Jenis dan Ukuran Rak Minimarket Serta Cara Pemasangannya

Bagi kamu yang sedang berbisnis ritel, tentu memilih rak minimarket atau toko merupakan hal yang harus diperhatikan, baik dari segi spesifikasi bahannya dan juga ukurannya. Karena dengan pemilihan rak yang tepat akan membantu untuk mempermudah konsumen dalam mencari barang yang hendak dibeli. Dan juga tentu akan memudahkan pemilik toko dalam penempatan produk dan pengontrolan stok barang.

Rak minimarket atau juga dikenal dengan sebutan rak gondola memiliki banyak ukuran yang bisa kamu pilih dengan menyesuaikan ukuran ruangan dan juga kebutuhan display minimarket/toko. 



Bagian-Bagian Rak Minimarket

Saat ini rak minimarket yang berada di pasaran umumnya sudah menggunakan rak dengan sistem knock down yang mudah untuk dikirim kemanapun dan bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Harganya pun tergolong jauh lebih terjangkau. Nah, dalam sistem knock down inilah yang memunculkan istilah starting dan joint.

Sebelum mengetahui sistem knock down pada rak-rak minimarket, sebaiknya kamu ketahui dahulu  bagian-bagian atau komponen dari rak minimarket. Bagian rak minimarket terdiri dari:

  1. Tiang single, di mana memiliki beberapa pilihan ukuran mulai dari 120 cm, 150 cm, 170 cm, 180 cm, 200 cm, 220 cm dan 240 cm.
  2. Shelving, di mana memiliki beberapa ukuran panjang mulai dari 70 cm, 80 cm dan 90 cm. Dan ukuran lebar shelving yaitu mulai dari 25 cm, 27 cm, 30 cm, 32 cm, 35 cm, 37 cm, 40 cm dan 45 cm.
  3. Bracket atau penyangga/tumpuan untuk shelving, yang tentunya memiliki ukuran panjang yang hampir sama dengan lebar shelving karena berfungsi untuk menahan shelving.
  4. Backmash  jaring bagian belakang memiliki tinggi hampir sama dengan tiang, yaitu mulai 120 cm sampai 240 cm. Dan panjangnya hampir sama dengan panjang shelving, yaitu 70 cm sampai 90 cm.

Masing-masing bagain dari rak toko minimarket tersebut bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan, bahkan kamu bisa menambah jumlah shelving ataupun menguranginya.

Baca juga: Strategi Toko Kelontong untuk Menghadapi Persaingan Minimarket Modern

Gambar di bawah ini untuk memudahkan dalam memahami bagian komponen dan spesifikasi rak minimarket standar:



Selain ukuran panjang dan lebar bagian – bagian rak minimarket juga memiliki ukuran ketebalan. Ketebalan shelving pada rak toko minimarket mulai dari 0,6 mm, 0,7 mm dan 0,8 mm. Ketebalan bracket rak toko adalah 2 mm. Sementara itu kawat backmash yang digunakan adalah kawat dengan diameter 3 mm.

Sebagai tambahan informasi. rak minimarket standar yang digunakan franchise Indomaret mempunyai ukuran standar tinggi mulai dari 120 cm, 150 cm dan 180 cm dengan ukuran lebar shelving dasar 30 atau 35 cm dan shelving atas 25 dan 30 cm. Adapun ketebalan platnya 0,6 mm yang rata-rata mampu menahan beban hingga 50 Kg, dan yang memiliki ketebalan 0,7 mampu menahan beban hingga 60 Kg.

Sedangkan rak minimarket standar yang digunakan franchise Alfamart mempunyai ukuran standar tinggi yang sama dengan lebar shelving bawah 40 cm dan shelving atas 35 cm.


Jenis dan Ukuran Rak Minimarket

Jenis dan ukuran rak toko minimarket sangatlah beragam. Kamu bisa menyesuaikannya dengan ruangan minimarket dan juga kenyamanan pengunjung. Selain itu, mungkin kamu juga perlu mempertimbangkan harga dari rak minimarket itu sendiri.




Ada beberapa jenis rak gondola minimarket atau supermarket. sebut saja :

1. Rak single

Yaitu rak satu sisi yang biasanya diletakkan di sisi pinggir toko/minimarket sehingga cocok untuk ditempatkan menempel pada dinding. Karena itulah rak minimarket jenis ini sering disebut dengan rak wll. 

