8 Ide Desain Rumah Panggung Minimalis Modern dan Cantik

Berbicara tentang rumah panggung, pasti sudah bisa dibayangkan bentuk dan desainnya seperti apa. Rumah panggung memang identik dengan rumah adat di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangannya, rumah panggung minimalis bisa menjadi pilihan desain rumah modern.

Rumah panggung klasik memiliki material utama dari kayu. Saat ini banyak yang telah mengadopsi ke desain kekinian dan modern. Tentunya model rumah ini akan menjadi sebuah hunian yang unik serta menarik. Material yang disematkan juga bervariasi, jadi bukan hanya menggunakan kayu.



8 Ide Desain Rumah Panggung Minimalis Modern Dan Cantik

Apabila Anda mengamati, saat ini beberapa developer rumah banyak yang telah mengaplikasikan konsep rumah panggung untuk hunian yang sedang dikembangkan. Rumah panggung memang memiliki kelebihan tertentu, khususnya anti banjir. Lalu apa sajakah desain rumah panggung saat ini?

1. Desain Rumah Panggung Minimalis Terbaru


Desain rumah panggung ini menjadi pilihan jika ingin memiliki hunian yang nyaman. Material utamanya adalah kayu, namun tetap terlihat simpel dan kokoh. Kesan modern dengan menambahkan material kaca pada beberapa bagian rumah, dan sebagai support system untuk memudahkan cahaya masuk.


2. Desain Rumah Panggung Modern Cocok untuk Bangunan Dekat Pantai



Desain bangunan rumah dengan konsep rumah panggung yang satu ini, sangat elegan dan menarik. Seperti halnya rumah panggung yang lain, material yang digunakan adalah kayu. Namun rumah ini didominasi dengan warna hitam hampir di seluruh ruangan.

Pada bagian lantai masih menggunakan material kayu yang diaplikasikan dengan pelitur keemasan yang terkesan klasik. Kombinasi warna hitam dan pelitur keemasan ini, akan menambah keelokan dan keunikan rumah modern black ini.

3. Desain Rumah Panggung dengan Atap Pelana


Rumah panggung yang identik dengan rumah adat, bisa dibuat menjadi rumah panggung yang terkesan modern dan kekinian. Konsep ini mengusung model rumah panggung seperti biasanya, hanya saja untuk bagian atapnya dibuat model atap pelana.

Material utamanya lebih didominasi kayu dan besi, namun dapat dikombinasikan dengan atap cor atau material lain dengan bentuk datar agar terkesan trendy. Desain rumah ini memancarkan kesan rumah yang hangat dan nyaman bagi para penghuninya.

Baca juga: Bentuk dan Jenis Atap Rumah, Lengkap dengan Bagian-Bagiannya!


4. Rumah Panggung Terbuka 2 Lantai dengan Konsep Alam

Anda juga bisa mengubah rumah panggung klasik menjadi rumah panggung yang memiliki tampilan mewah dan berkelas. Konsep rumah panggung dengan 2 lantai ini tampak gagah dan mentereng, terlebih lagi kombinasi konsep ruangan terbuka yang menyejukkan.

Lantai dasar pada rumah ini merupakan pondasi rumah yang telah dilengkapi dengan perabot dan dudukan untuk bisa menyokong kebutuhan. Area ini dapat difungsikan sebagai ruang tamu. Sedangkan pada lantai atas difungsikan sebagai ruang utama di rumah panggung.


5. Rumah Panggung Terapung Hutan Mangrove dengan Desain Geometris



Pernahkah Anda membayangkan memiliki rumah panggung yang mengapung? Hal ini bisa diwujudkan dengan mengusung konsep rumah terapung. Desainnya dibuat geometris sehingga terlihat unik dan anti-mainstream. 

Rumah panggung ini bisa Anda tiru dari desainnya cottage yang ada di hutan mangrove, BJBR Probolinggo Jawa Timur. Desainnya geometris ini terdiri dari blok-blok yang terlihat epik. Material rangka harus dipilih material yang tahan air dan kuat. Sedangkan untuk material bangunan utama dapat menggunakan kombinasi dari beton dan juga kayu.


