Cari Tahu Produk SIKA, Fungsi, Jenis dan Cara Pengaplikasiannya Berikut Ini!

Sudah menjadi problem semua orang bahwa tempat yang sering tersentuh air rawan mengalami kebocoran. Contohnya adalah kamar mandi, kolam renang dan lainnya. Oleh karena itu, mayoritas menggunakan produk SIKA untuk meminimalisir kebocoran tersebut.

SIKA menawarkan produk waterproof yang dinilai cukup bagus untuk tempat yang tergenang air. Produknya sudah hadir dalam beberapa varian. Anda harus mengetahui hal itu.




Apa Itu Produk SIKA?

Penjelasan di atas sudah sedikit memberikan pengetahuan kepada Anda tentang apa itu SIKA. Namun secara lengkapnya, SIKA adalah sebuah perusahaan spesialisasi bahan kimia yang banyak disukai oleh masyarakat karena mampu mengatasi permasalahan terkait penyegelan, pengikatan, pengokohan, peredaman dan lainnya.

Perusahaan tersebut pertama kali dibangun pada tahun 1987 yang bernama PT SIKA Nusa Pratama. Kantornya terletak di Cileungsi, Bogor dan berhasil menguasai sebagian besar pasar konstruksi Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, SIKA mengalami perubahan, lebih tepatnya pada tahun 1990 hingga abad ke 20. Pada tahun 2003 nama perusahaan ditukar menjadi PT SIKA Indonesia dan mengkonsolidasikan kantor pemasaran dan administrasinya di Bogor.

SIKA menyediakan rangkaian produk untuk berbagai keperluan proyek seperti pabrik Semen Indocement Tunggal Gagah di Cibinong, Jembatan Balerang di Batam, PLTA di Singkarak Sumatera dan masih banyak lagi lainnya.

Khusus untuk pasar konstruksi, SIKA menyediakan pembauran lantai dan lapisan, beton, perekat plastis, lapisan tahan terhadap air, lapisan atap dan lain-lain. Namun dari berbagai produk yang dikeluarkan, paling best seller adalah varian waterproof.

Fungsi dan Jenis Produk SIKA


Seperti yang sudah diketahui bahwa kebocoran sangat mengganggu performa dinding karena menjadikannya berlumut dan bernoda. Bahkan dalam keadaan yang lebih parah, kebocoran meninggalkan kubangan air dan menghancurkan bangunan lainnya.

Oleh karena itu, SIKA menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tidak hanya itu, berikut fungsi produk SIKA lainnya:


1. SIKA Seal 107



Produk SIKA satu ini merupakan pelapis yang kedap air, sehingga bisa Anda gunakan baik di eksternal maupun internal. Biasanya berfungsi untuk menutupi keretakan pada baja, mortar dan beton yang dipasang pada basement, kolam renang, ground tank, dek atap, jembatan, balkon dan teras.

Baca juga: Beragam Jenis Ukuran Kolam Renang untuk Bayi Hingga Perlombaan Internasional

                  Ide Desain Balkon Rumah yang Menarik

SIKA Seal 107 ini mudah dicampur dengan bahan lain sehingga pengaplikasiannya sangat mudah. Anda cukup dengan menggunakan kuas untuk menutupi keretakan pada bangunan.

Kelebihan dari SIKA Seal 107 ini adalah tidak gampang retak, terbakar, tidak mengakibatkan korosi dan yang paling terpenting adalah memiliki sedikit kelunturan.


2. SIKATop 107 Plus




SIKATop 107 Plus merupakan produk dengan 2 elemen polymer mortar yang berguna sebagai lapisan kedap air atau waterproofing. Bahan dasarnya adalah semen resin yang sudah diubah sedemikian rupa.

Produk jenis ini sering digunakan untuk keperluan eksternal dan internal. Contohnya adalah menutup pecahan beton, mortar, bata, baja, kamar mandi, atap dak, bak air dan masih banyak lagi yang lainnya.


3. SIKA Minipack Waterproofing Mortar


Produk SIKA yang ketiga adalah SIKA Minipack Waterproofing mortar yang berperan sebagai pelapis beton agar tidak ada kebocoran dan serapan air pada tempat yang dideteksi memiliki penekanan rendah.

Bangunan yang menggunakan produk ini adalah atap beton, kamar mandi, teras dan balon. Selain mudah dipakai, SIKA Minipack juga mudah digabung, memiliki daya lekat yang tinggi walaupun di permukaan keras.

