Ukuran Kitchen Set dan Pilihan Model Layoutnya untuk Rumah Minimalis

Pembangunan rumah minimalis harus banyak memperhitungkan kebutuhan dan ukuran struktur yang akan dibuat. Mulai dari ukuran ruang tamu hingga ukuran luas dapur. Luas dapur umumnya sebesar 10% dari luas rumah. Luas dapur rumah minimalis sekitar 4 – 5 m² sudah cukup bermanfaat untuk dapat dipakai aktifitas.

Agar luas dapur bisa lebih efektif dan efisien, salah satu yang wajib diperhitungkan adalah ukuran kitchen set dan model layout-nya. Dengan kitchen set yang berukuran ideal, maka aktifitas yang kamu lakukan akan lebih nyaman, namun jika kamu salah memperhitungkan ukuran dari kitchen set, maka kegiatan di dapur akan mudah terhambat. Sedangkan untuk pemilihan model layout kitchen set akan memberikan efek pada tampilan dapur kamu, apakah elegan atau tidak, nyaman atau tidak, dan praktis atau tidak.

Ukuran dan Pilihan Model Kitchen Set : souce image via faizahalfaza94.files.wordpress.com



Ukuran Standar Kitchen Set



Kitchen set dapat dikatakan sebagai perlengkapan dapur yang multifungsi karena memiliki fasilitas penyimpanan, fasilitas pencucian hingga fasilitas untuk kerja. Fasilitas penyimpanan diwakili oleh lemari cabinet, fasilitas pencucian sudah tentu diwakili oleh bak cuci piring dan fasilitas kerja diakomodir oleh kompor, microwave atau oven serta top table.

Berikut ini ukuran bagian-bagian dari kitchen set yang perlu diperhatikan:

Via arsitur.com


1. Area Kerja

Area kerja yang dimaksud di sini adalah adanya ruang bebas yang dipersiapkan antara counter (meja) satu dengan counter lainnya yang letaknya berhadapan. Atau area kerja di sini juga bisa diartikan area yang digunakan berjalan bolak-balik di dapur. Jarak yang perlu kamu persiapkan di sini kurang lebih adalah 80 - 115 cm (seperti gambar di atas pada bagian gambar yang kanan) untuk memudahkan kamu mengambil barang yang berada di bawah atau menaruh rak piring di lantai bawah yang mengharuskan kamu untuk membungkuk.

Sedangkan untuk ukuran jarak antara meja satu dengan yang lainnya yang harus kamu persiapkan adalah kurang lebih 120 cm.


2. Ketinggian

Ketinggian yang dimaksud di sini adalah ketinggian yang akan kamu pergunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti mencuci piring, meracik, dan memasak yang umumnya dilakukan pada meja dapur yang dilengkapi dengan kabinet bawah. Ada baik nya ketinggian yang harus kamu atur adalah ketinggian yang membuat kamu nyaman dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ketinggian ideal sebuah  sekitar area pinggul kamu kurang lebih sekitar 85 cm dari lantai.

3. Jarak Ideal

Untuk menjalankan aktivitas di dapur, kamu harus memastikan jarak ideal kitchen set. Sesuai gambar di atas, jarak yang ideal antara meja dapur dan kabinet atas adalah sekitar 50-70 cm. Dengan jarak tersebut akan mempermudah kamu untuk menggapai barang yang ada di kabinet atas.

4. Lebar Meja dengan Struktur Kabinet Bawah

Salah satu hal terpenting adalah lebar meja dapur atau kabinet bawah. Kabinet bawah ini berguna sebagai meja untuk area kamu meracik, memasak dan mencuci. Lebar meja dapur yang ideal adalah kurang lebih sekitar 50-70 cm, dengan ukuran panjang 60–150 cm (untuk kabinet bawah dengan dua pintu) dan tinggi 70-85 cm.

Kabinet bawah ini dapat diisi dengan keranjang yang dapat ditarik sehingga sangat membantu karena perabot atau bahan makanan yang disimpan menjadi mudah dijangkau.

5. Lebar Kabinet Atas

Kabinet atas tergantung setinggi mata manusia atau 150 cm di atas permukaan lantai. Untuk kabinet atas sebaiknya memiliki lebar kurang lebih sekitar 35 cm agar saat kamu melakukan kegiatan masak memasak tidak mengenai kepala. Berikut ini ukuran ideal kabinet atas:


  • Ukuran lemari cabinet atas satu pintu menggunakan ukuran panjang 40 - 60 cm, lebar maksimal 35 cm dan tinggi kabinet 36/66/100 cm. 
  • Ukuran Lemari cabinet atas dua pintu menggunakan ukuran panjang 70 – 150 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 50/66/100 cm.

Kabinet atas gantung sangat efisien untuk menyimpan barang peranti makan porselen dan menyimpan makanan kaleng.


6. Rak Terbuka

Rak terbuka ini bisa didesain pada lemari atas, bawah maupun lemari dinding. Rak ini memiliki fungsi untuk menyimpan panci dan teko yang sering digunakan ketika memasak. Ukuran rak terbuka ini bervariasi tergantung dengan ukuran lemari kabinet atas.

7. Lemari Kabinet Laci

Lemari ini biasanya terletak di lemari bawah. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk menyimpan benda-benda kecil seperti sendok dan garpu, kini ukuran lemari laci dibuat besar dan dalam sehingga dapat digunakan untuk menyimpan panci dan wajan. Ukuran laci yang dipakai mengikuti bentuk lemari cabinet dengan panjang sekitar 45-60cm dan lebar 60 cm.

