Ukuran Kolam Renang

Kolam renang memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang bervariasi. Apalagi kolam renang yang digunakan untuk perlombaan, maka ukuran kolam renang dan berapa jumlah lintasannya harus diperhatikan oleh pihak kontraktor yang membangunnya. 

Panjang dan luas sebuah kolam renang akan mempengaruhi rencana anggaran biaya (RAB) pembuatan kolam renang itu sendiri, mulai dari material yang dibutuhkan dan jumlah kebutuhan tenaga kerjanya.

Untuk itu, ukuran standar kolam renang yang banyak digunakan perlu kamu ketahui jika ingin membuat kolam renang. Baik untuk kolam renang pribadi atau untuk kolam renang bisnis kamu. Sebagai investasi kesehatan ataupun investasi keuangan. 


Macam-macam Ukuran Kolam Renang


Jangan sampai ukuran kolam renang yang dibuat membuat para penggunanya kesulitan saat melakukan pergerakan. Atau bahkan membahayakan bagi penggunanya, karena terlalu dalam.

Berikut ini kami bagikan informasi 4 jenis standar ukuran kolam renang yang tentu saja berbeda-beda sesuai dengan peruntukannya.

Baca juga: Biaya Pembuatan Kolam Renang

Terdapat ulasan ukuran kolam renang standar untuk bayi dan anak-anak, kolam renang pribadi, dan kolam renang dengan kedalaman dan panjang lintasan standar nasional dan Internasional. 


1. Ukuran Kolam Renang untuk Bayi dan anak anak

Dimulai dari  kolam renang yang imut dan lucu, yaitu kolam renang untuk bayi dan anak-anak. Kolam renang untuk bayi dan anak-anak biasanya terbuat dari bahan plastik, bukan dibangun di lahan tanah. Biasanya juga disebut sebagai kolam renang mainan anak-anak.

Meskipun terdapat kolam renang untuk bayi dan anak-anak yang dibangun di tanah, biasanya ukurannya akan mengikuti ukuran kolam renang umum (tempat wisata) dengan ukuran yang paling dangkal.

Ukuran kolam renang ini biasanya sudah distandarisasi oleh pabrik. Secara umu ukuran kolam renang untuk bayi dan anak anak sangatlah bervariasi, yaitu:

  • Ukuran kolam renang anak 1 x 2 m
  • Ukuran kolam renang anak 2 x 3 m
  • Ukuran kolam renang anak 2 x 4 m
Sementara itu kedalaman kolam untuk bayi dan anak-anak berkisar antara 60 – 80 cm

INTEX adalah salah satu perusahaan pembuat kolam renang plastik dengan memproduksi kolam renang bayi dan anak yang bervariasi. Contohnya:

  • PxLxT adalah 100 x 100 x 80 cm (berbentuk persegi dengan tinggi/kedalaman 80 cm). 
  • PxLxT adalah 80 x 120 x 60 cm (berbentuk persegi panjang dengan tinggi/kedalaman 60 cm)
  • Berbentuk lingkaran dengan diameter 110 dan tingginya 80 cm.


2. Kolam Renang Rumahan (Pribadi)

Kolam renang rumahan atau pribadi tidak memiliki standar yang baku. Namun, spesifikasi yang akan dijelaskan di bawah ini setidaknya dapat digunakan sebagai patokan dasar.

Ukuran kolam renang pribadi berbeda-beda dari segi kedalaman kolamnya dan desain yang ingin ditampilkan. Berikut ini adalah spesifikasi ukuran kolam renang pribadi yang bisa menjadi acuan dan pilihan buat kamu dan tentunya sesuaikan dengan luas tanah yang kamu miliki lo ya:

  • Ukuran ideal jika yang diinginkan adalah kenyamanan, yaitu 3 x 7 m; 3 x 8 m; 3, 5 x 10 m; 4 x 10 m; dan 5 x 12 m.
  • Kedalaman kolam renang rumahan bervariasi yaitu 80cm, 100cm, 125cm, dan 140cm.

