14 Model Rumah Sederhana Tapi Indah: Ini Kiat dan Tips yang Bisa Diikuti

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Salah satu aspek yang menjadi perhatian ketika seseorang akan membangun rumah adalah aspek keindahan. Maka tak heran, jika model rumah sederhana tapi indah diminati banyak orang.

Sebab, model rumah yang sederhana umumnya terkesan lebih simpel dan tidak berlebihan. Selain itu, rumah yang sederhana juga cenderung tidak membutuhkan banyak dana saat membangunnya. Jika Anda sedang mencari inspirasi rumah model ini, maka artikel ini adalah tempat yang cocok.




Deskripsi Model Rumah Sederhana Tapi Indah


Seperti yang sudah disebutkan, keindahan rumah menjadi aspek yang penting diperhatikan ketika seseorang membangun rumah. Sebelum membangun rumah, biasanya akan terdapat model rumah terlebih dahulu, sebagai perkiraan bentuk jadi dari rumah tersebut. Rumah sederhana memiliki desain ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur yang simple. Meskipun tidak mewah Anda tetap bisa mendekorasinya agar nampak indah.

Nah, model rumah yang banyak diminati ialah model rumah sederhana tapi indah. Sebab, model rumah tersebut memiliki kesan yang simpel, tetapi tetap indah. 

Rumah sederhana yang indah tidak hanya bisa diterapkan di perkotaan saja, tetapi juga bisa di perkampungan. Selain itu, terdapat bermacam-macam model yang bisa Anda pilih sesuai selera, kebutuhan, dan keadaan sekitar.

Dengan membuat desain rumah yang sesuai dengan keadaan sekitar, kenyamanan dalam rumah pun bisa terpenuhi.

Bagi yang membutuhkan model desain rumah sederhana tapi indah untuk inspirasi rumah masa depan Anda, berikut kami sajikan 14 ide desain baik untuk di perkampungan atau di perkotaan.

Baca juga: Desain Dapur Sederhana di Kampung


Ide Desain Rumah Sederhana Tapi Indah


Sedang membutuhkan inspirasi model rumah sederhana tapi indah untuk hunian masa depan Anda? Berikut beberapa pilihan yang mungkin cocok untuk Anda, tersedia juga untuk perkotaan dan perkampungan.

A. Model Rumah Sederhana Di kampung Tapi Nampak Indah

1. Model untuk lahan luas




Di perkampungan, biasanya masih terdapat banyak lahan kavling yang luas. Oleh karena itu, model rumah sederhana tapi indah dengan area belakang dan depan yang luas ini bisa menjadi pilihan yang cocok di perkampungan.


2. Model dengan area parkir yang luas


Bagi yang memiliki mobil atau motor, sudah seharusnya jika memiliki lahan parkir sendiri di area rumah. Sebab, jika diparkir di pinggir jalan, akan mempersempit jalan yang akan dilewati kendaraan lain.

Bagi yang membutuhkan ide dengan lahan parkir luas, model rumah sederhana tapi indah di kampung ini mungkin saja cocok untuk Anda.


3. Model dengan halaman depan yang luas



Ingin meletakkan berbagai macam tumbuhan di halaman depan? Berarti, Anda wajib mendesain rumah Anda dengan halaman depan yang luas. Kebetulan sekali, model rumah yang disajikan di bawah ini cocok untuk halaman depan yang luas.


4. Model nuansa cokelat




Apabila Anda tinggal di perkampungan dan menyukai warna earth tone, maka model rumah yang satu ini akan cocok dengan Anda. Singkatnya, rumah ini memiliki dominasi warna cokelat dan dilengkapi dengan tumbuhan-tumbuhan. 


5. Model atap sirap


Atap sirap memiliki tampilan khas rumah tradisional Indonesia. Walaupun saat ini kebanyakan rumah menggunakan atap genting, tetapi atap sirap juga masih cocok digunakan. Jika Anda penggemar rumah tradisional Indonesia, seperti rumah Joglo, model rumah atap sirap mungkin cocok untuk Anda.


