang dibutuhkan untuk pengajuan penyambungan sementaranya.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang diminta. Pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui PLN Mobile atau melalui Payment Point On Line Bank terdekat.


Nah setelah dilakukan pembayaran, pelanggan tinggal menunggu karena petugas akan langsung datang ke lokasi. 


Biaya Loss Listrik PLN


Untuk biaya loss listrik sendiri bisa langsung dicek melalui PLN Mobile. Di sana kalian bisa langsung memilih simulasi biaya Sambungan Sementara. Jadi, temen-temen nantinya bisa mengira-ngira biaya yang dibutuhkan. Buatlah rencana berapa lama loss listrik akan dilakukan, dan naik ke daya berapa yang diinginkan. Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan biaya perkiraan untuk loss listrik PLN tersebut.


Demikian penjelasan mengenai cara loss listrik PLN. Kebutuhan listrik tiap pelanggan PLN memiliki keperluan tertentu yang masing-masing berbeda kebutuhannya. PLN hadir dengan membantu pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan daya listrik lebih besar yang bersifat temporal sesuai kebutuhan yang disebut Sambungan Sementara atau Loss Listrik sebagaimana telah dijelaskan pada postingan ini secara lengkap dan detail. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Loss Listrik PLN atau Sambungan Sementara: Ini Biayanya!"

Post a Comment