Apa itu Forklift? Ini Jenis, Bagian-Bagiannya, dan Harga di Pasaran

Di suatu tempat, Anda mungkin pernah melihat sebuah kendaraan berukuran kecil namun tergolong sebagai alat berat yang dilengkapi dengan dua buah besi menyerupai garpu pada bagian depannya. Jika belum tahu namanya, kendaraan ini bernama forklift. Forklift adalah alat berat yang memiliki fungsi penting untuk memindahkan barang.

Dari segi ukuran, forklift memang terlihat imut dan mungil. Namun jangan pernah ragukan kekuatannya karena alat ini mampu menopang beban yang sangat berat. Penasaran? Simak terus ulasan lengkap mengenai forklift berikut ini.

Apa itu Forklift?

Forklift atau sering disebut truk garpu adalah alat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi utama dari truk ini adalah untuk memudahkan proses mengangkat, memindah, serta menurunkan barang yang sulit dilakukan oleh manusia biasa.

Seperti kebanyakan kendaraan, forklift dilengkapi dengan mesin, sistem transmisi, kopling, hingga rem sehingga dapat melakukan fungsinya dengan baik. Alat berat ini juga menggunakan bahan bakar solar, gas atau baterai tergantung pabrikan.

Forklift berbahan bakar solar biasa digunakan untuk pemakaian luar ruangan. Sedangkan forklift bertenaga baterai dapat dipakai untuk dalam ruangan karena tidak menghasilkan polusi. Saat ini truk garpu sudah digunakan di berbagai industri seperti garmen, makanan, dan perusahaan lainnya.

Baca juga: Jenis Material Handling Equipment dan Tips Memilihnya

Jenis Forklift

Ada beberapa jenis forklift yang biasa digunakan dalam dunia industri. Berdasarkan transmisinya, forklift terbagi menjadi dua jenis yaitu forklift transmisi otomatis dan forklift transmisi manual. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, simak penjelasan berikut.

1. Forklift Transmisi Otomatis




Seperti kendaraan bertransmisi otomatis, forklift jenis ini relatif lebih mudah dioperasikan. Truk dilengkapi dengan tuas handle yang terdiri dari 4 bagian yaitu tuas pertama untuk naik turun; handle untuk maju mundur; tuas kedua berfungsi untuk cungkil; dan tuas ketiga untuk geser kanan – kiri.

Selain itu, forklift otomatis juga mempunyai pedal bawah untuk rem serta kopling. Untuk dapat menggerakkan kendaraan, Anda hanya perlu menggerakkan handle ke depan dan belakang. Forklift jenis ini umumnya digunakan pada industri yang bebas polusi seperti makanan dan garmen.

2. Forklift Transmisi Manual



Forklift ini tak ubahnya seperti mobil bertransmisi manual yang dilengkapi dengan tiga pedal yaitu gas, rem, dan kopling. Dibandingkan dengan forklift otomatis, truk manual ini sedikit lebih menantang untuk dioperasikan. Pasalnya alat ini tidak memiliki tuas maju dan mundur.

Sebagai gantinya, terdapat tuas naik turun, cungkil, serta gigi. Biasanya forklift manual menggunakan solar dan memiliki daya angkut yang cukup besar hingga 8 ton. Karena menghasilkan cukup banyak polusi, wajar jika truk garpu ini sering ditemukan di luar ruangan.

Bagian-Bagian Forklift

Agar dapat berfungsi dengan baik, forklift terdiri dari beberapa bagian penting. Setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda sehingga Anda harus memastikan masing-masing bagian dalam kondisi baik sebelum mengoperasikannya.

Berikut ini beberapa bagian penting pada forklift yang harus Anda ketahui:

1. Fork

Fork atau garpu adalah bagian utama dari sebuah truk forklift. Garpu yang terbuat dari besi memanjang ini berfungsi untuk menopang barang atau beban saat proses pemindahan. Panjang garpu besi standar adalah 1070 mm dan tersedia ekstensi untuk memperpanjang garpu tersebut.

