13 Daftar Alat Tukang Kayu Profesional

Tak bisa disangkal bahwa kayu telah menjadi bahan utama untuk berbagai perabot rumah tangga, baik yang sederhana maupun yang mewah. Di balik keindahan perabot-perabot tersebut, ada para tukang kayu yang memiliki kemampuan mengubah potongan kayu mentah menjadi karya seni yang indah dan fungsional. Dengan berbagai jenis kayu yang tersedia, seperti kayu jati, mahoni, albasia, trembesi, kamper, bengkirai, dan lainnya, para tukang kayu mampu menciptakan keajaiban dari potongan-potongan kayu tersebut.


Menjadi seorang tukang kayu bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain keahlian dalam memahami karakteristik berbagai jenis kayu, para tukang kayu juga memerlukan beragam peralatan untuk membantu mereka dalam proses kreatifitas. Mulai dari palu, gergaji, hingga alat pahat, semua memiliki peran penting dalam menciptakan karya-karya kayu yang menakjubkan.


Daftar Alat Tukang Kayu Profesional


Kerajinan kayu adalah seni kuno yang telah menghiasi dunia dengan keindahannya sejak zaman dahulu. Dalam proses menciptakan karya-karya kayu yang indah, tukang kayu memerlukan alat-alat yang tepat dan canggih untuk mengubah potongan kayu menjadi mahakarya. Mari kita eksplorasi beberapa alat tukang kayu profesional yang penting dan menarik.


Baca juga: Jenis-Jenis Alat Tukang Bangunan


1. Mesin Serut




Salah satu alat tukang kayu yang sangat penting adalah mesin serut. Alat ini digunakan untuk meratakan permukaan kayu yang tidak rata dan bergelombang, seperti pada meja, daun pintu, atau permukaan lainnya. Mesin serut juga digunakan untuk membuat panelan pada daun pintu atau jendela, memberikan kesan estetika yang menarik.

Selain itu, mesin serut juga berperan dalam menyambung beberapa potongan kayu papan sehingga menjadi lembaran lebar, seperti pada daun pintu. Selain itu, untuk menciptakan sekonengan pada kusen pintu atau jendela, mesin serut menjadi alat yang sangat membantu.


2. Alat Serut Kayu Manual


Alat serut kayu manual adalah alat yang menjadi andalan dalam membuat permukaan kayu menjadi lebih halus dan rata secara manual. Alat ini menggunakan mata pisau yang tajam untuk menghilangkan ketidakrataan pada permukaan kayu, sehingga menghasilkan sentuhan magis pada setiap proyek kayu.


Para tukang kayu menggunakan alat serut kayu manual untuk menghaluskan kayu sebelum dicat atau diberi finishing, serta untuk merapikan dan memperbaiki permukaan kayu yang retak atau kasar. Keunikan dari alat serut kayu manual adalah keterlibatan langsung dan ketelitian tangan dalam menciptakan hasil akhir yang presisi.


3. Gergaji Potong


Gergaji potong merupakan alat yang digunakan untuk memotong kayu dengan cara potong berlawanan dari arah serat kayu. Hal ini penting karena jika kayu dipotong searah serat, dapat menyebabkan serat kayu berantakan dan permukaan yang tidak rata.


Untuk menggunakan gergaji potong dengan maksimal, tukang kayu mengarahkan gergaji pada sudut 30 sampai 45 derajat, memastikan potongan kayu yang dihasilkan berpresisi tinggi dan permukaan yang halus.


4. Mesin Gergaji (Circular Saw)




Mesin gergaji merupakan alat tukang kayu yang sangat serbaguna. Alat ini digunakan untuk memotong dan membelah kayu berupa papan atau balok kayu dengan ukuran presisi tinggi. Proses pemotongan yang cepat dan akurat membuat mesin gergaji menjadi favorit di kalangan para tukang kayu profesional.


Selain untuk memotong, mesin gergaji juga berguna untuk menggergaji ringan, seperti dalam pembuatan prostekan atau membuat purusan kayu. Kecepatan dan ketepatan yang ditawarkan oleh mesin gergaji memudahkan tukang kayu dalam menciptakan berbagai bentuk dan ukuran kayu sesuai kebutuhan.


5. Nailer Gun




Pemasangan paku seringkali menjadi tugas yang melelahkan dan memakan waktu. Namun, dengan adanya nailer gun, proses ini menjadi lebih cepat dan mudah. Alat ini menggunakan tenaga angin dari kompresor untuk membantu memasang paku dengan cepat dan presisi.


Nailer gun menjadi sahabat setia para tukang kayu dalam menghadapi proyek-proyek yang memerlukan banyak paku, seperti pembuatan perabot, pagar, dan rangka bangunan.


