Mengenal Floor Drain, Model atau Jenisnya, dan Tips Memilih

Floor drain berarti saringan air atau juga dikenal dengan istilah avur lantai. Benda ini dipasang pada lantai kamar mandi atau toilet untuk menutup lubang saluran pembuangan air.

Floor drain memiliki peranan yang penting untuk sanitasi rumah, lebih-lebih untuk bangunan hotel, apartemen dan gedung bertingkat lainnya yang memiliki ruangan toilet yang cukup banyak. Floor drain merupakan saringan pada saluran pembuangan air sehingga menjadi tujuan masuknya air buangan dari kamar mandi/toilet ke dalam pipa saluran pembuangan. 



Fungsi Floor Drain

Berikut ini adalah fungsi dari floor drain:

  • Menyaring kotoran seperti sampah plastik, rambut, dan lainnya agar tidak masuk ke dalam lubang saluran pembuangan air.
  • Mencegah terjadinya genangan pada kamar mandi atau toilet akibat kotoran atau sampah yang menyumbat saluran pembuangan.  

Model Floor Drain

Floor drain kini umumnya terbuat dari bahan stainless steel dengan dua model, yaitu;

1. Berbentuk lingkaran




Model ini merupakan yang paling populer dan banyak digunakan. Mungkin dari segi estetika, tampilannya dianggap kurang serasi dengan keramik lantai yang berbentuk persegi. Kekurangan lainnya adalah lubang saringan akan terlihat jorok apabila kotoran menumpuk setelah kamar mandi atau toilet digunakan.


2. Berbentuk persegi



Model floor drain berbentuk persegi ini bisa menjadi pemanis kamar mandi karena bentuknya yang serasi dengan lantai keramik yang berbentuk persegi. Selain itu, lubang saringan floor drain tidak terlihat karena terdapat tutup pada bagian atasnya. Sehingga kamar mandi akan tampil lebih bersih, apik dan nyaman ketika digunakan.


Tips Memilih Floor Drain atau Avur


 


Agar kamu dapat menemukan floor drain yang tepat untuk kamar mandi atau toilet, berikut ini tips yang bisa kamu jadikan panduan dalam memilihnya.


1. Perhatikan bentuknya

Terdapat dua jenis dari bentuk floor drain, yaitu lembaran dan mangkokan. Jenis floor drain yang berbentuk mangkokan memiliki daya serap yang kuat dan juga lebih aman apabila terjinjak. Selain itu,  perawatannya relatif mudah dibandingkan dengan bentuk floor drain lembaran.

    2. Pilih floor drain yang mudah untuk dibuka dan ditutup

    Sebaiknya pilihlah floor drain yang mudah untuk dibuka-tutup sehingga memudahkanmu untuk membersihkannya. Jika saluran air di kamar mandi atau toilet selalu bersih, maka bau yang tidak sedap pun tidak akan muncul.


    3. Perhatikan ukuran lubang floor drain

    Floor drain yang ada di pasaran cukup beragam desain ukuran lubang penyaringnya. Sebaiknya pilihlah floor drain dengan lubang penyaring yang banyak dan berukuran kecil-kecil, agar sampah atau kotoran dapat tersaring dengan baik.


    4. Pilihlah floor drain yang memiliki bola di dalamnya

    Floor drain yang dilengkapi dengan bola jauh lebih aman. Gunakan floor drain jenis ini karena dapat mencegah masuknya binatang kecil ke area kamar mandi dari saluran pipa pembuangan, akan tetapi air tetap bisa mengalir melalui saluran tersebut.

    5. Pilih floor drain yang memiliki saringan dua tingkat

    Floor drain
     yang memiliki saringan dua tingkat didesain untuk mempermudah proses penyariangan sampah atau kotoran. Apabila saringan tingkat pertama tidak mampu menyaring dan menampung kotoran, maka akan tersaring dan tertampung di penyaringan tingkat dua.

     

    Cara Merawat Floor Drain

    Ada berbagai produk merek floor drain yang berkualitas di pasaran seperti TOTO, Onda, American Standard dan lainnya. Sebelum mengetahui cara merawat floor drain, sebaiknya kamu ketahui dulu bahan dari floor drain dan bagian-bagiannya. Floor drain umumnya terbuat dari stainlees steel atau besi dan ada juga bahan plastik PVC. Sementara itu floor drain ada yang memiliki satu dan juga dua tingkat saringan, serta terdapat bola di dalamnya.

    Agar floor drain awet, maka perlu dibersihkan secara teratur agar sampah/kotoran seperti rambut, plastik dan lain-lain yang tidak sengaja terbuang di dalam kamar mandi tidak tersangkut di floor drain 

    Agar floor drain dapat berfungsi secara optimal, maka perlu dibuat kemiringan yang cukup agar air dapat mengalir dengan lancar ke arah floor drain.

    Sementara itu untuk mencegah agar kamar mandi tidak bau, kamu dapat menempatkan toilet balls di sekitar floor drain.

    0 Response to "Mengenal Floor Drain, Model atau Jenisnya, dan Tips Memilih"

    Post a Comment