6 Konsep Cafe Outdoor Sederhana Namun Menarik, Ini Tips Membangunnya!

Nongkrong dan berlama-lama di sebuah cafe, apalagi desain konsep cafe bertemakan outdoor, pastilah sangat asyik dan menarik. Terutama jika sudah berkumpul bersama teman-teman, satu cangkir rasanya masih kurang dan ingin menambah menu makanan/camilan lainnya untuk menemani dan menghangatkan obrolan.

Nah, konsep desain cafe outdoor yang khas ini tidak hanya menyajikan kopi dan beragam sajian lainnya. Melainkan, para tamu juga bisa menikmati pemandangan alam secara langsung dengan ditemani makanan/minuman yang cukup beragam. 


6 Konsep Cafe Outdoor Sederhana, Namun Menarik

Berikut adalah konsep desain cafe outdoor sederhana yang mungkin saja salah satunya bisa menjadikan inspirasi buatmu ketika ingin membuka usaha cafe:

1. Desain Cafe Outdoor Gaya Vintage


Via Pinterest


Konsep desain cafe ini sangat cocok untuk memenuhi keinginan para pecinta kopi dan sekaligus penyuka desain interior vintage.

Kamu selaku owner bisa menggunakan beberapa piring dan gelas seng khas jaman dulu untuk dipakai sebagai tempat wadah minuman dan makanan, atau hanya sebagai pajangan. 

Pilihlah barang-barang jadul untuk memberikan tambahan kesan vintage pada cafe ini, seperti mesin kopi, meja, rak, dan juga perabot cafe lainnya. Atau kamu juga dapat memilih untuk menempatkan kursi dan meja kayu yang pada bagian-bagianya ada yang terkelupas, sehingga kesan vintage semakin terlihat.

Untuk mempertegas suasana khas vintage, kamu juga bisa mendekorasi bagian dindingnya dengan lukisan atau hiasan dinding jadul.

Selain itu, kesan dominan vintage juga dapat kamu hadirkan pada furniture berbahan kayu dengan dominasi warna-warna hangat dan natural atau terakota seperti coklat.


2. Desain Cafe Outdoor Gaya Industrial

Via Pinterest


Konsep desain industrial merupakan salah satu gaya yang paling populer yang banyak diterapkan untuk cafe outdoor. Konsep yang satu ini memang sangat cocok untuk memperlihatkan suasana tegas dan juga merdeka karena adanya kesan unfinished pada bagian-bagian tertentu. 

Kamu bisa membuat dinding nampak “setengah jadi” dengan bata ekspos. Untuk memberikan kesan industrial yang kuat, kamu juga dapat menambahkan pencahayaan berupa lampu berkap dengan kabel panjang yang menggantung. 

Pilihlah cat dinding yang berwarna abu-abu dan bertekstur kasar. Tempatkan kursi kayu berkaki tinggi dari metal yang khas gaya industrial ini sebagai tempat duduk bagi para pelanggan.


3. Desain Cafe Outdoor Gaya Monokrom


Via tripcanvas.co


Memadukan warna hitam dan putih sebagai warna dominan cafe yang disetting outdoor merupakan pilihan yang sangat menarik. Tampilan monokrom pada cafe outdoor ini memberikan kesan yang simpel dan modern.

Penggunaan warna hitam dan putih yang mendominasi juga dapat kamu eksplorasi dan kamu match dengan pola-pola unik. 

Tempatkan tanaman hias pada sudut-sudut tertentu sehingga akan mampu memberikan kesan segar dan manis. Jangan lupa untuk menambahkan lukisan dan furniture yang memiliki warna monokrom, yang akan semakin memperkuat kesan minimalis modern pada desain cafe outdoor yang satu ini.


4. Desain Cafe Outdoor Gaya Skandinavia

Via visityuk.com


Cafe outdoor bergaya Scandinavia ini identik dengan nuansa warna putih. Cat seluruh bagian dinding dengan warna putih, khususnya pada bagian sudut-sudut area cafe outdoor.

Untuk mempercantik cafe outdoor dengan konsep skandinavia ini, kamu dapat menempatkan kursi dan meja kayu berwarna coklat. Pilihlah tanaman kaktus untuk ditempatkan di beberapa sudut ruang. Selain itu, gunakan hiasan dinding berupa quote seputar kopi yang menjadi tambahan dekorasi yang semakin menarik.


5. Desain Cafe Outdoor Gaya Eclectic



Eklektik merupakan desain arsitektur yang menggabungkan beberapa unsur gaya pada era yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh dan baru.

Mencampurkan lebih dari satu konsep desain, bukan berarti kesan desain cafe outdoor ini bakal menjadi berantakan. Melainkan tujuan konsep desain ini adalah menciptakan keunikan dan keindahan pada sebuah cafe outdoor. 

Untuk memberikan kesan elektik, kamu dapat menempatkan furniture atau perabot yang launching dari beberapa periode. Dengan furniture yang berbeda era tersebut akan tercipta focal point pada sebuah ruangan. 