Sebelum meletakkan beban di atas garpu, Anda perlu menyesuaikan lebar fork dengan dimensi serta kapasitas beban yang akan diangkut. Tujuannya adalah agar beban dapat terangkat dengan baik dan stabil dalam perjalanan.

2. Carriage

Bagian penting lain pada sebuah forklift adalah carriage. Carriage merupakan tempat melekatnya garpu dan berfungsi untuk menghubungkan antara garpu dan mast. Karena fungsinya yang sangat penting, carriage harus dibuat dari besi yang kokoh.

Tidak hanya berfungsi menghubungkan mast dan garpu, carriage memiliki fungsi lain yaitu sebagai sandaran. Barang-barang yang diangkut akan bersandar pada carriage sehingga lebih aman dan tidak mudah terjatuh.

3. Mast

Mast adalah bagian yang cukup menonjol pada sebuah forklift. Terletak pada bagian depan, mast merupakan satu kesatuan dengan fork untuk memastikan truk dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Mast terdiri dari dua besi tebal yang dilengkapi dengan sistem hidrolik. Sistem hidrolik tersebut berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan for selama proses pemindahan barang. Dengan kata lain mast memiliki kegunaan untuk tilting dan lifting beban.

4. Overhead Guard

Overhead guard terlihat seperti kerangka forklift. Meskipun nampak sederhana, bagian ini memiliki peranan yang sangat besar terutama bagi operator forklift. Pasalnya overhead guard akan melindungi operator apabila terjadi insiden seperti barang jatuh.

Karena berfungsi sebagai pelindung, overhead guard biasanya dibuat dari bahan yang kokoh. Dengan demikian barang yang terjatuh tidak akan menimpa kepala operator. Untuk forklist luar ruangan, bagian ini juga dapat melindungi operator dari panas dan hujan.

5. Counterweight

Counterweight merupakan bagian penting forklift yang terletak pada sisi belakang. Counterweight berfungsi untuk menyeimbangkan truk ketika mengangkat beban yang berat. Alhasil forklift tetap seimbang, stabil, dan tidak miring ke depan.

Counterweight biasanya disesuaikan dengan kapasitas forklift. Semakin besar kapasitas maksimal yang ditawarkan, semakin kuat pula counterweight untuk menyeimbangkan kendaraan. 

Daftar Harga Forklift dari Berbagai Merek

Pada dasarnya, harga forklift memang bervariasi tergantung merek dan juga kekuatan angkutnya. Untuk mempermudah, berikut ini Anda bisa melihat tabel harga forklift terbaru di tahun 2021 ini pada tabel di bawah.

Merk Forklift

Harga

Mitsubishi 3 Ton Grendia Forklift

Rp280.000.000

FORKLIFT NICHIYU FBR15-80-300

Rp350.500.000

Mitsubishi FD 30ND Forklift

Rp395.670.000

Komatsu Forklift 2.5 Ton Diesel

Rp390.000.000

Hangcha XF70 5 ton

Rp515.714.500

TCM FD50T9 5 ton

Rp530.500.000

Isuzu Diesel 5 ton

Rp558.900.000

Toyota 8FD50N 5 ton

Rp680.000.000


Dibandingkan truk maupun alat berat lainnya, forklift memang terlihat lebih mungil. Namun bukan berarti mengoperasikan kendaraan ini tidak membutuhkan keahlian. Sistem pengoperasian forklift hampir sama dengan mobil sehingga memerlukan latihan serta keahlian tertentu.

Forklift adalah salah satu alat berat yang memiliki peranan besar untuk memindahkan barang. Truk garpu ini memiliki beberapa bagian penting seperti garpu, pelindung, dan penyeimbang. Sangat penting untuk memastikan setiap bagian dalam kondisi baik agar truk dapat beroperasi dengan baik.

0 Response to "Apa itu Forklift? Ini Jenis, Bagian-Bagiannya, dan Harga di Pasaran"

Post a Comment