Ukuran rak single ini memiliki beberapa pilihan ukuran antara lain ;

  • Rak Single Leg 27 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 27 x 170 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 150 cm)
  • Rak Single Leg 32 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 32 x 170 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 150 cm)
  • Rak Single Leg 37 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 37 x 170 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 150 cm)
  • Rak Single Leg 42 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 42 x 170 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 150 cm)

        2. Rak double

        Yaitu rak dua sisi yang biasanya diletakkan di tengah ruangan toko/minimarket sehingga disebut juga rak island (pulau).

        Karena dapat menghemat ruangan dan juga lebih efektif untuk penempatan produk barang, rak jenis ini paling banyak digunakan.

        Untuk rak double mempunyai ukuran yang bervariasi antara lain berikut ini:
        • Rak Double Leg 27 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 27 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Double Leg 32 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 32 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Double Leg 37 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 37 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Double Leg 42 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 42 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)


        3. Rak single end

        Yaitu rak satu sisi yang difungsikan sebagai penutup rak double. Oleh karenanya, rak toko minimarket jenis ini ditempatkan pada ujung baris depan atau belakang dari rak double.

        Ukuran standar yang banyak digunakan pada jenis rak single end adalah sebagai berikut:
        • Rak Single End Leg 27 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 60 x 27 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Single End Leg 32 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 70 x 32 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Single End Leg 37 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 80 x 37 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)
        • Rak Single End Leg 42 cm, dengan spesifikasi ukuran P x L x T = 90 x 42 x 150 cm (pilihan tinggi lainnya 120 cm dan 170 cm)


        Cara Pemasangan Rak Minimarket


        Cara memasang rak toko minimarket atau gondola baik untuk rak single atau rak double, ada dua istilah yang harus kamu ketahui, yaitu rak starting dan rak jointing. Berikut penjelasannya:

        • Rak starting, yaitu rak single atau rak double yang memiliki dua taing dan digunakan sebagai awalan untuk rak baris selanjutnya. Oleh karenanya dalam memasang rak minimarket, setiap satu baris rak memerlukan satu rak starting. Meskipun demikian, rak starting ini bisa berdiri sendiri, karena sesuai yang disebutkan tadi, yaitu memiliki dua tiang.
        • Rak jointing, yaitu rak single atau double yang dipasang dengan cara mengkaitkannya dengan tiang rak sebelumnya, atau setelah rak starting terpasang. Rak joint hanya memilik satu kaki sehingga untuk mendirikannya membutuhkan rak starting agar bisa berdiri. 

        Kesimpulan dan Saran

        Ukuran rak minimarket dan cara penempatannya yang perlu diperhatikan adalah:

        1. Kesesuaian ketinggian rak dengan ukuran anthropometri konsumen minimarket sehingga memudahkan konsumen dalam hal penjangkauan produk yang terletak pada rak. 
        2. Lebar jalur konsumen, baik jalur untuk satu arah maupun jalur untuk dua arah. 
        3. Dalam menempatkan produk barang pada rak, kamu dapat mengaturnya berdasarkan data penjualan sebelumnya, sehingga produk yang paling laris diletakkan pada urutan paling depan. Hal ini untuk memudahkan pergerakan pengunjung toko atau minimarket agar menjadi lebih cepat dalam melakukan pencarian dan pembelian barang.
        4. Penempatan posisi produk berdasarkan kelompok produk juga hal yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk menghindari penempatan barang dari jenis berbeda yang kiranya dapat membahayakan jika penempatannya dalam satu lokasi. 


        Usaha toko ritel atau minimarket membutuhkan pelayanan dan kenyamanan yang terbaik bagi konsumennya. Untuk itu dibutuhkan tata letak rak dan penempatan produk yang baik sehingga store atmosphere yang dimiliki minimarket tersebut menarik. 

        Dengan tata letak rak-rak barang yang baik tersebut maka karyawannya dapat dengan mudah melakukan aktifitasnya seperti penyusunan produk barang-barang dan pengawasan terhadap stok barang.

        0 Response to "Jenis dan Ukuran Rak Minimarket Serta Cara Pemasangannya"

        Post a Comment