6. Rumah Panggung Full Wooden, Nan Asri



Kesan rumah panggung yang kokoh dapat dilihat dari konsep rumah dengan material kayu solid yang utuh ini. Penggunaan kayu ini akan membuat rumah tampah memiliki volume. Selain itu rumah panggung dengan bahan solid utuh, akan awet dan kuat untuk waktu yang lama.

Rumah panggung konsep minimalis ini memang memiliki harga yang harus merogoh kocek lebih dalam. Hal ini karena jenis kayu yang digunakan, serta desain rumah tersebut. Penyeragaman volume kayu juga cukup sulit. Namun hasil yang ditampilkan sangatlah indah dan menyenangkan.


7. Rumah Panggung Minimalis dengan Pagar Mesh



Membangun rumah panggung yang klasik bisa dengan mengusung konsep modern minimalis ini. Bangunan rumah terlihat klasik ini menggunakan konsep geometri pada bagian depan rumah.

Konsep pagar dengan mesh pada rumah panggung minimalis membuat rumah terlihat indah dan alami. Pada bagian atap menggunakan atap datar dengan tambahan ornamen kaca pada bagian ruang utama.


8. Rumah Panggung Landscape Modern




Rumah panggung dari waktu ke waktu mengalami kemajuan dalam hal desain namun tetap mempertahankan konsep dasarnya. Terlihat dari rumah dengan landscape modern ini. Rumah panggung biasa dapat disulap menjadi wujud modern.

Bangunannya mengusung desain balok simetris untuk menonjolkan kesan minimalis modernnya. Sedangkan pada bagian atap menggunakan atap datar agar tampilan rumah lebih terlihat elegan, trendy, dan kekinian.


Harga Rumah Panggung Minimalis

Pembuatan rumah panggung pada dasarnya membutuhkan biaya yang hampir sama dengan pembuatan rumah pada umumnya. Hal yang membedakan adalah dari material yang dipilih. Apabila menggunakan kayu, tentu harganya akan lebih tinggi sesuai dengan jenis kayu yang dipilih.

Selain itu, tukang bangunan yang mengerjakan memang membutuhkan tukang khusus yang memang telah ahli dalam pembuatan rumah panggung. Kesalahan dalam perhitungan beban dan material, akan mengakibatkan rumah panggung tidak bisa terbangun dengan maksimal.

Secara umum, rumah panggung ini memiliki harga minimal 250 juta. Tentunya harga ini disesuaikan dengan luasan bangunannya. Semakin besar rumah yang di bangun, maka akan semakin tinggi juga harganya.


Keunggulan Rumah Panggung Minimalis

Semua konsep rumah memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat tinggal bagi penghuninya. Untuk konsep rumah panggung ini, memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan rumah dengan konsep yang lainnya.

1. Kesan Natural

Rumah panggung dengan material kayu, memancarkan kesan natural dan menyatu dengan alam. Hunian ini menjadi lebih asri dan nyaman untuk ditinggali. Material kayu juga menyerap panas, sehingga menjaga suhu didalam rumah tetap adem meskipun cuaca terik.

2. Kokoh dan Kuat

Daya tahan rumah panggung ini ternyata sangat kuat, meskipun terlihat sederhana. Kombinasi kayu yang digunakan pada bagian rumah, memiliki kekuatan untuk menahan pengaruh luar baik panas maupun dingin. Terlebih lagi jika menggunakan kayu dengan kualitas tinggi.

3. Hemat Waktu dan Biaya

Pembuatan rumah panggung lebih menghemat waktu dan biaya, dibandingkan dengan jenis rumah lainnya. Apalagi jika material yang digunakan sebagian besar adalah kayu. Pembangunannya akan lebih cepat dengan sistem knock down atau bongkar pasang.

Trend rumah minimalis saat ini bukan hanya dari jenis rumah berdinding beton atau bata. Namun dengan aplikasi yang sesuai, desain rumah panggung minimalis juga bisa menjadi pilihan ketika hendak membangun hunian yang minimalis namun terlihat modern dan unik.

0 Response to "8 Ide Desain Rumah Panggung Minimalis Modern dan Cantik"

Post a Comment