6. Mesin profil




Mesin profil adalah alat yang sangat berguna untuk mengukir motif pada sisi kayu dengan berbagai model. Alat ini dapat membuat motif cembung atau cekung, serta berbagai motif pada pintu minimalis, seperti garis vertikal dan horizontal. Selain itu, mesin profil juga dapat digunakan untuk membuat slop, yaitu lubang untuk tempat kaca pada jendela atau tempat daunan pada pintu.


Dengan mesin profil, para tukang kayu dapat dengan mudah menciptakan desain yang rumit dan indah pada kayu, menambah nilai estetika pada setiap proyek.


7. Mesin bor


Mesin bor adalah alat yang sangat bermanfaat dalam pembuatan lubang dengan ukuran tertentu pada kayu. Mulai dari lubang nagel, lubang kunci, hingga lubang mur, mesin bor dengan presisi yang tinggi membuat proses ini menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Dengan berbagai ukuran mata bor yang dapat digunakan, tukang kayu dapat dengan mudah menciptakan lubang yang sesuai dengan kebutuhan proyek.


Mesin bor juga merupakan sahabat setia para pengrajin kayu dalam memperindah karya mereka. Dengan lubang-lubang yang indah dan presisi, tukang kayu dapat menambahkan aksen dan detail yang memukau pada setiap karya mereka.


8. Penggaris Siku

Penggaris siku adalah alat teknik yang digunakan untuk menyiku kayu pada sudut 45 derajat. Keunggulan alat ini adalah kemampuannya untuk membuat garis purusan dan prostek dengan akurat. Dalam proyek-proyek yang memerlukan keseragaman sudut, penggaris siku menjadi sahabat terpercaya.


Dengan penggaris siku, tukang kayu dapat dengan mudah menciptakan desain yang simetris dan proporsional pada karya mereka. Alat ini memberikan kemudahan dalam menciptakan pola yang rumit dan membuat garis purusan yang tepat.



9. Tang Kombinasi

Tang kombinasi adalah alat tukang kayu yang serba guna. Selain berfungsi untuk mencabut paku dengan mudah dan memotong kawat, tang ini juga dapat digunakan untuk memipihkan benda. Kemampuan multitool dari tang kombinasi memudahkan para tukang kayu dalam menyelesaikan berbagai tugas dengan cepat dan efisien.

Dengan tang kombinasi di tangan, para tukang kayu dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai proyek, mulai dari pemasangan perabot hingga pembuatan dekorasi kayu.


10. Meteran

Meteran adalah alat pertukangan yang wajib dimiliki. Alat ini sangat berguna dalam mengukur tebal, lebar, dan tinggi kayu, sehingga mempermudah dalam menentukan dimensi dan proporsi pada setiap proyek.


11. Pahat


Pahat adalah alat yang memiliki kemampuan untuk merapikan purusan pada kayu. Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 cm hingga 7 cm, sehingga dapat digunakan untuk berbagai tingkat kehalusan dan detail.

Tidak hanya itu, pahat juga menjadi alat untuk membuat lubang, seperti lubang purusan atau lubang kunci. Dengan kemampuannya yang serbaguna, pahat membantu para tukang kayu dalam menciptakan detail dan hiasan yang memukau pada setiap karya mereka.


12. Palu Besar dan Kecil


Palu besar dan kecil adalah alat yang tidak bisa diabaikan oleh para tukang kayu. Palu besar digunakan untuk membantu memahat kayu dengan kekuatan yang lebih, sementara palu kecil berperan dalam memaku.

Kombinasi kekuatan dalam pukulan dari palu besar dan kecil mempermudah para tukang kayu dalam membentuk kayu sesuai dengan desain yang diinginkan. Dengan keterampilan dan ketepatan dalam memukul, kayu mentah berubah menjadi karya kayu yang kokoh dan indah.


13. Obeng Min dan Plus

Obeng min dan pues adalah dua alat tukang kayu yang tak ternilai harganya. Keduanya digunakan untuk memasang asesoris pada berbagai barang, seperti kunci, hak angin, grendel, dan slot kunci pintu. Dengan presisi yang tinggi, para pengrajin kayu dapat menghasilkan karya yang lebih rapi dan berfungsi dengan baik.


Obeng min, dengan ujung berbentuk minus (-), digunakan untuk mengencangkan baut atau sekrup. Sedangkan obeng ples, dengan ujung berbentuk plus (+), digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan baut atau sekrup yang memiliki kepala plus. Kedua alat ini memungkinkan para tukang kayu untuk bekerja dengan cepat dan efisien, serta mendapatkan hasil yang presisi.



Kreativitas para tukang kayu tidak terbatas dengan adanya alat dan mesin-mesin canggih ini. Mereka bisa mengeksplorasi berbagai ide dan desain yang rumit, menghadirkan seni kayu yang tak tertandingi. Sebagai pengrajin kayu, menguasai teknologi dalam alat pertukangan ini adalah kunci untuk membuka pintu menuju dunia kreativitas tanpa batas.

0 Response to "13 Daftar Alat Tukang Kayu Profesional"

Post a Comment