Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block dan Tips dalam Memilih Konblok



Paving block atau konblok bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya bahan ini kerap dijumpai di halaman rumah, area perkantoran, hingga tempat umum. Di balik keindahannya, ternyata menghitung jumlah paving block untuk kebutuhan pemasangannya bukanlah perkara yang mudah.

Seperti halnya genteng, dibutuhkan penghitungan khusus untuk mengetahui estimasi kebutuhan paving block. Meskipun Anda bisa mengambil langkah mudah dengan menyewa jasa profesional, tidak ada salahnya mempelajari cara menghitung kebutuhan paving block yang baik dan benar. Dengan begitu, Anda tidak bisa ditipu oleh oknum kontraktor nakal.


Baca juga: Keuntungan Menggunakan Paving Block

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

Untuk menghitung jumlah paving block yang dibutuhkan, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui ukuran halaman. Kalikan panjang dan lebar halaman untuk mendapatkan luas total. Misalnya halaman Anda memiliki panjang 4 m dan lebar 3 m. Maka luas totalnya adalah 4 m x 3 m = 12 m.

Selain menghitung luas halaman, Anda juga perlu mengetahui jumlah konblok per meter. Jumlah ini tentunya berbeda antara satu model dengan model lain. Berikut daftar jumlah paving block per meter berdasarkan jenisnya.

  • Paving block bata = 44 buah per meter persegi
  • Paving block segi enam = 25 buah per meter persegi
  • Paving block trihex = 39 buah per meter persegi
  • Paving block cacing = 39 buah per meter persegi
  • Paving block ubin kecil = 88 buah per meter persegi
  • Paving block ubin besar = 22 buah per meter persegi

Setelah mengetahui jumlah paving block yang dibutuhkan untuk setiap meter area, Anda dapat mengalikan luas total area dengan jumlah blok per meter. Cara ini biasa dilakukan oleh tukang bangunan maupun kontraktor untuk menentukan estimasi kebutuhan blok dan biaya yang diperlukan.


Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Contoh Studi Kasus Menghitung Kebutuhan Paving Block

Agar lebih memahami cara menghitung jumlah kebutuhan paving block, perhatikan contoh berikut ini.

Anda memiliki halaman dengan panjang 2 meter dan lebar 3 meter. Setelah melihat-lihat, Anda tertarik untuk menggunakan paving block model trihex. Berapa jumlah paving block yang diperlukan?

Untuk mengetahui estimasi jumlah paving block yang dibutuhkan, terlebih dahulu hitung luas total halaman yaitu 2 m x 3 m = 6 meter. Setelah mengetahui luas total halaman, kini saatnya menghitung jumlah paving block yang dibutuhkan.

Karena Anda tertarik untuk menggunakan model trihex yang membutuhkan 39 buah per meter persegi, maka kalikan luas total halaman dengan jumlah blok per meter. Cara menghitungnya adalah 6 x 39 = 234. Dengan demikian, Anda membutuhkan sekitar 234 buah paving block trihex untuk menutup halaman.

Cara penghitungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui perkiraan jumlah kebutuhan blok. Anda bisa memesan lebih banyak blok sebagai antisipasi apabila terjadi kerusakan atau penghitungan luas yang kurang akurat.

Kini Anda telah mengetahui cara menghitung kebutuhan paving block. Dengan menyesuaikan antara luas halaman dan jenis paving block yang dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah memperkirakan blok yang harus dibeli beserta anggaran yang harus dipersiapkan.



Tips Memilih Paving Block

Sebelum beranjak ke cara penghitungan konblok, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tips memilih paving block yang benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih paving block untuk berbagai kebutuhan.

1. Tentukan Model

Bentuk konblok sangat beragam mulai dari segi enam, kubus, hingga zig-zag. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih konblok adalah menentukan bentuk atau model sesuai keinginan. Pemilihan model juga akan berpengaruh pada jumlah konblok yang akan digunakan.

2. Pilih Mutu Beton

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih beton adalah menentukan mutu beton sesuai kebutuhan. Mutu beton akan berpengaruh pada ketahanan terhadap tekanan. Paving k200-k250 dianggap memadai untuk halaman, sedangkan parkiran membutuhkan angka yang lebih besar.

Baca juga: Perbedaan Mutu Beton FC (Mpa) dan Beton K (Kg/Cm2)

3. Perhatikan Ketebalan Konblok

Konblok memiliki ketebalan yang cukup beragam. Pilihlah ketebalan konblok sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk parkiran motor atau mobil, konblok 6 cm cukup memadai. Namun untuk jalan yang dilewati kendaraan besar, dibutuhkan konblok dengan ketebalan setidaknya 8 cm.

4. Tentukan Estimasi Biaya

Sebelum memutuskan untuk membeli konblok, pastikan Anda sudah memiliki estimasi anggaran untuk kebutuhan tersebut. Pilih konblok yang sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan agar Anda tidak kerepotan di kemudian hari.

1 Response to "Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block dan Tips dalam Memilih Konblok"