Jenis, Harga, dan Pemasangan Kanstin

Hampir di setiap jalan raya tentunya harus memiliki pembatas, yang tujuannya adalah untuk membedakan jalur di setiap jalannya masing-masing supaya orang-orang yang lewat mudah untuk memahami di mana pembatas jalannya. Misalnya area khusus untuk jalan kaki atau area yang dilewati oleh kendaraan. Pembatas jalan itu disebut dengan kanstin.

Biasanya di area jalan raya terdapat lajur jalan dan trotoar. Untuk membedakannya, dibutuhkan kanstin yang berfungsi sebagai tanda atau pembeda di antara jalur untuk pejalan kaki dan jalur khusus untuk kendaraan bermotor. Perbedaan yang ada pada ketinggian di jalur trotoar serta jalannya bisa menjadi penanda yang jelas. 

Selain itu, kanstin juga dapat dimanfaatkan untuk pertamanan. Dengan menambahkan kanstin, level tanah antar tanah dan penataan lanskap akan nampak indah.


Jenis-jenis Kanstin Beton


Sebelum mengetahui harga kanstin per satuannya, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis-jenis kanstin itu sendiri supaya tahu masing-masing fungsi dari jenis kanstin yang akan dibeli.

Ada banyak jenis pembatas beton yang sering digunakan atau ditemui di lingkungan sekitar kita. Perbedaan pada setiap jenisnya dilihat berdasarkan ketinggian dari pembatas itu sendiri. 

Jenis-Jenis Kanstin (Pembatas Jalan)


Bentuk dasarnya adalah trapesium di bagian sampingnya dan juga persegi panjang di bagian depan. Letaknya mengarah langsung ke arah lalu lintas. Berikut ini ada beberapa jenis kanstin yang biasa digunakan di Indonesia:

1.Kanstin Tipe Tegak

Pembatas beton yang termasuk ke dalam tipe tegak ini terdiri dari dua jenis, yaitu tegak dengan komponen horisontal dan tanpa adanya komponen itu. Sedangkan tampilan dari sampingnya berbentuk persegi panjang, dengan bagian atasnya yang bagian mukanya teriris dengan kemiringan sekitar 80,5o.

Terdapat tambahan yang mengarah ke depan dengan sudut yang tegak lurus dan menyerupai bantalan pada komponen horisontal. Tipe yang terdapat pada samping ini menyerupai segitiga yang terpancung.

2. Kanstin Tipe Miring

Jenis pembatas ini hampir mirip dengan tipe tegak horisontal, tetapi yang membedakannya adalah di bagian tegak terpancungnya. Bagian itu di jenis pembatas tipe miring ini berbentuk miring dengan inlet. 

Ukurannya sama yaitu sekitar 300 x 150 ml dan kegunaannya adalah untuk longitudinall fall yang mengarah ke bagian drainase. Kategori kanstin dengan tipe miring juga termasuk pada pembatas beton tipe S.

3. Kanstin Tipe Peninggi

Untuk tipe yang satu ini mirip dengan pembatas pada tipe miring, tetapi bentuk dan desainnya sedikit lebih landai dan juga lebih rendah jika dibandingkan dengan tipe miring. Jenis pembatas ini biasanya dapat ditemui di kawasan boulevard yang ada di perumahan mewah.

Pada tipe peninggi ini tersedia dalam dua jenis model, yang meliputi model inlet atau lubang air serta model standar yang tidak memiliki lubang air.

4. Kanstin Tipe Penghubung

Tipe yang satu ini mempunyai model yang fungsinya adalah untuk menghubungkan jenis kanstin beton yang satu dengan yang lainnya. Tipe pembatas beton yang satu ini ada dua, yaitu pembatas yang menghubungkan dengan tipe tegak dan yang dihubungkan ke pembatas peninggi.


Harga Kanstin Terbaru Per Pcs

Berikut ini daftar harga dari pembatas beton terbaru yang bisa menjadi bahan pertimbangan:

Tipe

Ukuran (cm)

Harga/Pcs

Tipe Taman

40 x 20 x 10

Rp23.000,-

Tipe Car Stopper Beton

60 x 15 x 22

Rp53.000,-

Tipe Trotoar

40 x 25 x 15 x 13

Rp33.000,-

Tipe DKI

60 x 30 x 25 x 20

Rp68.000,-

Tipe Trotoar

40 x 28 x 15 x 13

Rp39.000,-

Tipe Jalan

60 x 25 x 22 x 18

Rp68.000,-

Tipe S

40 x 30 x 15 x 8

Rp38.000,-

Tipe L

40 x 15 + 15 x 23

Rp45.000,-

Untuk harga per meternya terdiri dari:

Tipe

Ukuran (cm)

Harga/Pcs

Tipe Taman

40 x 20 x 10

Rp57.500,-

Tipe Car Stopper Beton

60 x 15 x 22

Rp84.800,-

Tipe Trotoar

40 x 25 x 25 x 13

Rp82.500,-

Tipe DKI

60 x 30 x 25 x 20

Rp148.800,-

Tipe Trotoar

40 x 28 x 15 x 13

Rp97.500,-

Tipe Jalan

60 x 30 x 25 x 20

Rp108.800,-

Tipe S

40 x 30 x 15 x 8

Rp95.000,-

Tipe L

40 x 15 + 15 x 23

Rp112.500,-



Pemasangan Kanstin


Penempatan kanstin beton yang digunakan ini bisa di mana saja. Artinya, tidak harus sebagai pembatas di jalan raya saja. Penempatannya juga bisa dilakukan di beberapa area umum seperti misalnya taman, trotoar, kanstin tali air untuk mengurangi genangan air di jalan, car stopper, dan sebagainya.

Pemasangan pembatas di area publik ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Harus dilihat juga bagaimana efek atau pengaruhnya misalnya pada pemandangan di area pemasangan. Penggunaan pembatas jalan yang tak sesuai nantinya bisa membahayakan para pengguna jalan itu sendiri.

Untuk jalanan yang terbiasa dilewati oleh angkutan umum dengan muatan berukuran besar, sebaiknya gunakan juga kanstin yang ukurannya sama besarnya. Apabila jenis pembatas betonnya menggunakan ukuran kecil maka kendaraan-kendaraan yang melewatinya bisa melompat ke luar badan jalan. Tentunya hal itu akan membahayakan para pengguna jalan raya.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis kanstin, harga dengan berbagai ukurannya, dan juga cara pemasangan kanstin. Pemasangan kanstin di sepanjang infrastruktur jalan maupun pedestrian (trotoar) tempat pejalan kaki, di sisi samping atau dibawahnya terdapat drainase atau saluran air. Jadi sebaiknya pembuatan dan pemasangan kanstin harus disertai dengan tali air, sebagai akses air hujan agar dapat dialirkan ke drainase tersebut.

0 Response to "Jenis, Harga, dan Pemasangan Kanstin"

Post a Comment