Dampak Rumah Tidak Siku, Solusi dan Cara Memasang Keramik di Ruangan Tidak Siku

Bentuk rumah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bagi calon pemilik sebelum sebuah rumah tersebut dibangun. Terutama, bentuk dari sudut rumah tersebut. Umumnya sebuah rumah dibangun dengan sudut siku-siku pada tiap pojoknya. Lalu, bagaimana dengan bentuk rumah tidak siku? Apakah bakal berdampak pada proses pembangunan? Jawabannya iya, bahkan sampai tahap finishing ataupun dekorasi juga sangat ngaruh.

Bagaimana pun ruangan yang mempunyai sudut siku-siku akan lebih mudah ditata. untuk bisa tampil indah, nyaman, dan enak dipandang. Nah, bagaimana penanganan ruangan rumah yang tidak siku? Bagaimana pemasangan keramiknya? Simak penjelasan mengenai dampak rumah tidak siku, solusi, dan secara khusus cara memasang lantai pada rumah yang tidak siku pada artikel di bawah ini, ya.




Dampak Rumah Tidak Siku


Sebuah bangunan memang identik dengan bentuk-bentuk persegi dengan sudut siku-sikunya yang kaku dan tegas. Nah, jika memang kebetulan bangunan yang akan didirikan berbentuk tidak siku, karena alasan biar unik, maka sebaiknya pelajari dahulu beberapa dampak yang akan didapat.

Memang bangunan tersebut akan nampak dinamis, unik, dan memiliki estetika keindahan tersendiri. Namun jangan dilupakan dampaknya berikut ini:

1. Akan mengalami kesulitan dalam pemasangan lantai

Rata-rata material lantai yang tersedia di pasaran mempunyai bentuk persegi seperti keramik, terakota, marmer, hingga batu alam diproduksi dengan sudut siku-siku.Tak lain tujuannya agar lebih mudah dalam memasangnya. Nah, jika ruangan tidak siku-siku, maka bakal mengalami kesulitan dalam pemasangannya.

2. Ruangan akan tampak kurang menarik

Pemasangan keramik di ruangan yang tidak siku-siku, maka hasilnya akan terlihat miring. Susunan lantai keramik atau ubin tidak akan membentuk barisan lurus, melainkan berbentuk miring. Akibatnya ruangan tersebut bakal tampak kurang menarik.

Jika sudah begitu, bagaimana solusinya? Simak penjelasan di bawah ya.

 

Solusi Membangun dan Mempercantik Rumah Tidak Siku


Karena rumah tidak siku menimbulkan masalah baru meskipun tampilannya yang unik, maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa solusi yang biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan atau rumah yang tidak siku:


1. Memasang Keramik dengan Pola Diagonal


Solusi pertama adalah dengan cara mengaplikasikan keramik yang dipasang secara diagonal. Hindari pemasangan dengan pola lurus yang bisa menyebabkan tampilan lantai sebuah ruangan nampak tidak simetris. 

Pola diagonal ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk ruangan pada rumah yang bentuknya tidak siku ini. Cara memasangnya dimulai dari pintu masuk sehingga titik terakhir nantinya akan berada di sisi belakang yang berlawanan dengan pintu tersebut. Hasil dari pemasangan ini nantinya dapat memanipulasi mata orang yang melihatnya.


2. Memasang Keramik dengan Pola Acak


Jika dirasa pola diagonal kurang ideal karena tingkat kemiringannya terlalu jauh, maka solusi berikutnya adalah pemasangan keramik dilakukan dengan pola acak. Sebagai contohnya, keramik dipasang dengan pola zig-zag, maju-mundur, atau anyaman.


3. Menggunakan Keramik Berukuran Kecil

Keramik-keramik dengan ukuran kecil akan mampu membuat ruangan yang tidak siku menjadi tidak terlalu terlihat miring. Dengan begitu, ruangan termanipulasi dengan tampilan garis-garis yang jumlah banyak sehingga ruangan tersebut nampak seperti ruangan pada umumnya, yaitu berbentuk siku.


4. Memilih Keramik Berjenis Mozaik


Keramik mozaik ini menjadi pilihan keramik yang sangat tepat apabila digunakan untuk ruangan yang berbentuk tidak siku. Jenis keramik berbentuk kepingan-kepingan dengan ukuran yang beragam ini mampu mengatasi kecacatan pada ruangan yang miring.