6. Model rumah kayu



Model rumah sederhana tapi indah yang kelima memanfaatkan kayu untuk komponen bangunannya, seperti tembok, tangga, tiang, dan lain-lain. Sangat cocok untuk Anda yang gemar tema back to nature.


7. Model rumah panggung sederhana tapi indah



Apakah Anda tahu tentang rumah panggung khas Jambi? Nah, model rumah ini memiliki kesamaan, yakni terdapat pilar di bawahnya. Namun, model yang disajikan berikut sudah dimodifikasi dibanding rumah panggung khas Jambi.

Baca juga: 8 Ide Desain Rumah Panggung Minimalis Modern dan Cantik


B. Model Rumah Sedehana Di kota Namun Nampak Indah

1. Model modern minimalis




Model yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang di perkotaan. Hal itu dikarenakan rumah modern minimalis ini memiliki kesan mewah, indah, tetapi tidak berlebihan. 


2. Model untuk lahan sempit




Perkotaan identik dengan keterbatasan lahan. Oleh karena itu, kita harus memutar otak untuk membangun rumah yang indah di lahan yang sempit. Jika Anda sedang mengalami hal yang sama, mungkin model yang satu ini bisa menjadi inspirasi.


3. Model rumah atap datar atau flat rooftop




Flat roof atau atap datar menjadi model kekinian yang sedang diminati akhir-akhir ini. Model atap datar memiliki visual yang sederhana tetapi tetap menari,

Namun, Anda harus mempertimbangkan saluran air pada atap, supaya tidak atap tidak tergenang air ketika terjadinya hujan.


4. Model dengan atap pelana




Atap pelana identik dengan atap miring di kedua sisinya. Untuk menambahkan keindahan model rumah sederhana tapi indah ini, Anda bisa memilih warna-warna yang minimalis.

Jika bertekad untuk membangun rumah model ini, Anda harus memperhatikan gording dan kuda-kuda yang kuat.

 


5. Model dengan desain natural




Anda bisa menggunakan batu bata atau batu alam sebagai ornamen tembok rumah untuk mendapatkan kesan yang natural. Lebih baiknya jika ditambah beberapa pohon rindang.


6. Model rumah sederhana dengan gaya Jepang




Rumah gaya Jepang terkenal dengan konsepnya yang minimalis dan ruangannya yang rapi. Model ini menjadi populer akhir-akhir ini karena tetap indah walaupun sederhana dan simpel.

Untuk melengkapi ‘gaya Jepang’ itu sendiri, Anda bisa menambahkan kayu dengan warna pastel atau bambu sebagai ornamen.


7. Model atap miring



Model atap miring merupakan salah satu model kekinian dengan nuansa modern yang menjadi favorit banyak orang. Selain indah, rumah atap miring mudah mengalirkan air hujan, sehingga cocok dibangun di daerah iklim tropis seperti Indonesia.


Kiat Membangun Rumah yang Indah


Rumah seharusnya menjadi tempat ternyaman untuk kembali pulang dari padatnya rutinitas seharian. Untuk menciptakan kenyamanan dibutuhkan kerjasama antar penghuni, yaitu antara orang tua dan anak haruslah harmonis. Selain hubungan antar anggota keluarga, rumah yang sederhana akan nampak indah jika pemilik menerapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Buat desain rumah sematang mungkin.
  2. Atur tata ruang.
  3. Pertimbangkan fungsi dan kenyamanan.
  4. Tinjau material bangunan dan tukang bangunan secara berkala.
  5. Lakukan pembangunan secara bertahap.
  6. Siapkan anggaran yang sesuai.


Apakah Anda mulai tertarik untuk membangun rumah dengan model rumah sederhana tapi indah? Jika iya, jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek kenyamanan dan fungsi bangunan, ya, karena kedua aspek tersebut juga tidak kalah penting dari keindahan.

0 Response to "14 Model Rumah Sederhana Tapi Indah: Ini Kiat dan Tips yang Bisa Diikuti"

Post a Comment