Ukuran Keramik untuk Tangga dan Cara Menghitung Kebutuhan Jumlah Volumenya

Baik keramik lantai maupun tangga keduanya dijual dalam bentuk persegi atau persegi panjang dengan berbagai ukuran. Jika Anda tidak mengetahui ukuran keramik, mungkin akan mendapat masalah saat memulai proyek pekerjaan berikutnya. 

Dengan memahami berbagai jenis bentuk dan ukuran keramik tangga akan dapat membantu Anda menentukan yang terbaik untuk tangga di rumah Anda.

Pada penjelasan di blog ini, akan dibahas berbagai bentuk ukuran keramik tangga, cara menghitung kebutuhan jumlah volumenya, serta bagaimana keramik tersebut dapat memengaruhi tampilan tangga Anda, untuk membantu Anda memilih jenis dan model keramik tangga yang tepat untuk hunian Anda.



Ukuran Keramik Tangga dan Tips Memilihnya

Tangga merupakan salah satu area penting pada sebuah bangunan rumah atau gedung yang memiliki lebih dari satu lantai. Sebuah pelaksanaan pekerjaan tangga, kontraktor harus mempertimbangkan secara matang dan harus dilakukan perancangan secara kreatif. Salah satunya terkait dengan pilihan keramik untuk tangga.

Keramik untuk lantai tangga biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang, dengan ukuran 25x40, 25x80, 30x60, 30x80, 30x90, 30x120, dan lain sebagainya. Keramik tangga dengan ukuran besar sangat cocok untuk area lalu lintas tinggi seperti pada beberapa fasilitas publik. 

Sebagai contohnya, tangga di rumah sakit, hotel, gedung perkantoran, mall, dan lain sebagainya. Akan tetapi,  tidak ada salahnya jika Anda juga mengingkan untuk menggunakan keramik ukuran besar untuk lantai tangga di rumah.

Selain ukuran keramik, Anda juga perlu memperhatikan ukuran tangga yang ideal. Ini penting agar pengguna tangga merasa nyaman saat naik atau turun. Selain itu, jangan lupa pilih keramik dengan tekstur yang tidak licin agar melindungi pengguna dari bahaya terpeleset.

Sedangkan untuk harga keramik tangga sangatlah bervariasi. Pilihlah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan jenis motifnya.


Cara Menghitung Volume Keramik Tangga


Sebelum membeli keramik tangga, sebaiknya Anda melakukan perkiraan dan juga perhitungan terlebih dahulu berapa jumlah dus keramik yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemborosan, atau jika kurang maka tidak lagi repot untuk membelinya lagi yang biasanya harus memakan ongkos pengiriman.

Cara menghitung kebutuhan jumlah volume keramik tangga, maka dibutuhkan dua data penting, yaitu:

  1. Gambar detail atau gambar kerja dari pekerjaan pemasangan keramik tangga.
  2. Ukuran keramik tangga yang akan digunakan.


Contoh Perhitungan Volume Keramik Tangga dengan bentuk Lurus :

Gambar detail pekerjaan keramik tangga contohnya adalah sebagai berikut:




Dengan ukuran detailnya, yaitu: Lebar Tangga = 100 cm, Lebar Pijakan Anak Tangga (Aantrade) = 30 cm, dan Tinggi Anak Tangga = 15 cm (Optrade).

Sedangkan ukuran keramik untuk tangga yang akan dipakai adalah 30x60 cm.


Nah, dari gambar kerja di atas bisa dihitung berapa kebutuhan keramik untuk tangga, yaitu:

1. Anak tangga berjumlah 21 buah. Sedangkan keramik pijakan Anak Tangga (Aantrade) ke-21 tidak perlu dihitung, alasannya adalah keramik tersebut termasuk dalam perhitungan keramik lantai berikutnya (atau lantai di atasnya)

2. Jadi, bagian atau bidang dari tangga yang perlu dilakukan pemasangan keramik adalah:

  • Optrade = 21 bidang, ukurannya = 15 cm x 100 cm, dan
  • Aantrade = 20 bidang, ukurannya = 30 cm x 100 cm

3.  Membuat rencana atau pola pemotongan keramik untuk bidang Optrade dan Aantrade tersebut, dengan memakai Keramik ukuran 30cm x 60cm, kemudian hitung jumlah keramik yang dibutuhkan.

  • Pola pemotongan keramik untuk bidang Optrade, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.





Dari Gambar di atas dapat dilihat bahwa: 1 keping Keramik 30x60 tersebut dipotong setiap lebar 15cm (untuk kebutuhan pemasangan bidang Optrade), sehingga diperoleh penggalan A dan B. Potongan A dan B dapat dipergunakan untuk Optrade, namun sisanya tidak dapat dipergunakan (20 cm).


Jadi, 1 keping keramik ukuran 30x60 = 1 potong keramik ukuran 15x60 cm dan 1 potong keramik ukuran 15x40 cm = 15x100 cm (dua potong keramik gabungan)

Jumlah keramik ukuran 15x100 yang dibutuhkan untuk semua anak tangga = 2 potong x 21 = 42 potong.

Jumlah keramik ukuran 30x60 yang dibutuhkan untuk optrade = 42 potong : 2 = 21 keping.

