18 Contoh Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Usaha sampingan adalah usaha yang dikerjakan oleh seseorang di luar pekerjaan pokok. Seorang karyawan yang bekerja sampingan berarti karyawan kantor atau perusahaan yang bekerja di luar pekerjaan pokoknya. Banyak hal yang mendorong seorang untuk memulai bisnis sampingan, bisa karena orang tersebut ingin mendapatkan tambahan penghasilan, mengembangkan potensi dirinya, menyalurkan hobi dan lain sebagainya.

Mungkin kamu lagi mencari-cari, ide apa yang cocok untuk usaha sampingan? Berikut di bawah ini akan dijelaskan 18 contoh ide usaha sampingan yang mungkin saja bisa kamu lakoni di luar jam kerja kantor kamu.



Bisnis sampingan ini umumnya dilakukan di waktu luang di luar jam pekerjaannya sebagai pegawai di mana kegiatan tersebut disukai dan dapat memberi kepuasan bagi individu yang bersangkutan. 

Usaha sampingan yang dikerjakan dengan tanpa menganggu pekerjaan pokok akan dapat memberikan kesempatan bagimu untuk menunjukkan kualitas dan kompetensi diri.

Alasan Seseorang Ingin Menjalankan Bisnis Sampingan

Selain kendala keuangan, ada beberapa alasan seseorang membuka usaha sampingan, yaitu diantaranya:

  1. Ingin membuktikan ke masyarakat bahwa seorang pekerja juga dapat mengambil pekerjaan kedua lainnya;
  2. Untuk memanfaatkan keuangan yang didapatkan dari gaji, atau sebagai investasi;
  3. Mencoba keterampilan barul dan
  4. Untuk mendapatkan pengalaman dalam pekerjaan alternatif.

18 Contoh Ide Bisnis Sampingan


Ide usaha sampingan sangat banyak sekali contohnya. Dan pasti akan terus berkembang, karena pelaku usaha akan terus melakukan inovasi dalam dunia bisnisnya untuk memenuhi kebutuhan dan keingingan pelanggan.

Sebelum menggeluti usaha sampingan, terlebih dahulu kamu harus menentukan apa yang bisa kamu kerjakan, apa hobi kamu, dan apakah hobi kamu tersebut bisa "dijual" ke orang lain. Jika sudah, pertimbangkan matang-matang apa saja risiko dari bisnis yang akan kamu jalankan tersebut. Dan cari solusinya. 

Sebagai insight untuk memulai bisnis sampingan, berikut ini kami berikan 18 contoh ide bisnis sampingan yang mungkin bisa kamu kerjakan, atau jika tidak, kamu mendapatkan inspirasi jenis usaha yang lain dari contoh-contoh berikut:


1. Souvenir

Bisnis souvenir ini untungnya bisa besar sekali. Karena acara-acara kecil sampai acara besar seperti pernikahan membutuhkan souvenir. Cukup dengan menghitung tamu yang diundang, biasanya lebih dari 500 undangan, maka kamu sudah bisa mengkalikan berapa kira-kira keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis sampingan ini.

Apalagi souvenir dalam acara-acara tersebut biasanya sangatlah sederhana, mulai dari box tissue, sabun, gelas, telenan, dan sebagainya bisa lho dijadikan souvenir. Kamu hanya cukup memberikan sentuhan yang berbeda pada bahan-bahan tersebut.


2. Bisnis Tumpeng

Selain souvenir, acara-acara resmi maupun semi-formal seperti selamatan, ulang tahun, 7 bulanan, dan sebagainya membutuhkan tumpeng. Untuk itu, ini bisa kamu jadikan peluang usaha sampingan kamu. Tentunya, ini kamu lakukan jika kamu mempunyai hobi memasak. Jika tidak, kamu bisa mempekerjakan orang yang pintar memasak untuk menjalankan bisnis tumpeng ini. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika kamu mempunyai hobi memasak agar kamu tahu lebih detail tentang jenis usaha ini.

4. Bisnis Kue Ulang Tahun

Acara ulang tahun baik ulang tahun anak-anak maupun ulang tahun orang dewasa tidak lengkap jika tidak menyertakan kue ulang tahun. Bisnis ini bisa dijalankan dalam skala rumahan, sehingga tidaklah membutuhkan modal yang besar. Kamu pun juga bisa mematok harga yang bervariasi, mulai dari yang termurah sampai yang termahal, di mana hal tersebut tergantung dari kerumitan dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kue ulang tahun. 

Kamu akan lebih mudah menghitung perkiraan pendapatan dari usaha ini jika mempunyai pelanggan tetap. Karena, acara ulang tahun sudah pasti di tanggal yang sama. Jadi, misalkan di tanggal 20 Januari tahun sebelumnya kamu mendapatkan orderan sebanyak 15 kue ulang tahun, maka di tanggal yang sama untuk tahun berikutnya kamu juga akan mendapatkan pesanan kurang lebih 15 kue ulang tahun, bisa lebih bisa berkurang.

