Tipe Tipe Rumah Berdasarkan Ukurannya

Ketika hendak mengajukan KPR umumnya konsumen akan diajukan pertanyaan, "Mau ambil tipe rumah yang berapa?" Ya, betul sekali tipe-tipe rumah yang dibangun oleh developer sangatlah beragam mulai dari 21, 36, 45, 54, 60, 70, 90, 120 dan tipe lainnya.

Jika kamu belum familiar dengan istilah-istilah tersebut, berikut akan kami jelaskan tipe-tipe rumah yang ada di kawasan perumahan. 




Tipe-Tipe Rumah yang Umumnya Dibangun Developer

Umumnya, tipe-tipe rumah di Indonesia dibedakan menjadi tujuh. Apa saja itu? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini.


1. Rumah Tipe 21



Tipe rumah 21 artinya rumah tersebut masuk ke dalam kategori rumah sederhana, karena luas bangunannya hanya berkisar 21 meter persegi. Mereka yang menjadi target pasar adalah konsumen dengan penghasilan middle-low atau menengah ke bawah.

Rumah tipe 21 bisa dibangun di atas tanah dengan ukuran 3 m x 7 m; 5,25 m x 4 m; dan 6 m x 3,5 m. Fasilitas yang akan didapat oleh konsumen berupa 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi / wc. Tipe rumah ini sangat cocok dipilih oleh pasangan muda-mudi yang baru saja menikah. Mereka biasanya memilih tipe 21 ini ketimbang mengontrak/menyewa rumah karena harganya yang terjangkau, berkisar 100-jutaan, dan cicilannya tergolong ringan.

2. Rumah Tipe 36


Tipe rumah 36 merupakan rumah yang masuk dalam kategori minimalis yang dibangun di atas lantai 36 meter persegi. Pilihan ukuran yang umumnya ditawarkan kepada konsumen adalah 6 m x 6 m dan/atau 9 m x 4 m. 

Pengunaan lahan pada tipe rumah 36 ini dapat diririkan di atas tanah yang berukuran 60 m2 sehingga disebut rumah tipe 36/60. Atau didirikan di atas tanah berukuran 72 m2 sehingga dikenal dengan nama tipe rumah 36/72.

Fasilitas yang biasanya didapat oleh konsumen jika memilih tipe rumah ini adalah 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, ruang makan dan dapur, serta 1 kamar mandi/wc.

Di tengah harga tanah dan rumah yang semakin mahal membuat banyak orang memilih untuk membeli tipe rumah 36 ini, dengan alasan ukurannya yang tidak terlalu sempit dan harganya masih terjangkau. 

Kita sering menemui jika tiper rumah 36 ini memanglah cukup sering muncul di beberapa iklan properti. Konsumen tipe rumah ini biasanya mereka yang masuk ke dalam pendapatan middle – middle low.


3. Tipe Rumah 45



Model rumah ini merupakan hunian dengan luas bangunan 45 meter persegi. Tipe ini sangat cocok bagi konsumen yang yang merasa tipe rumah 36 adalah ukuran yang sedang, tapi belum cukup luas. 

Ukuran yang tersedia di pasaran biasanya 6  m x 7,5 m dengan luas tanah 72, 90, dan/atau 96 meter persegi.

Dengan ukuran yang lebih luas dibandingkan tipe 36, rumah model ini cukup lho memberikan space untuk taman dan garasi mobil. 

Dibandingkan dengan tipe-tipe rumah yang sebelumnya, rumah ini menawarkan kenyamanan dan kualitas bangunan yang lebih baik. Dengan fasilitas seperti itu, worth it lah jika harga rumah ini dibanderol berkisar 500-jutaan.

4. Rumah Tipe 54



Ukuran rumah dengan tipe 54 ini sangat cocok untuk kamu yang sudah mempunyai 2-3 anak. Karena, kamu pun juga bisa mengembangkan bangunan ini secara vertikal. 

Dengan dimensi luas bangunan 9 m x 6 m dan/atau 13,5 m x 4 m, tipe 54 nyaman ditinggali karena dapat menyediakan kamar atau ruangan yang cukup luas dan lebar. Dengan deimikan, kamu juga bisa meletakkan berbagai pilihan furnitur yang lebih banyak di setiap sudut ruangannya.

