8 Manfaat Memangkas Tanaman Hias Secara Teratur

Tanaman hias merupakan tanaman yang berfungsi untuk memperindah area sekitarnya baik untuk diletakkan di dalam maupun di luar rumah. Untuk merawat tanaman hias ini perlu dilakukan pemangkasan secara teratur. Ada begitu banyak manfaat dari memangkas tanaman hias. Salah satunya agar tanaman tetap bisa tumbuh sehat.

Agar tanaman hias selalu tampak cantik, perlu dilakukan upaya pemeliharaan dan pemangkasan pada cabang-cabang yang kurang baik. Pemangkasan dan pemotongan juga dilakukan untuk mengendalikan ranting dan daun yang tumbuh cepat. Selain itu cabang, ranting dan daun juga perlu dipangkas untuk membentuk tanaman hias sesuai dengan keinginan. 



8 Manfaat Memangkas Tanaman Hias Secara Teratur


Anda bisa memangkas tanaman hias dua minggu sekali atau satu bulan sekali, tergantung dengan jenis tanamannya. Jika pertumbuhan tanaman hias tersebut tergolong cepat, maka dapat dilakukan satu minggu sekali. Namun, jika tanaman tersebut pertumbuhannya lambat, pemangkasan cukup dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

Lalu, apa saja sih manfaat dari memangkas tanaman hias secara berkala? Yuk simak jawabannya pada penjelasan di bawah.

1. Mengatur dan mengarahkan pertumbuhan 

Manfaat memangkas tanaman yang pertama adalah ranting dedaunan menjadi lebih teratur. Tanaman hias yang dipangkas secara teratur dan terarah akan menerima paparan sinar matahari yang cukup. 

Sebagai contohnya, sebagian tanaman hias mungkin kurang mendapatkan paparan matahari disebabkan terhalang oleh dinding atau yang lain. Sedangkan bagian lainnya mendapatkan sinar matahari yang sehingga tumbuh lebih cepat. Di saat seperti itulah bentuk asli dari tanaman hias tidak beraturan sehingga perlu Anda perlu memangkasnya agar tampilan bentuknya tetap seperti yang diharapkan.

2. Membentuk tanaman



Selain bermanfaat untuk mengarahkan tanaman, memangkas tanaman hias juga memiliki manfaat untuk membentuk tanaman agar berbeda dengan bentuk yang aslinya. Anda dapat menghendaki bentuk yang Anda inginkan.

Kegiatan ini dikenal dengan istilah topiary yang merupakan seni memangkas tanaman yang lahir di Eropa pada abad XIV. Pemangkasan yang bertujuan untuk topiary ini biasanya dilakukan setelah tanaman tersebut tumbuh mencapai usia dan ketinggian tertentu. Karena ketika masih muda, ranting dan daun-daunnya pun belum cukup kuat dan lebat untuk dibentuk.


3. Merangsang pertumbuhan bunga dan buah

Secara alami tanaman memiliki sifat mampu bertahan hidup (survival) ketika ranting atau daunnya dengan sengaja dipotong/dipangkas. Pemangkasan dapat menjadi cara untuk merangsang pertimbuhan atau produksi bunga dan buah yang konsisten dan berkualitas.

Sebagai contohnya, tanaman pandan, pohon kamboja, kaca piring, kemuning, dan lain sebagainya. Setelah Anda memotong atau memangkasnya, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah pada lokasi potongan tersebut akan menyeruak lebih dari satu tunas dahan yang baru, yang tentunya kelak akan tumbuh cabang (ranting), bunga-bunga, dan buah yang lebih banyak.

Cara memangkas tanaman yang tepat adalah dengan memotong pada bagian-bagian cabang yang tidak diperlukan sehingga energi pertumbuhan akan terpusat pada bagian tanaman yang berbuah.


4. Menyelamatkan tanaman dari hama dan penyakit

Keuntungan memangkas tanaman hias secara teratur berikutnya adalah menjauhkan tanaman dari hama dan penyakit. Hama tanaman biasanya tidak selalu menyerang seluruh bagian tanaman. Terkadang ini dimulai dari bagian-bagian tertentu yang kemudian menjalar pada bagian lain, atau bahkan menular pada tanaman yang ada di sampingnya. Oleh karena itu, Anda perlu memangkas secara teratur agar dapat menghentikan penyebaran penyakit tersebut. Anda dapat memangkas bagian yang layu, menua, mati, atau berpenyakit pada tanaman.

Jika diperlukan, Anda dapat memangkas habis pada pangkal cabang, sisakan batang utamanya.



5. Menyuburkan dan menyehatkan tanaman

Memangkas tanaman secara teratur dapat membantu pertumbuhan tanaman itu sendiri. Tanaman akan lebih sehat dan subur. Seperti pada poin keempat yang telah dijelaskan sebelumnya, gangguan hama atau penyakit dapat menyerang tangkai, ranting, dan daun yang lembap dan berlumut. Dengan Anda memotongnya, maka tanaman akan lebih sehat dan terselematkan dari serangan hama dan penyakit. 

Di samping menyelamatkan tanaman, memangkas tanaman hias tersebut membuat daun atau ranting yang ada di bawahnya tetap memperoleh sinar matahari cukup.


6. Membuat Tampilan Tanaman Lebih Segar






Pemangkasan teratur akan membuat tanaman hias tumbuh lebih tertata dan nampak segar. Ketika tanaman ini dimasukkan ke dalam ruangan pun akan memberikan kesan rapi dan terlihat sejuk. Ini adalah bonus yang baik untuk menjadikan tanaman hias Anda sebagai dekorasi sempurna untuk ruang indoor rumah Anda.