5. Reseller

Sebagai reseller, kamu bisa membeli sebuah produk yang memang sudah laku banyak di masyarakat. Kamu harus mempunyai skill marketing yang baik untuk bisa menjual barang-barang tersebut dalam jumlah yang banyak.

Di zaman digital seperti ini, seorang reseller sangat dimudahkan dengan program pre-order (PO), yaitu pelanggan membayar uang terlebih dahulu sebagai bentuk komitmen dalam pembelian produk. Selanjutnya, kamu bisa membeli produk tersebut ke supplier untuk kemudian diberikan kepada konsumen. Dengan sistem pre-order, keuntungan yang akan kamu peroleh akan jauh lebih banyak karena barang yang terjual jumlahnya pas.

6. Kue Kering 

Camilan rumah yang bisa bertahan lama ini sangat cocok menjadi bisnis rumahan. Untuk memulai bisnis sampingan ini, kamu memerlukan peralatan pembuat kue seperti oven dan mixer. Kamu bisa menjualnya dengan cara pre-order yang dimulai dengan menjanjakannya untuk teman kerja, tetangga, ataupun keluarga besar. 

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya kamu mencoba dahulu untuk membuat dan berkreasi yang dapat dimulai dengan menggunakan resep-resep yang bertebaran di internet.

Selain oven dan mixer, kamu juga membutuhkan modal untuk membeli bahan, loyang, dan toples. Jangan khawatir, bisnis jualan kue kering ini bisa diperdagangkan dengan harga dua kali lipat dari modal yang dibutuhkan.

7. Gorengan

Mungkin sudah banyak gerobak yang menjual gorengan, namun jangan merasa khawatir untuk bisa bersaing dengan penjual gorengan yang lain. Kamu bisa membuka usaha sampingan gorengan ini dengan keunikan tersendiri agar lebih mudah diingat oleh pelanggan. Misalkan dengan cara membuat desain box pembungkus gorengan yang menarik, ataupun dengan cara memberikan nama brand yang unik. 

Jangan hanya memikirkan packagingnya saja, kamu juga harus memperhatikan gorengan apa saja yang ingin kamu jual.   

8. Sambal

Buat kamu yang pencinta pedas, kamu bisa membuat usaha sampingan produk sambal-sambal. Sambal-sambal yang diproduksi haruslah yang tahan lama. Siapkan botol kemasan untuk proses packagingnya. Kamu bisa meniru model botol dan desain stikernya seperti merek Sambal Bu Rudy yang terkenal di Surabaya.

Kamu juga bisa membuat variasi rasa sambal yang bermacam-macam dan juga dengan level kepedasan dari mulai level 1 sampai level 10, misalnya.

Untuk tahapan awal, kamu juga bisa menjualnya dengan sistem pre-order terlebih dahulu atau memperdagangkannya di e-commerce seperti BukaLapak, Shopee, TokoPedia, dan lain sebagainya. 

9. Desain Grafis

Dengan berkembangnya dunia digital, desain grafis menjadi salah satu jasa yang banyak dibutuhkan. Bisnis sampingan ini bisa dijalankan bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa, atau bahkan yang masih sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat. 

Peralatan yang kamu butuhkan hanyalah laptop atau komputer dan aplikasi editor grafis seperti Photoshop, Corel Draw, Adobe InDesign, dan Adobe Illustrator. 

Untuk mengasah skill yang kamu miliki, kamu bisa mengambil kursus online, atau secara gratis dengan menonton tutorial desain yang ada di YouTube. Setelah itu, kamu bisa membangun portofolio desain dan jika perlu mengirimkan portofilo tersebut kepada perusahaan yang membutuhkan graphic designer.


10. Membuka Kursus Bimbel


Khusus kamu bapak atau ibu guru, atau bahkan yang masih sebagai mahasiswa, kamu bisa memulai usaha sampingan menjadi pengajar bimbel atau les privat. Kamu bisa melamar menjadi pengajar di lembaga bimbel yang berbentuk waralaba, ataupun kamu juga bisa membuka sendiri di rumah mu.


11. Copywriter

Bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa membuka jasa usaha sampingan sebagai copywriter. Tugasmu cukup dengan menerima orderan dari pelanggan, insight atau brief tulisannya biasanya sudah disertakan oleh pemesan 

Jika tulisan kamu dirasa kurang begitu bagus sehingga belum percaya diri untuk memulai usaha sampingan ini, kamu bisa mengikuti kursus menulis online. Latihan lainnya adalah dengan banyak-banyak membaca artikel di surat kabar, majalah, media online dan lainnya.

Untuk membuat portofilio, kamu sebelumnya juga bisa dengan cara menulis terlebih dahulu di media online seperti Mojok.co, Detik.com. Atau juga di media konvensional, seperti koran dan majalah.

