2 Cara Mudah Menggunakan Teknologi dengan Bijak

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang memberikan dampak positif dan juga negatif sekaligus. Sering kita mendengar berita berbagai kasus kejahatan atau kriminal yang diakibatkan dari dampak penyalahgunaan teknologi. Untuk itu, dibutuhkan sikap bijak dalam menggunakan dan memanfaatkannya. 

Cara menggunakan teknologi yang tidak bijak bisa saja memperkeruh suasana. Misalnya, kasus perceraian artis yang sejatinya bisa dilakukan dengan baik-baik, namun karena salah satu pihak tidak bisa menggunakan teknologi pada tempatnya akhirnya malah memancing keributan-keributan baru.

Oleh karena itu, kini mulai banyak sosialisasi di lingkup organisasi, mulai dari sekolah hingga organisasi masyarakat mengenai cara menggunakan teknologi dengan bijak. Tak lain hal ini merupakan langkah untuk mencegah dampak negatif yang bisa terjadi.



Dampak Negatif Teknologi yang Tidak Bijak dalam Penggunaannya


Sebagaimana telah disinggung di atas, teknologi informasi yang digunakan secara tidak bijak dapat memberikan dampak negatif bagi pengguna lainnya, yaitu:

  • Mudahnya tersebar berita-berita hoax
  • Tersebarnya konten-konten negatif yang dapat diakses dengan mudah dan dapat merusak generasi muda bangsa
  • Munculnya aktivitas illegal seperti cyber crime yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dampak Positif Jika Teknologi Digunakan Secara Bijak


Sedangkan dampak posifit yang mungkin terjadi dari peggunaan teknologi yang tepat adalah:

  • Mengakses informasi dan juga membagikannya semakin mudah dan cepat ke seluruh dunia.
  • Tanpa perlu mengkhawatirkan jarak, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, ataupun rekan kerja yang berada jauh dari kita
  • Dapat menggunakan email, aplikasi chatting, atau aplikasi lain untuk membagikan file penting kepada keluarga, teman, atau rekan kerja.
  • Semakin meningkatkan kualitas pendidikan. Baik guru maupun pelajar semakin mudah mendapatkan sumber bacaan yang dapat menambah wawasan menjadi lebih luas. 
  • Membuka industri kreatif di dunia digital.
  • Menjadi sarana hiburan bagi setiap individu, seperti penggunaan media sosial, game online, dan lain sebagainya.



2 Cara Mudah Menggunakan Teknologi Dengan Bijak



Nah kali ini akan diulas mengenai cara-cara penggunaan teknologi masa kini dengan bijak, yaitu:


1. Gunakan pada waktu yang tepat


Penggunaan teknologi kadang kala membuat lalai bagi penggunanya. Misalnya, setiap orang memiliki jam tidur untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Namun, karena tidak bijak dalam menggunakannya, sebagian orang terkadang sampai lupa waktu hingga melupakan kebutuhan dasar berupa tidur/istirahat.

Contoh lainnya adalah saat makan bersama keluarga atau berkumpul dengan keluarga. Saat ini banyak yang sibuk sendiri menggunakan gadgetnya padahal sedang berkumpul dengan tujuan reuni. Sampai ada istilah "teknologi mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat". Oleh karenanya, penting sekali untuk setiap orang secara sadar berupaya untuk bisa menempatkan diri agar teknologi tidak membuat kamu jauh dari lingkungan sekitar.


2. Gunakan teknologi untuk hal positif


Selanjutnya cara menggunakan teknologi dengan bijak adalah dengan menggunakannya untuk hal-hal positif baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun komunikasi. Gunakan internet untuk menghasilkan karya-karya kreatif seperti video edukasi. 

Sebaiknya kurangi penggunaan teknologi untuk hal-hal yang berbau negatif seperti hate speech, menyebarkan hoax, atau digunakan sebagai media untuk melancarkan kejahatan. 

Jika semua netizen (warga internet) menjalankan hal ini pastinya akan banyak manfaat yang bisa kita rasakan.

Nah, itu dia 2 cara menggunakan teknologi dengan bijak yang sebernanya sangatlah mudah. Ayo kita bisa memulainya dari diri sendiri untuk kemudian nantinya bisa ditiru pada lingkup yang lebih besar, seperti di keluarga.

0 Response to "2 Cara Mudah Menggunakan Teknologi dengan Bijak"

Post a Comment