7. Memperpanjang usia sekaligus meremajakan 


Melalui pemangkasan, kerimbunan daun akan berkurang sehingga daun akan selalu tumbuh yang baru dan membuat tanaman menjadi tampak muda. Pertumbuhan baru pada tanaman tersebut akan membuat air daun tidak menguap dengan cepat. Jadi tindakan pemangkasan merupakan upaya peremajaan sekaligus memperpanjang umur tanaman, terutama pada tanaman perdu tinggi.


8. Membuat Jangkauan Matahari dan Sirkulasi Udara Lebih Baik

Saat tanaman tumbuh lebih besar, daunnya akan menjadi lebih lebat. Daun-daun yang posisinya di atas akan menutupi bagian dalam tanaman dan mencegah paparan sinar matahari masuk sehingga sirkulasi udara pun juga terhambat. Dengan dilakukannya pemangkasan, manfaat yang akan didapatkan adalah memberi ruang untuk sinar matahari dan udara masuk lebih baik menjangkau seluruh bagian tanaman.


Jenis dan Tujuan Pemangkasan Tanaman Hias




Ada berbagai jenis pemangkasan tanaman hias yang biasa dilakukan berdasarkan tujuannya, yaitu sebagai berikut:


1. Pemangkasan Bentuk


Jenis pemangkasan ini adalah bertujuan untuk membentuk kerangka pohon yang diinginkan. Biasanya pemilik tanaman hias menginginkan tumbuhannya tidak tumbuh terlalu tinggi, menghasilkan cabang yang kuat, dan letaknya teratur. Selain itu, tanaman yang dibentuk tersebut akan lebih produktif untuk menghasilkan buah dan bunga.


2. Pemangkasan Peremajaan

Pemangkasan peremajaan adalah jenis pemangkasan yang memiliki tujuan untuk mengganti tajuk tanaman (bagian keseluruhan tanaman) lama dengan tajuk baru sehingga akan terlihat lenih muda.

Cara memangkas tanaman hias dengan tujuan peremajaan adalah dengan memotong batang atau cabang tanaman yang sudah menua, terkena hama, dan yang bentuk tajuknya sudah tidak menentu atau tidak seragam.


3. Pemangkasan Pemeliharaan

Pemangkasan pemeliharaan adalah jenis pemangkasan tumbuhan dengan tujuan mengatur pertumbuhan cabang dan juga untuk mengurangi kerimbunan pohon. 

Pemeliharaan tanaman hias ini akan membuatnya mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga terhindar dari kelembapan dan otomatis dapat dijauhkan dari kemungkinan serangan hama atau jamur yang merupakan sumber penyakit pada tanaman.


Cara Memangkas Tanaman Hias





Untuk hasil pemangkasan yang indah maka diperlukan cara potong tanaman yang tepat. Jika peralatan potong sudah siap, saatnya Anda bisa memulai memangkas tanaman hias ini. Berikut ini cara memangkas tanaman yang rapi dan bersih:


1. Kenali Jenis Tumbuhan

Sebelum memangkasnya, perhatikan dahulu jenis tumbuhan yang hendak dipotong. Anda perlu mengidentifikasi bagian-bagian struktur serta bentuk dari tanaman. Perhatikan apakah tanaman tersebut tumbuh kurus dan meninggi, ataukah terlihat lebih penuh di satu sisi, atau mengandung ranting dan dedaunan yang yang rusak karena hama penyakit.

Periksalah apakah ada bagian ranting yang akan tumbuh tunas baru atau dikenal sebagai “tunas laten”. Ciri-ciri dari tunas ini adalah biasanya dapat ditumbuhi daun yang bergabung dengan batang tanaman.


2. Pilih Peralatan yang Sesuai

Saat memangkas tanaman hias, Anda perlu memperhatikan alat potong yang akan digunakan. Jika cabang dan dedaunan tergolong tebal, sebaiknya Anda menggunakan gunting kebun.

Namun jika tanaman hias yang hendak dipangkas berdaun dan bertangkai ramping, maka Anda dapat menggunakan gunting dapur untuk memberikan potongan yang lebih rapi dan bersih.


3. Buang Bagian Tanaman yang Mati atau Berpenyakit

Untuk mendapatkan manfaat memangkas tanaman hias yang maksimal, maka Anda perlu memotong atau menggunting daun dan batang yang sudah mati atau berpenyakit. 

Jika Anda menemukan batang yang membusuk di bagian akar, sebaiknya segara Anda cabut. Pastikan tanah pada bagian batang yang membusuk tersebut kering terlebih dahulu sebelum dilakukan penyiraman berikutnya.


4. Buat Bentuk Potongan yang Indah dan Menarik

Anda sebaiknya memangkas tanaman hias dengan bentuk-bentuk yang indah dan menarik. Selain akan memberikan kesan yang segar, tanaman tersebut akan tumbuh lebih sehat. Jika Anda hendak memotong ranting yang berukuran besar, maka pastikan untuk memotong sedekat mungkin dengan batang utama. Namun, jangan membuang lebih dari 30 persennya.


Itulah ulasan mengenai manfaat memangkas tanaman hias yang dilakukan secara teratur. Anda dapat memotong sesuai dengan tujuan apakah untuk pemangkasan bentuk, peremajaan, ataukah pemeliharaan, Nah saat memangkas tanaman hias, jangan lupa juga untuk selalu mengutamakan kebersihan. Jaga kebersihan alat pemangkas agar tetap tajam setiap kali setelah digunakan.

0 Response to "8 Manfaat Memangkas Tanaman Hias Secara Teratur"

Post a Comment