Tonjolkan sesuatu yang eye catching, seperti kursi malas yang kekinian yang dipadupadankan dengan meja kursi bergaya vintage. Selain itu, kamu juga dapat menempatkan karya seni pada bingkai seperti lukisan atau juga foto berbingkai klasik, dan juga dinding mural dengan tekstur unik.

Kombinasi dari konsep modern, aksen vintage, dan industrial ini dijamin bisa memberikan pengalaman dan sensasi berbeda kepada pelanggan cafe baik yang berada di dalam ruangan maupun di luar sekitaran cafe outdoor.


6. Desain Cafe Outdoor Gaya Natural



Natural adalah konsep desain yang paling umum digunakan pada cafe bergaya outdoor. Kamu dapat menempatkan berbagai ornamen serta furniture yang memiliki tekstur asli atau natural dengan warna-warna yang alami. 

Selain itu, kamu juga dapat menghadirkan tanaman yang menjadi elemen untuk memperkuat gaya yang satu ini. Buat tanaman dan pepohonan yang rapi berjajar untuk menyambut para pelanggan yang datang.

Suasana yang teduh dan asri akan sangat pas bagi pelanggan untuk menikmati kopi sambil sesekali melamun. Jangan lupa untuk menambahkan alunan musik favorit yang dijamin bakalan membuat suasana cafe lebih hidup dan menyenangkan.

Para pelanggan bisa menikmati minuman dan makanan di gazebo, pendopo, atau saung yang disediakan. Untuk lebih memanjakkan para tamu cafe, kamu juga bisa menghadirkan air mancur yang bunyinya semakin mengangkat konsep alam yang sejuk dan menenangkan. 

Jika tidak, kamu bisa membangun cafe outdoor ini di dekat sungai yang mengalir di pinggir sawah. Tentu saja, pemandangan hijau yang rindang semakin membikin para pelanggan betah berlama-lama di dalam cafe dan membuatnya untuk memesan lagi menu-menu yang tersedia.


Tips Dalam Membangun Cafe Outdoor Sederhana Agar Sukses


Selain racikan menu makanan dan minuman yang baik, pebisnis cafe dan resto juga wajib memperhatikan tren desain cafe yang paling menarik dan tidak ada matinya. Karena itulah, desain arsitektur cafe outdoor ini mungkin saja bisa kamu prioritaskan ketika ingin membuka bisnis cafe. 

Nah, berikut ini adalah tips dalam meng-konsep desain cafe sederhana murah dengan tema outdoor:


1. Ikuti tren makan dan minum komunal yang saat ini lagi hits

Saat ini banyak pelanggan cafe yang mencari pengalaman nongkrong sambil makan/minum yang tempatnya tersebut mengusung tema sosial dibandingkan individual.

Itulah sebabnya tren makan komunal ini terpilih sebagai tema cafe yang tidak ada matinya. Cafe bertemakan outdoor ala komunal ini ini menawarkan meja terbuka dan ruang bersama agar tercipta suasana baru dan hangat.

2. Tren open kitchen

Untuk meningkatkan tranparansi dalam pengolahan minuman dan makanan, saat ini beberapa cafe dan resto membuat konsep open kitchen. Jadi, selain para pelanggan yang dapat minum dan makan di tempat terbuka, mereka juga dapat secara langsung melihat proses penyajian minuman/makanannya. 

Nah, konsep ini sangat cocok apabila diterapkan pada cafe yang bertemakan outdoor sederhana. Para pelangan dapat secara langsung mencium wangi minuman dan makanan ketika mereka mulai memasuki cafe. 

3. Cafe yang memiliki atmosfir kenyamanan

Kenyamanan merupakan unsur terpenting dari sebuah bisnis kuliner, tak terkecuali pada sebuah cafe. Para pegawai harus selalu menjaga kebersihan peralatan, ruangan, furniture, dan area cafe outdoor tersebut.


4. Pilih dekorasi yang instagrammable

Buatlah ruangan dan juga fasilitas cafe yang “Instagrammable”. Mulai dari eksteriornya yang menarik, pilihan furniture, dekorasi seperti tumbuhan rambat atau elemen desain lainnya.

Dukungan dekorasi cafe tersebut tentu akan mendukung terciptanya hasil foto yang menarik dan layak untuk di-upload di sosial media mereka.


6. Tanaman dan ruang hijau


Elemen-elemen seperti tanaman ini sesuai dengan konsep desain cafe outdoor sederhana bergaya natural. Elemen ini akan mampu memberikan kesan tenang dan fresh sepanjang berada di dalam cafe.

Bunga-bunga dan pepohonan ditanam dengan tata letak sedemikian rupa sebagai dekorasi untuk menambahkan kenyamanan dan kesejukan bagi para pelanggannya. 

 

Cafe saat ini bukan hanya sebagai sarana untuk nongkrong bersama teman atau klien, tetapi juga bisa menjadi lokasi untuk melakukan berbagai aktivitas produktif lain. Nah, cafe dengan konsep outdoor inilah yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan akan personalisasi, eksistensi, serta aktualisasi diri yang menjadi hasrat utama masyarakat masa kini.

0 Response to "6 Konsep Cafe Outdoor Sederhana Namun Menarik, Ini Tips Membangunnya!"

Post a Comment