7 Ide Desain Dapur untuk Rumah di Kampung Sederhana, Cantik, dan Natural

Dapur merupakan salah satu ruangan yang harus ada di dalam sebuah hunian baik rumah modern maupun rumah sederhana. Desain antara dapur di perkampungan dengan dapur di rumah modern perkotaan biasanya berbeda, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mengimplementasikan konsep dapur modern ke dalam sebuah dapur di kampung.

Dapur sederhana yang dibangun di kampung halaman seyogyanya harus memenuhi kebutuhan bagi pemiliknya ketika ingin menyiapkan atau memasak makanan. Oleh karenanya, ide desain dapur sederhana ini sangat perlu kamu perhatikan sehingga nantinya kamu dapat membuat dapur impianmu di kampung. Berikut ini sejumlah ide yang mungkin saja akan menginspirasimu.

Via Pinterest


7 Ide Desain Dapur Sederhana di Kampung


Kegiatan memasak di dapur bisa dikatagorikan sebagai sebuah pekerjaan setengah berat yang cukup melelahkan. Oleh karenanya untuk mendukung kegiatan tersebut, kamu perlu menyiapkan desain dapur yang nyaman dan sederhana di kampung halamanmu. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk memasak setiap harinya. 

Yuk simak berikut ini adalah 7 ide desain dapur sederhana di kampung yang bakal membuatmu semakin gemar untuk memasak.

1. Dapur Sederhana Kampung dengan Kitchen Set Perkotaan Modern


Meskipun di desa kamu tetap dapat mengaplikasikan dapur sederhana dengan kitchen set yang sesuai standar baik dari segi ukurannya maupun model layoutnya.

Baca juga: Ukuran Standar dan Model Layout Kitchen Set

Kamu dapat meminta tukang kayu untuk membuatkan kitchen set yang disesuaikan dengan seleramu. Sebagai gambaran umum, tinggi meja dapur/kerja di rumah sederhana sekitar 85 - 90 cm. Dengan desain yang ergonomis ini tentu tidak akan membuatmu merasa cepat capai ketika memasak.

Kamu juga harus memperhatikan untuk memilih peralatan-peralatan dapur yang cocok dengan persyaratan ergonomi. Hal ini penting dilakukan agar tubuh tidak mudah lelah dan kesehatanpun tetap terjaga.

2. Dapur Sederhana untuk Rumah Type 36


Sebagai ruang untuk memasak dan menyiapkan makanan, ide desain dapur sederhana ini bisa menjadi pilihan untukmu yang memiliki rumah dengan type 36 di desa. 

Jika umumnya dapur rumah type 36 selama ini kebanyakan berada di ruang tertutup atau tersembunyi, maka kamu bisa mencoba untuk menerapkan konsep dapur terbuka sederhana dengan desain memanjang seperti gambar di atas. Ini sangat cocok lho untuk desain dapur sederhana di kampung.


3. Dapur Sederhana dengan Dinding dari Kayu untuk Rumah di Kampung



Kayu merupakan salah satu bahan konstruksi yang banyak dibutuhkan untuk pembanguanan rumah. Apalagi jika kamu mengusung tema natural, seperti pemasangan dinding kayu pada dapur.

Dengan tema natural ini dapur akan memberikan kesan homey yang hangat bagi penghuninya. Dengan demikian, dapur bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.


4. Dapur Sederhana Terbuka di Kampung



Tidak masalah jika dapur berada di area luar, terlebih rumah-rumah di perkampungan. Dapur mempunyai tempat tersendiri dan terpisah dengan bangunan utama rumah. Hal ini tentu saja sangat menarik ketika diaplikasikan pada dapur cantik sederhana di kampung.

Dapur ini tidak memerlukan luas yang besar. Kamu dapat membuat model layout dapur persegi. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan dinding pada dapur outdoor ini terbuat dari bahan yang aman dan kuat karena digunakan sebagai pelindung utama.

Dengan konsep dapur sederhana yang yang terpisah dengan ruangan lainnya akan memberikan area yang lebih tenang dan terang.

5. Desain Dapur Rumah Type 21 di Kampung


Memang terkadang kita bingung mendesain sebuah ruangan, termasuk dapur, jika ukuran rumah sendiri tergolong minimalis seperti pada rumah type 21 ini. Namun jangan khawatir selalu ada ide untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Rumah minimalis type 21 dengan luas yang tidak terlalu besar bukanlah halangan bagimu untuk menjadikan dapur sebagai salah satu tempat yang nyaman untuk memasak dan menyiapkan makanan. Seperti pada gambar desain di atas, buatlah ruangan yang memanjang dan manfaatkan dinding semaksimal mungkin untuk tempat menyimpan perabotan dapur.

6. Dapur Sederhana dengan Dinding Keramik Motif Monokrom untuk Rumah di Kampung


Agar terhindar dari tampilan dinding yang kotor, kamu dapat memilih keramik dengan motif monokrom untuk dapur di kampung. Sedangkan untuk cabinet setnya kamu dapat memilih warna coklat pada finishingnya.

Ada banyak motif keramik dinding dapur yang berwarna hitam putih, misalnya ada motif belah ketupat dan segi enam, dan juga motif bunga. Dengan demikian, kamu dapat memilih sesuai selera yang kamu inginkan karena tidak hanya dalam satu motif saja yang tersedia di pasaran.

7. Dapur Sederhana dengan Meja Island untuk Rumah di Kampung



Meskipun tinggal di desa kamu tetap dapat mengaplikasikan komponen dapur modern ala perkotaan. Misalnya seperti meja island untuk dapur. Kamu dapat memilih meja island dengan desain rustic ataupun yang bergaya industrial. 

Meja island berbahan kayu ini akan memunculkan kesan hangat dan homey.  Apalagi jika konsep desain dapur di kampung cenderung dibangun bertemakan klasik. 

Kamu dapat menempatkan beberapa kursi di sekitarnya. Meskipun desain mejanya sangat sederhana namun namun tetap mempunyai nilai estetis tinggi.

Itulah ulasan mengenai ide desain dapur sederhana di kampung. Saat ini dapur tidak hanya sekedar digunakan sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan, akan tetapi juga dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, tempat berkumpul dengan teman atau sanak keluarga.

0 Response to "7 Ide Desain Dapur untuk Rumah di Kampung Sederhana, Cantik, dan Natural"

Post a Comment