Kamu dapat lebih bebas memanfaatkan lahan kosong tersedia untuk tujuan-tujuan lebih spesifik seperti membangun fasilitas untuk hidup sehat, atau hidup nyaman, atau hidup kreatif.

Dengan dimensi rumah seperti ini, kamu sudah memiliki 2-3 kamar tidur, 2 kamar mandi, serta ruang tamu dan ruang makan yang cukup luas serta dapur yang cukup luas. Kamu juga bisa memiliki dua taman yang berada di sisi depan dan belakang rumah. Umumnya harganya berkisar Rp 700an juta.


5. Rumah Tipe 60



Rumah tipe 60 ini memiliki ukuran bangunan 6 m x 10 m atau atau 5 m x 12 m. Rumah ini sudah cukup luas dengan berbagai fasilitas, seperti 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang makan dan dapur. Selain itu, juga tersedia taman yang lebih luas dari pada tipe-tipe rumah di bawahnya.

Jika kamu memiliki keluarga besar, tipe rumah dengan ukuran 60 meter persegi ini tergolong cukup menampung tamu puluhan orang untuk menggelar acara kumpul-kumpul.

Harga rumah ini cocok untuk segmentasi pasar middle – middle up, karena dibanderol sekitar 850 juta-an. 


6. Rumah Tipe 70


Biasanya tipe rumah 70 ini sudah berdiri dengan dua lantai. Ukuran luas bangunan biasanya 7 m x 10  m dan/atau 5 m x 14 m. Developer menawarkan harga rumah ini berkisar Rp 1.2 Miliar hingga 1.5 Miliar, dan karena itu tipe 70 layak masuk dalam segmen kelas atas. Selain itu, dengan ukurannya yang besar, hunian ini terlihat nyaman dan lega sehingga dapat menampung lebih banyak anggota keluarga, bahkan tamu yang menginap sekalipun.

Dengan konsep rumah tumbuh, tipe 70 bisa dikembangkan naik level seperti ukuran tipe 100. Dengan begitu, rumah akan sanggup mengakomodasi lebih banyak kepentingan seperti penambahan ruang, mebel, dan fungsi-fungsi lain yang sukar diwujudkan pada bangunan lebih kecil.


7. Rumah Tipe 90


Jenis rumah mewah yang satu ini memiliki luas bangunan mencapai 90 meter persegi. Hunian ini berdiri di atas bangunan dengan ukuran 9 m x 10 m, 6 m x 15 m, dan lain sebagainya. Adapun luas tanah yang ditawarkan biasanya berukuran 150 meter, sehingga kamu bisa menambahkan taman di bagian halaman rumah maupun di belakang rumah.

Harga tipe rumah 90 ini sudah barang tentu sangatlah mahal dan menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Pada tipe 90, biasanya rumah ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan ruang tamu yang berukuran luas, kamar tidur lebih dari 3 unit, dan bahkan ada juga yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan juga ruang gym

Baca juga: Macam-Macam Ukuran Kolaam Renang


8. Rumah Tipe 120



Rumah mewah nan luas ini biasanya berada di kawasan elite. Dengan dimensi 10 m x12 m atau 8 m x 15 m dan dibangun di atas tanah 150 meter persegi atau lebih, tipe rumah 120 jelas masuk dalam portofolio para pengembang yang terbiasa membangun perumahan mewah.

Perihal kualitas bangunan, tentu saja berbagai fasilitas pendukung sangatlah lengkap. Misalnya, ada musholla, kitchen set mewah, ruang keluarga yang berukuran besar, dan lain sebagainya.

Rumah ini umumnya dibanderol dengan harga di atas Rp. 1.5 Miliar dan tersedia di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Surabaya, Malang, dan lain sebagainya. 

Developer bangunan rumah ini tentu saja sangatlah memperhatikan betul spesifikasi dan kualitas material yang digunakan. Bahkan, sebagai bentuk jaminan developer juga menyediakan layanan after sales pada tipe rumah yang satu ini.

 

Memiliki hunian yang nyaman dan berukuran luas merupakan dambaan banyak orang. Berbicara mengenai ukuran rumah tentu berkaitan dengan tipe rumah seperti yang telah dijelaskan di atas. Kamu perlu memahami berbagai tipe-tipe rumah yang biasa dijadikan template oleh developer. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencari hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. 

0 Response to "Tipe Tipe Rumah Berdasarkan Ukurannya"

Post a Comment