  • Pola pemotongan Keramik untuk bidang Aantrade, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa: dibutukan dua keping Keramik 30x60 untuk membuat Aantrade. Untuk kebutuhan pemasangan bidang Aantrade, dua keping keramik tersebut tidak perlu dipotong pada bagian lebarnya, karena ukuran lebar sudah 30cm. Nah, yang perlu dilakukan pemotongan adalah salah satu keping, misalnya keping keramik B, sehingga menjadi 40cm.

Jadi, 2 keping Keramik ukuran 30x60 = 1 potong keramik ukuran 30x60 dan 1 potong keramik 30x40 = 30x100 (dua potong keramik gabungan).

Jumlah Keramik yang dibutuhkan untuk Aantrade adalah 2 keping keramik x 20 = 40 keping keramik.


4.  Kesimpulan dan Saran


  • Jumlah Keramik ukuran 30x60 yang dibutuhkan = 21 keping + 40 keping = 61 keping.
  • Jika 1 dus keramik ukuran 30x60 berisi 4 keping, maka kebutuhannya = 61 : 4 = 15,25 dus atau jika dibulatkan membutuhkan 16 dus keramik.
  • Untuk menghindari risiko pecah saat pemotongan, disarankan untuk melebihkan pembelian keramik. Tambahkan 1 dus keramik lagi, sehingga total pembelian menjadi 17 dus keramik berukuran 30x60 cm. 

7 Ide Model Keramik Tangga


Tangga merupakan area yang cocok untuk menghias interior rumah dengan bantuan ubin keramik lantai tangga yang indah. Memilih keramik tangga yang sesuai adalah pekerjaan yang cukup menantang karena keramik ini seharusnya tidak hanya menambah daya tarik estetika ruang tetapi juga harus sangat fungsional dan aman.

Dengan desain dan motif minimalis, keramik tangga akan sangat mengesankan terutama ketika pada pandangan pertama saat akan menaikinya. Jika Anda menyukai gaya modern dan minimalis, keramik tersebut sangat cocok untuk Anda. Dan jika Anda lebih suka desain keramik klasik, Anda tidak memiliki batasan pilihan.

Nah, berikut di bawah ini beberapa model keramik tangga yang mungkin menginspirasi untuk diterapkan di rumah:


1. Model Keramik Tangga Motif Kayu


Permukaan lantai keramik motif kayu pada tangga akan mampu menciptakan suasana hangat dan alami di dalam hunian. 

Keramik tangga dengan motif kayu tidak hanya untuk hunian bergaya tradisional saja, akan tetapi juga cocok untuk diterapkan pada hunian bergaya modern. Agar kesan tradisionalnya hilang, Anda bisa mengkombinasikannya dengan motif lain.

Umumnya motif kayu akan digunakan pada bagian Aantrade tangga. Sedangkan pada bagian Optrade menggunakan motif lain dengan warna-warna yang cerah.

2. Model Keramik Tangga Warna Krem


Warna krem yang diaplikasikan pada keramik tangga dapat mendatangkan suasana dan nuansa yang elegan pada ruangan.

Dengan tone warna natural tersebut, interior rumah akan nampak lebih lapang dan bersih.


3. Keramik Tangga Beraksen Hitam



Untuk memberi kesan minimalis, Andau bisa lo memilih keramik tangga dengan aksen warna hitam. Dipadukan dengan cat dinding warna putih akan terlihat begitu elegan seperti yang nampak pada gambar di atas.


4. Model Keramik Tangga Vintage



Pilihan motif keramik tangga selanjutnya adalah tegel kunci, yang merupakan keramik anti licin dengan nuansa vintage. Keramik model ini akan memberikan nuansa penuh artistik pada area tangga di rumah, seperti rumah zaman-zaman dahulu yang kokoh dan kuat.

5. Model Keramik Tangga Monokrom



Model keramik tangga bermotif monokrom ini cocok untuk gaya rumah minimalis. Dengan padupadan material kayu pada bagian railingnya dan dinding dengan warna putih, mampu memberikan tampilan interior yang nampak elegan dan aesthetic.


6. Model Keramik Tangga Polos

Desain tangga rumah minimalis tersebut lebih terlihat clean. Keramik polos tersebut memang merupakan pilihan yang aman untuk interior rumah, terlebih ketika digunakan pada sebuah tangga.

Keramik tangga polos juga akan memberikan dekorasi yang elegan dan adem.


7. Model Keramik Tangga Mewah



Dengan dilengkapi dengan lampu chandelier di atasnya, desain tangga rumah ini terlihat sangat mewah dan elegan. Pemilihan keramik lantai tangga dengan motif random sangat tepat diaplikasikan pada tangga yang berbentuk melingkar. Motif tersebut merupakan motif granit dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Kombinasi tiga warna tersebut dapat mempercantik interior rumah Anda dengan sangat sempurna.


Itulah ulasan mengenai ukuran keramik tangga dan cara menghitung kebutuhan keramik untuk tangga. Semoga penjelasan terkait dengan ide motif tangga di atas juga dapat menginspirasi untuk pilihan keramik di hunian Anda ya..

0 Response to "Ukuran Keramik untuk Tangga dan Cara Menghitung Kebutuhan Jumlah Volumenya"

Post a Comment