5. Letakkan Lemari yang Berbentuk Miring

Jika pemasangan keramik sudah terlanjur dengan pola seperti biasa yaitu lurus. Karena Anda masih bisa menyembunyikan bentuk asli ruangan yang tidak siku dengan menutupinya memakai lemari. 

Buatlah lemari secara custom yang bentuknya miring pada bagian belakangnya, namun lurus bagian depannya. Gunakan tingkat kemiringan dinding untuk menyesuaikannya dengan sudut kemiringan lemari yang akan dibuat.


Cara Memasang Keramik Pada Bagian Rumah Tidak Siku




Setelah diberikan solusi bentuk-bentuk keramik yang sebaiknya digunakan untuk rumah tidak siku di atas, maka selanjutnya akan kami bahas mengenai cara pemasangan keramik pada bagian ruangan yang tidak siku agar tampilannya sempurna:

1.Persiapkan alat dan material


Pertama yang penting untuk dipersiapkan adalah alat dan material untuk pemasangan keramik, yaitu:

  • Penggaris siku dan pita pengukur/meteran.
  • Roskam keramik
  • Ember
  • Sendok semen
  • Pemotong keramik
  • Keramik dengan motif dan corak yang sesuai
  • Perekat keramik
  • Nat
  • Air

2. Menghitung Ukuran Ruangan


Sebelum pemasangan keramik pada bentuk ruangan yang tidak siku, maka tentunya harus diketahui dahulu berapa jumlah keramik yang dibutuhkan.

Baca juga: Ukuran Keramik dan Cara Menghitung Kebutuhannya


Untuk mengetahui jumlah yang dibutuhkan, maka harus dicari dahulu ukuran ruangan dan ukuran keramik yang akan digunakan. Siapkan juga keramik cadangan (tambahan) atau dilebihkan untuk mengantisipasi adanya keramik yang rusak, sehingga tidak dipasang.

Karena ukurannya benar-benar tidak persegi, maka yang dalam menghitung ukurannya dimulai dari sisi yang paling lurus. Sebut saja sisi yang paling lurus tersebut adalah area A. Kemudian, pada sisi-sisi yang miring, hitung luas persegi imajiner yang bisa menutup area tersebut yang dinamakan sisi B. Hitung luasnya, dan kemudian tambahkan kira-kira 10% hasilnya (untuk keramik cadangan).

 


3. Pilih Titik Awal untuk Pemasangannya


Pada bentuk rumah tidak siku, tidak bisa secara sembarangan melakukan pemasangan keramik sepanjang dinding. Pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan titik tengah ruangan secara tepat dan presisi. Baru selanjutnya, akan bisa dilakukan pemasangan secara semakin meluas ke seluruh sudut ruangan. 


Pada bagian ujung yang  miring atau melengkung, kita tinggal memotongnya sesuai kontur ruangan yang ada. Cara menentukan titik tengah ruangan adalah dengan cara mencari titik tengah tiap-tiap dinding, lalu kemudian menarik garis lurus ke dinding di seberangnya. 

Dari perpotongan garis itu, kita bisa menggunakan penggaris siku sehingga dapat ditentukan bentuk tegak lurusnya. Dan inilah titik tengah ruangan yang bisa digunakan sebagai titik awal mula pemasangan keramik.


4. Melakukan Pemotongan Keramik 


Pemotongan keramik ini diperlukan karena untuk memasang keramik pada sisi ruangan yang tidak tegak lurus.

Gunakan gergaji pemotong keramik dengan teliti sehingga hasil bentuk potongannya akurat, sesuai kontur ruangan. 

5. Proses Pemasangan Keramik


Dalam proses pemasangannya, gunakan perekat keramik yang memiliki kualitas cukup tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan bahan perekat keramik yang memiliki daya rekat yang tinggi. Jangan lupa untuk menekan keramik dengan tenaga yang cukup kuat. Lakukan mulai dari titik tengah ruangan hingga seluruh bidang tertutup secara sempurna.


6. Melakukan Pengecekan Ketinggian Keramik (Khususnya Pemasangan Keramik pada Area Kamar Mandi)


Pada tahap terakhir yang sebaiknya dilakukan adalah mengecek ketinggian keramik dengan waterpass. Khususnya untuk kamar mandi, maka perlu dibuat menjadi agak miring ke arah floor drain atau saringan air. Ini tentu saja bertujuan air tidak menggenang setelah kamar mandi selesai digunakan.

0 Response to "Dampak Rumah Tidak Siku, Solusi dan Cara Memasang Keramik di Ruangan Tidak Siku"

Post a Comment