Apa itu Bondek (Floordeck)? Ini Kegunaan, Ukuran, dan Harganya di Pasaran

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu apa fungsi dan kegunaan bahan material bondek di dalam konstruksi sebuah bangunan. Aplikasi material yang satu ini biasanya berada di atap rumah bagian dalam atau langit-langit rumah. Sebelum dipasang dengan plafon, bagian aplikasi material atap rumah ini biasanya akan terlihat.

Nah, sebetulnya apa sih bondek itu? Apa saja kegunaannya? Berikut ini ulasan mengenai pengertian bondek, ukuran, dan harganya yang ada di pasaran.



Sebagian orang akan mengekspos aplikasi material ini dengan finishing cat, tapi ada pula yang membiarkan bagian ini terlihat dengan alami. Bentuk dari aplikasi material langit-langit rumah ini, yaitu bergelombang dengan jenis bahan yang kuat dan kokoh. Aplikasi material yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis baja ringan yang biasa diaplikasikan dalam konstruksi bangunan atap.

Apa itu Bondek? Ini Fungsi dan Ukurannya Secara Umum


Pengertian bondek atau floordeck adalah jenis bahan material bangunan berbentuk lembaran yang terbuat dari bahan galvalum dan dilapisi galvanis yang dipakai untuk pengganti fungsi triplek/papan. 

Biasanya aplikasi material ini juga diterapkan untuk kebutuhan cor dak di suatu lantai bangunan, yang mana kegunaannya adalah menjadi alternatif atau pengganti sistem konvensional yang biasanya menggunakan bahan triplek saja.

Fungsi lainnya tidak hanya menjadi pengganti triplek saja tetapi juga berfungsi sebagai tulangan positif pada beton.

Untuk ukuran panjang bondek biasanya terdapat beberapa pilihan, yaitu 4m, 5m, dan 6 m dengan ketebalan 0.65mm dan 0.75mm. Ukuran-ukuran tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan dari proyek sedang dibangun.

Lebarnya pun sangat bervariasi, mulai dari 60 cm,70 cm, 80 cm sampai 1 m. Namun, ukuran lebar 1 m adalah ukuran yang paling sering digunakan, dengan tujuan supaya memudahkan penghitungan material secara umum.

Keunggulan dan Kegunaan Jika Memakai Material Bondek

Sama dengan bahan material lainnya, aplikasi material yang satu ini juga memiliki keunggulan dan kelebihannya sendiri. Kelebihan dari pemakaian bondek di antaranya yaitu:



1. Mampu Memberi Sifat Monolit

Profil pelat pada lantai yang bentuknya bergelombang tapi kuat dan kokoh ini, memiliki tonjolan di setiap sisi rusuknya. Sifat monolit pada bahan material langit-langit ini baik untuk bagian di antara beton dan pelat lantai, dengan kapasitas besar yang mampu mendukung beban kerja.

2. Penggunaannya Efisien

Penggunaan pelat bondek pada struktur pelat lantai lebih efisien dan bisa menghemat volume dari penggunaan beton yang jumlahnya sekitar 17-25%. Ukurannya masih bisa dipesan sesuai dengan ukuran panjang yang dibutuhkan, dengan ukuran panjang paling maksimum sekitar 12 m.

Selain itu penggunaan material ini memudahkan untuk proses transportasi yang ringan, cepat dan mudah dalam pemasangan.

3. Pemasangannya Cepat dan Mudah

Cepat dan juga mudah adalah proses pemasangan bondek ini, dan mampu menutupi wilayah yang luas karena pemasangan per lembarnya mampu menutupi 2-3 bentang. Cara pemasangannya pun singkat, sehingga bisa menghemat tiang penyangga dan perancah yang ada.

4. Sebagai Tiang Penyangga Sementara

Tiang penyangga sementara dibutuhkan untuk menghilangkan lendutan yang terdapat pada panel ketika beton masih dalam keadaan basah. Tiang penyangganya juga bisa dilepaskan ketika umur beton mencapai 7-14 hari. Pembebanan pada bagian pelat lantai komposit bisa digunakan ketika usia beton sudah mencapai 28 hari, dengan beton yang sudah sangat kuat.

5. Tahan Api

Tidak mudah terbakar atau tahan terhadap api juga menjadi keunggulan dari aplikasi material yang satu ini. Bahkan tingkat ketahanan apinya bisa mencapai dua jam lamanya dengan stabilitas yang sangat baik.


Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Pengecoran Beton

Sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini pada saat melakukan proses pengecoran pada beton:



1. Gunakan Papan Selama Proses Pengecoran

Selama proses pengecoran dilakukan sebaiknya gunakan papan. Tujuannya adalah ketika para pekerja meratakan adukan pada beton yang telah dituangkan ke lantai decking, lantai menjadi tidak terlalu mendapat beban. Juga untuk menahan agar tidak terjadi defleksi di bagian lantai decking itu sendiri.

2. Ratakan Adukan dengan Baik

Pada saat adukan beton sudah dituangkan ke atas cetakan, maka adukannya juga harus diratakan ke seluruh bagian pelat. Supaya tidak ada penumpukan adukan beton di satu tempat saja, dan supaya pemadatan betonnya bisa dilakukan dengan rata di seluruh bagian. Beban pada beton tak akan merata ke seluruh bagian jika terjadi pemadatan beton.

Untuk memudahkan proses perataan adukan bisa dengan menggunakan concrete vibro/vibartor pada adukan yang telah dituangkan.

3. Mulai Perataan dari Ujung Balok

Proses perataan sebaiknya dilakukan dari bagian ujung balok lalu diratakan kembali ke bagian tengah bentang pelat. Terdapat dua arah yang bisa dipakai untuk meratakan, dengan bentuk yang searah atau bisa juga dengan tegak lurus searah dengan lantai decking.

4. Padatkan Beton Selama Proses Pengecoran

Ketika Anda meratakan dan juga melakukan pemadatan pada beton, maka posisi tulangan harus ada di ukuran 2 cm di bawah permukaan pelat lantai. Gunakan tahun beton yang disimpan di antara lantai decking dengan tulangan, untuk menjaga jarak keduanya.

5. Gunakan Ukuran Mutu Beton yang Tepat

Ukuran yang digunakan pada mutu beton yang tepat yaitu minimal 21 Mpa atau 210 kg/cm2. 

Baca juga: Perbedaan Mutu Beton FC (Mpa) dan Beton K (Kg/Cm2)

Tujuannya adalah untuk mendukung kekuatan penggunaan di bagian floor decking. Jika Anda menggunakan zat adiktif pada beton, maka gunakan zat yang mana kandungannya tak akan merusak lapisan galvanis.

Plat bondek juga biasanya digunakan untuk mengganti bekisting, sehingga apabila pemasangan beton sudah sampai di usia 28 hari plat ini tak usah dilepas lagi karena sudah menyatu. Proses pemasangannya lebih singkat, sehingga hal itu memudahkan para pekerja dalam memasang bondek tersebut.

Desain pada bondek ini memang bertujuan untuk mengkonversi pemakaian besaran diameter besi, dan ketebalan pada cor betonnya. Sedangkan untuk desain pada gelombang platnya adalah untuk membantu kekuatan struktur beton pada bagian cor plat lantai.

Harga Bondek / Floordeck (Harga per m2)

Dari segi harga, material struktur yang kokoh untuk diaplikasikan pada pelat lantai ini cukup tergolong murah. Berikut ini tabel harga dari bondek atau floordeck:


No

Nama

Deskripsi

Harga /m

1

Bondek 055/060 Merk HFG Lebar 1m

Ukuran Lebar Efektif 1m

90.000

2

Floordeck / Bondek Merk PIT T=0.65mm

Tebal TCT 0.65mm Lebar1m

95.000

3

Floordeck / Bondek Merk PIT/CBM T=0.70 1000 mm

Tebal 0,70 mm Lebar 1m

100.000

4

Floordeck / Bondek Merk PIT T=0.75 1000 mm

Tebal 0.75mm Lebar 1 M

110.000

5

Floordeck / Bondek Merk Bondek T=0.85 1000 mm

Tebal 0.85mm Lebar 1 M

123.000

2

Floordeck / Bondek Sakura DX 75

Tebal TCT 0.75mm Lebar 1 M

135.000

7

Floordeck / Bondek Merk Alfa Prima T=1.0mm 1000 mm

Tebal 1.0 mm Lebar 1m

155.000


Saat ini Sudah banyak proyek-proyek konstruksi mulai dari proyek skala kecil sampai menengah yang menggunakan bondek. 

Apalagi saat ini banyak lokasi proyek yang tidak dapat dilalui oleh ready mix sehingga bondek menjadi sebuah alternatif untuk digunakan sebagai material pembentuk plat lantai. Selain itu, kuat tekan bondek itu sendiri setara dengan dak konvensional K300, tentunya hal ini menjadi pilihan yang tepat jika dibandingkan dengan dak beton konvensional. 

0 Response to "Apa itu Bondek (Floordeck)? Ini Kegunaan, Ukuran, dan Harganya di Pasaran"

Post a Comment