Mengenal Kayu Kamper, Fungsi, Keunggulan, dan Harganya

Kayu kamper dikenal sebagai salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik. Selain memiliki serat yang cantik, kayu ini juga mempunyai daya tahan yang baik hingga belasan tahun. Tidak heran jika jenis kayu yang satu ini banyak diburu oleh masyarakat.

Kayu dengan nama latin Cinnamomum camphora ini mempunyai ciri khas yang membuatnya mudah dibedakan dengan jenis kayu lain. Seperti apa karakteristik kayu ini dan apa saja fungsi serta keunggulannya? Temukan jawabannya di sini. 




Apa Itu Kayu Kamper?

Kayu kamper merupakan jenis kayu yang berasal dari daerah tropis. Di Indonesia, populasi kayu kamper ini banyak ditemukan di Kalimantan, tepatnya di Samarinda. Karena minat pasar yang semakin meningkat, kini kayu ini dibudidayakan di negara-negara beriklim subtropis.

Sesuai dengan namanya, salah satu kayu terbaik ini mempunyai bau mirip kamper. Dari segi ketahanan, material ini tergolong tahan banting dan tidak mengalami penurunan kualitas yang signifikan hingga 15 tahun.

Salah satu daya tarik yang membuat permintaan kayu ini semakin tak terbendung adalah ketahanan terhadap serangan rayap. Tanpa perlu menambahkan bahan kimia, Anda tidak perlu khawatir terhadap serangga yang satu ini.


Daun Pohon Kamper


Selain beraroma kamper dan tahan terhadap hama, masih ada beberapa ciri khas yang menjadi karakteristik dari Cinnamomum camphora, yakni:

  • Memiliki tekstur halus
  • Tampak berkilau alami
  • Warna agak merah menyerupai kayu mahoni
  • Tekstur kayu timbul sehingga bisa diraba
  • Serat kayu bergelombang atau lurus
  • Tinggi pohon antara 20-30 meter dan berdiameter 0,6-1,2m

Fungsi dan Pemanfaatan Kayu Kamper

Kayu yang berasal dari tanaman Cinnamomum camphora bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini beberapa fungsi dan pemanfaatan kayu yang perlu Anda ketahui:


1. Bahan Konstruksi Bangunan 

Kayu jenis kamper umumnya digunakan sebagai bahan utama konstruksi bangunan. Tingkat ketahanan yang tinggi serta sifat anti rayap membuat kayu ini menjadi primadona dibandingkan beberapa jenis kayu lainnya.

2. Bahan Baku Mebel

Kayu tanaman kamper juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku perabot rumah tangga seperti meja, kursi, dan lemari. Tidak hanya menawarkan keawetan, kayu ini juga mampu memperindah interior rumah dengan serat kayu yang indah serta kilau alaminya.

3. Pembuatan Plafon Rumah

Selain dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan, kayu jenis ini juga cukup lazim digunakan sebagai bahan pembuatan plafon rumah. Plafon yang terbuat dari kayu ini cenderung lebih tahan lama dan minim perawatan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan ancaman keropos akibat rayap.

Keunggulan Kayu Kamper

Tingginya minat konsumen terhadap tanaman kayu kamper ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki. Jika Anda sedang bingung memilih kayu yang tepat untuk membangun rumah atau pembuatan furniture, simak kelebihan kayu kamper berikut ini sebagai bahan pertimbangan.



1. Kualitas Hampir Serupa Kayu Jati

Kayu jati dikenal sebagai salah satu jenis kayu terbaik dengan ketahanan tinggi serta serat yang indah. Kabar baiknya, kayu kamper menawarkan kualitas yang hampir setara dengan kayu jati.

2. Harga Lebih Terjangkau

Tidak bisa dipungkiri bahwa kayu jati dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan kayu yang satu ini. Namun jika Anda ingin membeli kayu dengan kualitas juara tanpa menguras kantong, kayu jenis kamper bisa jadi alternatif terbaik.

Meskipun menghadirkan kualitas yang hampir mirip kayu jati, kayu tanaman kamper dijual dengan harga yang terjangku. Wajar jika semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli kayu yang satu ini.

3. Anti Rayap

Kayu tanaman kamper mengeluarkan bau yang khas menyerupai kapur barus. Bau yang cukup menyengat ini tidak disukai oleh serangga maupun rayap. Inilah alasan mengapa kayu jenis kamper anti rayap dan tahan terhadap serangan serangga pengganggu.

Jika biasanya Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk menyemprotkan bahan kimia demi menjauhkan rayap, kayu jenis ini tidak membutuhkan perawatan tersebut. Dengan begitu Anda bisa menghemat biaya.

4. Anti Jamur

Selain anti rayap, kayu tanaman kamper juga tidak bisa ditumbuhi jamur. Seperti yang Anda ketahui, jamur menjadi salah satu penyebab kayu cepat lapuk. Tidak adanya jamur yang tumbuh membuat kayu ini lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah lapuk.

5. Tahan Terhadap Lembab

Kayu dari pohon kamper memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kelembaban. Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan kayu ini sebagai bahan konstruksi bangunan, plafon, maupun perabot yang nantinya diletakkan di tempat lembab.

Kendati demikian, bukan berarti kayu tidak mengalami perubahan. Jika terkena air secara terus menerus dalam jangka waktu lama, kayu bisa berubah bentuk. Oleh karena itu, tetap perhatikan kondisi area di sekitar kayu untuk memastikan keawetan dan ketahanannya.

6. Mudah Didapat

Kayu yang berasal dari tanaman kamper cukup mudah didapatkan karena ketersediaannya yang cukup banyak. Hal ini disebabkan oleh maraknya budidaya pohon kamper sehingga membantu meningkatkan produksi kayu jenis ini demi memenuhi permintaan pasar.

7. Memiliki Serat yang Cantik

Yang tak kalah menarik, kayu ini mempunyai serat alami yang terlihat indah. Tanpa membutuhkan banyak polesan, serat bisa terlihat dengan jelas. Wajar jika furniture yang terbuat dari kayu ini nampak lebih estetik dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.

Harga Kayu Kamper



Berbicara mengenai harga, kayu pohon kamper dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Namun jika dibandingkan dengan jenis kayu lain yang juga digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti meranti atau borneo, kayu pohon kamper memiliki harga yang lebih tinggi.

Kayu jenis kamper dihitung per batang dengan harga yang bervariasi tergantung ukuran. Misalnya kayu berukuran 6 x 12 dibanderol dengan harga sekitar Rp 185.000 per batang (4m). Sedangkan untuk ukuran 8 x 12 Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 210.000 per batang (4m).

Jika Anda membutuhkan kayu dengan ukuran lebih kecil, kamper berukuran 5 x 10 juga tersedia di pasaran. Untuk ukuran kayu kamper ini Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 95.000 per batang (4m).

Singkatnya, kayu kamper menjadi primadona di tengah masyarakat karena menawarkan segudang kelebihan. Selain kuat dan tahan lama, kayu jenis ini juga anti rayap dan terlihat estetik ketika digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture seperti meja dan kursi.

0 Response to "Mengenal Kayu Kamper, Fungsi, Keunggulan, dan Harganya"

Post a Comment