12. Fotografer

Kamu yang memiliki hobi fotografi dan menghasilkan foto-foto yang menarik, bisa memulai menawarkan jasa sebagai fotografer. Baik fotografer maternity, fotografer bayi, fotografer family, fotografer wisuda, fotografer acara pernikahan, dan lain sebagainya. 

Namun, yang perlu diingat adalah kamera yang kamu punya haruslah yang memiliki spesfikasi yang bagus sehingga hasil fotonya berkualitas. Selain itu, kamu juga membutuhkan skill untuk editing foto.


13. Agen Properi

Jika kamu mempunyai skill marketing yang bagus, kamu juga bisa terjun ke dalam bisnis properti dengan menjadi agen marketingnya. Komisi yang akan kamu dapat dari bisnis sebagai agen properti ini cukuplah besar dari per unit yang bisa kamu jual.

Untuk memulainya, kamu bisa membuat portofolio dengan membangun website agen properti. Seperti Nusaporsyariah, nusaprosyariah.com, yang satu ini. Lalu, lengkapilah dengan beragam media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya. Jangan lupa, untuk menjadi member di beberapa situs properti seperti Urbanindo, Olx, rumah123, untuk bisa menjualnya di platform tersebut juga.


14. Usaha Ternak

Bagi kamu yang masih tinggal di pedesaan, dan status kamu adalah seorang karyawan, maka salah satu ide pekerjaan sampingan yang bisa kamu andalkan adalah memiliki ternak kambing ataupun sapi. Sektor peternakan ini masih menjadi ladang bisnis sampingan yang menjanjikan untuk meraup keuntungan yang besar.

Untuk memulai usaha sampingan peternakan tidak melulu mengeluarkan modal yang besar. Sebagai awalan, kamu bisa memelihara minimal dua ekor ternak telebih dahulu, sebagai pasangan betina dan jantan. Lahannya sebagai kandangnya pun kamu bisa memanfaatkan lahan yang sudah ada, misalkan di belakang rumah.

15. Usaha Ikan Hias

Bisnis ikan hias tak kalah menjanjikannya lho. Bahkan, omzet dari usaha ikan hias ini pun bisa mencapai puluhan juta rupiah. Apalagi jika kamu mempunyai hobi memelihara ikan hias, usaha sampingan ini tidak akan menambah beban akan pekerjaan utama kamu.

16. Bisnis Tanaman Hias

Ada banyak bisnis sampingan yang bisa kamu jadikan peluang usaha dengan modal yang tidaklah terlalu besar. Ide usaha sampingan yang nomor 16 ini adalah bisnis tanaman hias. 

Peminat tanaman hias terus meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga peluang dalam bisnis tanaman hias ini tidak ada salahnya kamu coba sebagai bisnis sampingan kamu.

Bahkan kamu bisa memanfaatkan lokasi untuk penjualannya di pinggiran jalan. Berdasarkan pengalaman temen-temen penulis, masyarakat pada umumnya membuka kios di pinggiran jalan raya. Bisa dikatakan tidak melanggar aturan, asalkan tertib. Justru, tanaman hias yang berjejer di sepanjang jalan malah akan menambah keindahan pemandangan di sepanjang jalan raya juga kok.


17. Usaha Minuman Kekinian

Sebagai pertimbangan, ada beberapa bisnis minuman kekinian dengan potensi cukup menjanjikan di Indonesia.

Kamu tidak harus mempunyai gerai khusus yang didirikan di pujasera ataupun di pinggir jalan. Kamu bisa memulai jualan di depan rumah, dengan cara meraciknya di rumah dan mengemasnya di botol plastik yang tentunya dilabeli foodgrade.

Banyak juga minuman kekinian yang bisa kamu lengkapi dengan topping berupa butiran boba, susu full cream, brown sugar, dan lainnnya.

18. Food Frozen

Di zaman sekarang, semua orang menginginkan yang praktis, tanpa ribet. Termasuk dalam hal makanan. Oleh karenanya bisnis frozen food ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan dalam hal keuntungan yang akan didapatkan.

Usaha sampingan frozen food bisa kamu mulai dari rumah. Seperti olahan somay, bakso, kentang goreng, bakpau mini, dan sebagainya. Dari bisnis ini, kamu bisa mendapatkan omzet dan laba yang lumayan besar.

Meskipun simple, bisnis memang memerlukan modal yang cukup besar. Kamu membutuhkan freezer, alat pembungkus (packaging), dan siap-siap tagihan listrik yang cukup besar.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menitipkan frozen foodmu di restoran atau minimarket. Gunakan trik seperti sistem bagi hasil. 

Menggeluti ide bisnis sampingan memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalankan. Terkadang, kamu harus trial and error terlebih dahulu untuk bisa sukses dalam menggeluti dunia usaha yang cocok bagimu. Butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya. Kamu harus pintar-pintar memilih jenis usaha sampingan yang akan kamu geluti. Jika perlu, lakukan riset pasar secara mendalam sebelum terjun ke bisnis ini. 

0 Response to "18 Contoh Usaha Sampingan yang Menjanjikan"

Post a Comment