Cara penerapannya, Anda bisa menggunakan kuas dan dioleskan pada bagian yang diinginkan. Selain itu, produk ini sudah digabungkan dengan air sehingga berupa Mortar Acian.


4. SIKA Coat Plus


Keempat adalah SIKACoat Plus yang berfungsi sebagai acrylic waterproofing dengan kemampuan multi fungsi. SIKACoat Plus diciptakan tanpa menggunakan alkali dan bisa digunakan untuk menutup pecahan pada atap. Tatap muka dinding dengan atap dan dinding luar.


5. SIKACoat



SIKACoat yaitu pelapis anti bocor yang berbentuk plastis serbaguna dan berbahan dasar acrylic. Hampir sama dengan sebelumnya, produk ini bisa digunakan untuk menutup perpecahan dinding luar serta tatap muka dinding dengan atap.


6. SIKABit T-130 SG


SIKABit merupakan membran waterproofing dengan mekanisme troching yang sangat mudah dan fleksibel. Bahan dasarnya adalah Atactic Polypropylene yang dimodifikasi bitumen. Tidak hanya itu, produk ini juga diperkuat dengan Polyester Nonwoven yang memiliki permukaan seperti pasir.

Sisi bawahnya juga dilapisi dengan Polyethylene yang berguna untuk memudahkan penempatan. Jadi jika Anda ingin membeli produk ini maka tidak perlu ragu lagi ya.


7. Sika Seal Tape B


Sebagai sebuah produk dengan seal tape self adhesive yang sangat cocok untuk waterproofing berbahan dasar semen, sangat cocok bagi Anda yang kamar mandinya sedang mengalami kebocoran.


8. SIKA Multiseal


SIKA Multiseal merupakan lembar karet waterproofing yang tentunya sudah diubah. Sifatnya adalah self adhesive dengan bahan dasar bitumen. Pada satu sisi yang lainnya sudah dilapisi dengan aluminium foil.


9. SIKA Bituseal T-130 SG


Produk SIKA yang terakhir merupakan tipe waterproofing membran bakar yang sangat fleksibel. Sesuai dengan namanya, produk ini sudah menggunakan penerapan pembayaran atau torching dengan bahan dasar atactic polypropylene dengan modifikasi bitumen.

Selain itu juga sudah diperkokoh dengan bahan Polyester Non Woven yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menahan kebocoran dan serapan air.


Cara Pengaplikasian Produk SIKA




Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara pengaplikasian SIKATop 107 Plus pada kolam renang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa keunggulannya adalah elastis, bersifat non korosif, dan tidak gampang retak. Berikut langkah-langkahnya:


1. Tahapan Perlindungan Perpecahan


Sebelum Anda melakukan penerapan waterproofing maka alangkah baiknya jika memeriksa kondisi permukaan beton. Apabila ada perpecahan, maka sebaiknya benahi terlebih dahulu menggunakan SIKAdur 20 crack seal karena mengandung material semi plastis.

Setelah perpecahan teratasi, maka selanjutnya Anda harus membersihkan dan meratakan permukaan beton dari susunan agar tidak mudah lepas. Hasilkan ikatan yang kuat antara permukaan beton dengan waterproofing.

2. Tahapan Perlindungan Kebocoran

Kebocoran bisa saja muncul dari pojok kolam drainase. Oleh karena itu Anda harus menggunakan seal tape B terlebih dahulu yang bentuknya seperti lakban namun sifatnya elastis.


3. Tahap Penempatan Waterproofing

Setelah perlindungan pada bagian pojok sudah selesai, selanjutnya adalah proses waterproofing yang bisa dilaksanakan pada lantai dan dinding kolam. Perlu menjadi catatan bahwa penerapannya harus dilaksanakan minimal dua lapis tepat dengan menggunakan roskam atau kuas.


4. Tahapan Penempatan Keramik

Terakhir adalah tahap penempatan keramik. Hasilnya akan lebih maksimal jika Anda menunggu 24 jam hingga perekat benar0benar kuat dan bisa dilanjutkan dengan pengisian nat.

Sekarang Anda bisa bebas memilih jenis produk SIKA yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan ya. Masalah kebocoran harus teratasi dengan baik agar tidak menimbulkan dampak buruk lain kedepannya.

0 Response to "Cari Tahu Produk SIKA, Fungsi, Jenis dan Cara Pengaplikasiannya Berikut Ini!"

Post a Comment