Ukuran kolam renang standar pribadi di atas merupakan kolam renang pribadi yang berada di luar ruangan (outdoor swimming pool). Sementara itu kolam renang pribadi yang ditempatkan di dalam rumah atau indoor dapat lebih kecil lagi ukurannya. 


3. Kolam Renang Umum

Kolam renang umum tentu saja memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kolam renang pribadi yang dibangun di perkarangan rumah ataupun di dalam rumah. 

Meskipun begitu, ukuran kolam renang untuk umum memiliki ukuran minimal yang harus dipenuhi sesuai dengan fungsinya yang hanya sebagai tempat latihan renang dan sebagai tempat wisata. Biasanya ukuran kolam renang umum ini disesuaikan dengan perkiraan jumlah pengguna yang akan diakomodir.

Hanya saja secara umum ukuran dari kolam renang umum adalah sebagai berikut:

  • Panjang 25 m, 
  • Lebar kolam 5m - 12,5 m 
  • Kedalamannya bervariasi, ada yang dangkal yang dikhususkan untuk anak-anak dan ada yang dalam yaitu 1,35 m - 1,6 m. 

Bentuk dan ukuran kolam renang standar untuk umum sebenarnya juga tidak mempunyai patokan yang khusus. Para pemilik dan pengelola tempat wisata sering kali membuat kolam renang dengan berbagai macam ukuran dan desain yang menarik untuk menggait jumlah wisatawan. 


4. Ukuran Kolam Renang untuk Perlombaan nasional dan Internasional

Biasanya ukuran dan syarat yang harus dipenuhi oleh kolam renang untuk perlombaan sudah ditentukan dan diatur oleh masing-masing induk organisasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perlombaan yang dijalankan tidak merugikan pihak manapun dan semuanya mendapatkan hal yang sama agar penilaian dan hasilnya adil. 

Berikut di bawah ini ukuran dan syarat-syarat kolam renang untuk perlombaan (nasional dan internasional):

Ukuran kolam renang nasional

Ukuran kolam renang standar nasional di mana digunakan untuk perlombaan PON dan sejenisnya  adalah sebagai berikut:

  • Panjang kolam = 50 m
  • Lebar kolam = 25 m
  • Kedalaman minimum kolam = 1,35 m - 2 m
  • Lebar lintasan kolam = 2,5 m per lintasan
  • Jumlah lintasan dalam kolam kolam renang nasional = 8 lintasan
  • Temperatur air : 25°C – 28°C untuk kenyamanan bagi para perenang


Ukuran Kolam renang internasional

Ukuran kolam renang standar internasional khususnya event Asian Games, Olimpiade dan sejenisnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ukuran kolam renang nasional. 

Berikut ini adalah spesifikasi standar kolam renang internasional:

 

  • Jumlah lintasan : 8 lintasan
  • Lebar : 25 m
  • Lebar lintasan : 2,5 m
  • Panjang : 50 m
  • Kedalaman minimum kolam = 2 m
  • Temperatur air : 25°C – 28°C
  • Memiliki sistem pencahayaan apalagi jika kolam renang digunakan pada malam hari yaitu 1500 lumen.

Walaupun panjangnya 50 m, tapi diperlombakan untuk 100 m. Maka caranya adalah dengan berenang bolak-balik sepanjang kolam sesuai dengan nomor yang diperlombakan. 

Itulah berbagai variasi ukuran kolam renang yang perlu Anda ketahui sehingga ketika ingin membangunnya telah memiliki gambaran ideal supaya lebih sesuai dengan kebutuhan. Terkhusus untuk kolam renang yang digunakan untuk perlombaan memang sudah ada ketentuan dan ketetapan sehingga tidak boleh asal membangun kolam renang karena nantinya tidak akan disetujui oleh induk organisasi. 

Silakan konsultasikan kolam renang kamu kepada jasa kontraktor bangunan kolam renang, yang sudah terkenal dan terpercaya di daerah dekat lokasi yang akan kamu bangun kolam renang. 


0 Response to "Ukuran Kolam Renang"

Post a Comment