8. Lekukan Bawah Kabinet

Untuk lekukan bawah kabinet sekitar 10-15 cm, agar kamu dapat dengan nyaman berdiri tegak menghadap meja dapur. Lekukan ini juga akan memudahkan kamu saat melakukan pembersihan area dapur seperti misal nya menyapu dan mengepel.

9. Lemari sudut
Contoh Lemari Sudut

Untuk memanfaatkan sudut dapur yang biasanya menjadi tempat yang terbuang karena bagian ini sulit dijangkau adalah dengan membuat lemari sudut. Lemari ini dibuat dengan dua pintu lemari yang kedua pegangannya berada disudut lemari atau dengan pintu berengsel dobel sehingga ketika kedua pintu dibuka, lemari dapat tebuka lebar–lebar dan seluruh isi lemari dapat terbuka.

Untuk ukuran lemari cabinet sudut menggunakan ukuran panjang 65 - 100 cm, lebar sisi yang panjang 85 - 100 cm, lebar sisi yang pendek 60 cm dan tinggi 85 cm.



Pilihan Model Layout Kitchen Set



Selain ukuran kitchen set, kamu juga harus mengetahui beberapa model layout kitchen set yang dapat kamu pilih. Untuk mewujudkan dapur yang layak pakai dan dapat memenuhi kebutuhan dari penghuniberikut ini adalah beberapa model kitchean set untuk rumah sederhana dengan luas dapur 4 – 5 m².


A. Single Line Layout
Kitchen Set Single Line

Single line layout adalah salah satu model layout dapur yang bisa dibilang paling simpel dengan bentuk dasar garis lurus. Dibandingkan dengan model layout kitchen set lainnya, barang-barang yang ada di dapur seperti kulkas dapat diletakkan searah dan sejajar.

Tipe kitchen set ini biasa diletakkan menempel pada dinding ruangan. Semua peralatan memasak sejajar dalam satu garis. Kitchen set model ini memiliki ukuran sekitar 200-220 cm dengan ukuran tinggi kabinet bawah kurang lebih sekitar 85-100 cm.


B. Layout L
Kitchen Set Layout Model Huruf L

Model layout ini sangat cocok dipergunakan pada sudut ruangan. Model kitchen set huruf L ini dapat didesain dengan menyatu pada ruang makan.

Ukuran dari model layout ini memiliki lebar kurang lebih 60 cm, tinggi sekitar 85 cm, dan panjang sekitar 300 cm. Ukuran stkamur yang dipergunakan adalah sebagai berikut;

  • Kabinet bawah berukuran sekitar 200 cm x 70 cm x 60 cm 
  • Kabinet atas berukuran sekitar 300 cm x 30 cm x 100 cm. 

Penempatan kitchen set menempel pada dinding ruangan dan membentuk konfigurasi seperti huruf L. Walapun berbentuk huruf L. kitchen set model ini tidak harus diletakkan pada sudut ruangan. Adapun bahan yang biasa digunakan adalah bahan multiplek.

Dengan menggunakan model layout ini maka ruangan akan terlihat lebih luas.

C. Layout U
Via Pixabay.com

Kitchen set berbentuk huruf U ini biasa digunakan di dapur yang berbentuk persegi dengan luas dapur yang cukup besar. Seperti pada gambar di atas, posisi sing atau tempat cuci piring berseberangan dengan kulkas atau diapit oleh meja dan tempat untuk memasak.

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat dengan kitchen yang ber-layout U:

  • Setiap space pada kitchen set model huruf U ini membuat penghuni serasa menjadi peserta kompetisi memasak di televisi.
  • Model dapur ber-layout U memberikan kemudahan bagi penghuni saat menata dan menempatkan peralatan dapur. 
  • Kondisinya yang tidak terlalu besar dan berbentuk U yang mengelilingi penghuni saat memasak, membuat perabotan dapur mudah dijangkau.
  • Dapat memaksimalkan storage dapur dengan penempataan kabinet atau lemari gantung yang ditempatkan hampir di setiap sisi dinding.
  • Ruangan dapur berbentuk U membuat kegiatan dapur yang semakin leluasa dan menyenangkan. Ruang dapur pun terasa sangat rapi juga nyaman.
D. Layout Breakfast Nook
Via trendir.com

Bagi kamu yang menginginkan model dapur sederhana namun suasananya unik, kamu bisa memilih model layout dapur bertipe breakfast nook ini. Model dapur sederhana ini dilengkapi dengan sofa atau kursi yang empuk dan meja kecil untuk menempatkan menu sarapan.

Model layout breakfast nook ini bisa dipergunakan di area dapur apartemen atau rumah minimalis dengan ruang dapur yang sangat terbatas.

Kesimpulan

Dalam memilih ukuran kitchen set dan model layout dapur ini kamu harus memperhitungkan pencahayaan yang masuk ke dalam dapur. Lantai yang berada di dapur kamu juga perlu diperhatikan agar dapur yang super mungil ini dapat dengan nyaman kamu pergunakan untuk kegiatan masak memasak.

Hal terpenting berikutnya adalah pemilihan material yang akan dipergunakan untuk membuat kitchen set kamu. Kualitas super tinggi dan ketahanan material tersebut akan memengaruhi kenyamanan kamu saat berada di area dapur. Dan untuk menambah kenyamanan sebaik nya kamu memilih cat untuk dapur kamu dengan warna-warna yang lebih soft agar kenyamanan di dapur lebih terasa lagi.

Dan itulah penjelasan dari kami mengenai ukuran kitchen set sesuai standar yang umum dipakai oleh perumahan di Indonesia. Semoga dapar mempermudah bagi kamu yang sedang merencanakan model ktchen set untuk rumah idamanmu.

0 Response to "Ukuran Kitchen Set dan Pilihan Model Layoutnya untuk Rumah Minimalis"

Post a Comment